ZOLASTIN

FARMASI-ID.COM > Sistem Saraf Pusat > Ansiolitik > ZOLASTIN

ProdusenGracia Pharmindo
KomposisiAlprazolam.
IndikasiTerapi jangka pendek untuk gangguan cemas sedang atau berat & gangguan cemas yang berhubungan dengan depresi.
DosisDws 0.25-0.5 mg 3 x/hari, dapat ditingkatkan dengan interval 3-4 hr, s/d maks 4 mg/hari dalam bbrp dosis terbagi. Lanjut usia, pasien dengan kondisi lemah, & pasien dengan gangguan fungsi hati 0.25 mg 2-3 x/hari, dapat ditingkatkan secara bertahap bila perlu.
Pemberian ObatDapat diberikan bersama atau tanpa makanan : Efek Samping seperti mengantuk berkurang bila diberikan stlh makan.
Kontra IndikasiHipersensitif terhadap benzodiazepin, glaukoma sudut sempit akut, miastenia gravis, insufisiensi pulmonal akut, fobia, psikosis obsesif kronik. Anak, bayi prematur.
PerhatianDpt menyebabkan ketergantungan. Tdk untuk digunakan sebagai terapi tunggal pada pasien depresi atau gangguan kecemasan dengan depresi. Penyakit hati & ginjal kronik, penyakit saluran pernapasan, kelemahan otot, riwayat penyalahgunaan obat atau alkohol, gangguan kepribadian yang jelas. Hindari penggunaan jangka panjang. Insufisiensi pulmonal kronik. Dpt mengganggu kemampuan untuk mengemudi atau menjalankan mesin. Hamil, laktasi. Kurangi dosis pada pasien lanjut usia & pasien dalam kondisi lemah fisik. Anak <10 tahun.
Efek SampingMengantuk, kelemahan otot, ataksia, amnesia, depresi, kepala terasa ringan, kebingungan mental, halusinasi, penglihatan kabur.
Interaksi ObatObat yang menekan fungsi SSP, alkohol, barbiturat, simetidin.
Kategori Keamanan Kehamilan D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).
SediaanKemasan/Harga
Zolastin tablet 0.5 mg
5 × 10’s (Rp90,000/boks)
Zolastin tablet 1 mg
5 × 10’s (Rp125,000/boks)