YB Aerosol

Farmasi-id.com > Obat Semprot > YB Aerosol

By | 13/09/2017

Kandungan dan Komposisi YB Aerosol

  • Notoginseng Radix 3400 mg
  • Ajuga Forrestii Diels 425 mg
  • Dioscoreae Rhizoma 1130.50 mg
  • Dioscoreae Nippomicae Rhizoma 2125 mg
  • Dioscoreae Parviflora Ting 510 mg
  • Geranii Herba & Erodii Herba 357 mg
  • Inulae Cappae Herba 425 mg
  • Borneolum 127.50 mg

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Membantu meredakan pegal linu dan mengurangi bengkak.

Cara Pakai

Untuk pemakaian luar. Disemprotkan pada bagian yang sakit sehari 3 – 5 kali.

Perhatian

  • Hanya untuk pemakaian luar. Hindari semprotan ke mulut, lubang hidung dan mata. Jika terkena mata, segera cuci dengan air bersih.
  • Jauhkan dari api dan tekanan udara tinggi.

Cara Penyimpanan

Simpan ditempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya matahari.

Kemasan dan Sediaan

Botol @ 30, 50 & 85 gram

Izin BPOM

TI164650311

Harga

Rp 70.000/50 gr

Rp 100.000/85 gr

Produsen

Yunnan Baiyao Group CO LTD – China

Importir

PT Saras Subur Abadi

Sekilas Tentang Panax Notoginseng (Ginseng Tienchi)

Panax notoginseng, juga dikenal sebagai pseudoginseng, merupakan tanaman genus Panax, bersama dengan Panax ginseng. Tanaman ini adalah anggota dari keluarga Apiales dan tumbuh di Cina dan Jepang. Akar tanaman Panax notoginseng telah digunakan dalam pengobatan Cina selama berabad-abad untuk menghentikan pendarahan dan meningkatkan aliran darah.

Panax notoginseng tidak sama dengan Panax ginseng. Tanaman ini beberapa kandungan kimianya sama, dikenal sebagai saponin, tapi ada juga yang berbeda, sehingga manfaatnya juga berbeda.

Panax ginseng, atau ginseng, dianggap sebagai adaptogen yang membantu tubuh menangani lingkungan stres. Hal ini juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kognisi. Sedangkan Panax notoginseng tidak dianggap sebagai adaptogen. Hal ini terkait dengan efek yang berbeda, seperti komponen hemostatik. Bagi mereka yang ingin menggunakan Panax notoginseng harus mengetahui kinerja dari produk itu dan jenis risiko terkait dengan penggunaannya. Secara umum Panax Notoginseng memiliki metode kerja antara lain:




  1. Berperan sebagai hemostatik.

  2. Memperlancar sirkulasi darah.

  3. Mengandung saponin steroid & triterpenoids.


Penggunaan Panax Notoginseng Ekstrak

Panax notoginseng digunakan untuk beberapa tujuan yang berbeda dalam pengobatan tradisional Tionghoa (TCM) Ketika digunakan sebagai suplemen oral seperti untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghentikan atau memperlambat pendarahan akibat efek stik hemostatik. Produk ini telah digunakan untuk menghentikan perdarahan yang terjadi menyertai batuk, muntah, urin, mimisan dan gangguan pendarahan.

Panax notoginseng juga memiliki kegunaan lain obat ketika diambil secara oral, seperti menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah darah, menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Produk ini juga telah digunakan untuk pusing, sakit tenggorokan dan stroke iskemik akut. Beberapa produk Panax notoginseng juga mengklaim bahwa bahan ini membantu menurunkan berat badan meningkatkan kualitas tidur. Ada juga bentuk topikal Panax notoginseng, yang diterapkan pada kulit. Biasanya digunakan untuk menghentikan pendarahan pada luka.

Menurut penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, glikosida flavonol, yang berasal dari akar Panax notoginseng, mungkin berguna untuk pengembangan obat-obatan farmasi untuk mencegah atau mengelola penyakit Alzheimer. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi klaim-klaim ini.

Sekilas Tentang Dioscorea Opposita

Dioscorea opposita adalah suatu tanaman ubi yang tumbuh secara liar di alam yang pertama kali dibawa ke Eropa pada abad ke-19. Tanaman ini di China dikenal dengan sebutan 'Huai shan' dan di Korea disebut dengan 'Seyeo'. Tanaman ubi ini memiliki akar rimpang yang berfungsi sebagai organ penyimpanan nutrisi tanaman. Tanamannya sendiri dapat tumbuh hingga 3 meter dengan rimpang berbentuk silinder. Dioscorea opposita memiliki daun menyerupai hati dengan bunga berwarna putih kecil yang memiliki aroma mirip kayu manis.

Ubinya memiliki tekstur renyah dengan kulit luar yang tipis dan mengeluarkan lendir yang licin dan dapat dimakan mentah (langsung). Rasanya mirip seperti kentang.

Manfaat ubi Dioscorea opposita bagi kesehatan antara lain:



  1. Rimpangnya digunakan pada pengobatan tradisional China untuk menjaga kesehatan paru-paru, limpa, dan ginjal;

  2. Menambah nafsu makan;

  3. Membantu penyembuhan luka, pertumbuhan tulang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh;

  4. Memiliki efek anti-aging (anti penuaan dini);

  5. Menjaga kesehatan mata;

  6. Menjaga kesehatan rongga mulut dan mencegah kanker paru;

  7. Mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung;

  8. Membantu pembentukan sel darah merah;

  9. Mengendalikan kadar hormon wanita yang berhubungan dengan progesteron;

  10. Mengatasi cacingan.


Dioscorea opposita tidak aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.