Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)

Apa Kandungan dan Komposisi Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Xin Huang Pian (Ding Lu Brand) adalah:

  • Calculus Bovis 7.50%
  • Pearl Shell Powder 5.60%
  • Urena Lobata 20.65% 
  • Sarcandra Glaber 18.73%
  • Radix Pseudoginseng 41.27% 
  • Amylum 6.25%

Sekilas Tentang Panax Notoginseng (Ginseng Tienchi) Pada Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)
Panax notoginseng, juga dikenal sebagai pseudoginseng, merupakan tanaman genus Panax, bersama dengan Panax ginseng. Tanaman ini adalah anggota dari keluarga Apiales dan tumbuh di Cina dan Jepang. Akar tanaman Panax notoginseng telah digunakan dalam pengobatan Cina selama berabad-abad untuk menghentikan pendarahan dan meningkatkan aliran darah.

Panax notoginseng tidak sama dengan Panax ginseng. Tanaman ini beberapa kandungan kimianya sama, dikenal sebagai saponin, tapi ada juga yang berbeda, sehingga manfaatnya juga berbeda.

Panax ginseng, atau ginseng, dianggap sebagai adaptogen yang membantu tubuh menangani lingkungan stres. Hal ini juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kognisi. Sedangkan Panax notoginseng tidak dianggap sebagai adaptogen. Hal ini terkait dengan efek yang berbeda, seperti komponen hemostatik. Bagi mereka yang ingin menggunakan Panax notoginseng harus mengetahui kinerja dari produk itu dan jenis risiko terkait dengan penggunaannya. Secara umum Panax Notoginseng memiliki metode kerja antara lain:

  • Berperan sebagai hemostatik

  • Memperlancar sirkulasi darah

  • Mengandung saponin steroid & triterpenoids

Penggunaan Panax Notoginseng Ekstrak

Panax notoginseng digunakan untuk beberapa tujuan yang berbeda dalam pengobatan tradisional Tionghoa (TCM) Ketika digunakan sebagai suplemen oral seperti untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghentikan atau memperlambat pendarahan akibat efek stik hemostatik. Produk ini telah digunakan untuk menghentikan perdarahan yang terjadi menyertai batuk, muntah, urin, mimisan dan gangguan pendarahan.

Panax notoginseng juga memiliki kegunaan lain obat ketika diambil secara oral, seperti menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah darah, menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Produk ini juga telah digunakan untuk pusing, sakit tenggorokan dan stroke iskemik akut. Beberapa produk Panax notoginseng juga mengklaim bahwa bahan ini membantu menurunkan berat badan meningkatkan kualitas tidur. Ada juga bentuk topikal Panax notoginseng, yang diterapkan pada kulit. Biasanya digunakan untuk menghentikan pendarahan pada luka.

Menurut penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, glikosida flavonol, yang berasal dari akar Panax notoginseng, mungkin berguna untuk pengembangan obat-obatan farmasi untuk mencegah atau mengelola penyakit Alzheimer. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi klaim-klaim ini.

Xin Huang Pian (Ding Lu Brand) Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Xin Huang Pian (Ding Lu Brand) adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Mengobati pasien rematik, penyakit lever kronis, infeksi pankreas, penyembuhan sesudah operasi, bisul dan pembengkakan kerongkongan.

Bagaimana Cara Penyimpanan Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)?

Simpan di tempat sejuk dan kering, jauh dari jangkauan anak.

Larangan

Tidak disarankan untuk ibu hamil

Sekilas tentang rematik
Rematik (Radang sendi atau artritis reumatoid (bahasa Inggris: Rheumatoid Arthritis, RA)) merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi. Penyakit ini menyerang persendian, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang.

Umumnya penyakit ini menyerang pada sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan kualitas hidupnya menurun. Gejala yang lain yaitu berupa rasa nyeri atau radang pada otot, sendi-sendi atau jaringan -jaringan badan; encok, sakit pada tulang, demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemah dan kurang darah. Namun kadang kala si penderita tidak merasakan gejalanya. Diperkirakan kasus RA diderita pada usia di atas 18 tahun dan berkisar 0,1% sampai dengan 0,3% dari jumlah penduduk Indonesia.
Sekilas tentang hati
Hati merupakan organ terbesar kedua pada tubuh manusia. Hati bekerja keras melakukan banyak fungsi seperti melawan infeksi dan penyakit, mengeluarkan toksin atau racun, mengendalikan kadar kolesterol. Hati juga berperan dalam pembentukan fibrinogen dalam plasma darah. Fungsi fibrinogen dalam plasma darah yaitu berperan dalam proses pembekuan darah. Fibrinogen sangat diperlukan saat terjadi luka pada jaringan kulit. Hati memproduksi empedu, cairan berwarna hijau kekuningan yang memiliki banyak fungsi bagi sistem pencernaan dan ekskresi tubuh.

Beberapa penyakit yang bisa terjadi pada hati seperti:

Hepatitis

Hepatitis merupakan kelainan hati yang banyak dialami oleh manusia. Kata hepatitis berasal dari Bahasa Yunani kuno “hepar” yang memiliki arti hati, dan Bahasa Latin “itis” artinya memiliki arti peradangan. Istilah hepatitis menggambarkan kondisi peradangan yang dialami oleh hati. Hepatitis dapat disebabkan oleh virus. Virus merupakan agen biologi yang hanya dapat berkembangbiak pada sel organisme lain. Virus tidak digolongkan sebagai makhluk hidup karena tidak menunjukkan ciri ciri makhluk hidup. Beberapa jenis hepatitis diuraikan sebagai berikut:

  • Hepatitis A – Hepatitis A disebabkan oleh HAV (Hepatitis A Virus) yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang terinfeksi dan beberapa kasus karena seks oral dengan penderita hepatitis A

  • Hepatitis B – Hepatitis B merupakan jenis hepatitis yang disebabkan oleh HBV (Hepatitis B Virus) yang ditularkan melalui kegiatan seks dengan penderita atau kontak dengan cairan tubuh penderita. Hati penderita ini dapat mengalami pembengkakan yang berujung pada kerusakan hati

  • Hepatitis C – Hepatitis C disebabkan oleh HCV (Hepatitis C Virus) yang ditularkan melalui transfusi darah dari penderita. Penderita penyakit ini biasanya saling berbagi jarum yang tidak steril saat menggunakan obat-obatan

  • Hepatitis D – Penyakit ini disebabkan oleh HDV (Hepatitis D Virus) yang ditularkan melalui transfusi darah atau hubungan badan. Penyakit ini hanya dapat diderita oleh orang yang sudah menderita hepatitis B. Meskipun belum ada vaksin untuk hepatitis D, tetapi pencegahan dapat dilakukan dengan vaksin hepatitis B

  • Hepatitis E – penyakit ini disebabkan oleh HEV (Hepatitis E Virus) yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang terinfeksi kotoran penderita hepatitis E

  • Hepatitis alkoholik – Penyakit ini disebabkan oleh kelebihan konsumsi minuman beralkohol yang terakumulasi selama bertahun-tahun

  • Hepatitis autoimun – penyakit ini merupakan penyakit hepatitis keturunan yang sangat langka, disebabkan oleh fungsi sel darah putih sebagai sistem imun tubuh tidak berjalan semestinya. Sistem imun tubuh justru menyerang sel sel organ hati sehingga rusak dan tidak bekerja dengan baik

Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD)

NAFLD merupakan kondisi yang merujuk pada penumpukan lemak pada hati. Kondisi ini biasanya ditemui pada orang dengan masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Fungsi lemak bagi tubuh salah satunya adalah melindungi organ, namun hal ini tidak berlaku bagi hati. Semakin sedikit lemak yang terakumulasi di hati maka kondisi kesehatan hati akan semakin baik. Kelainan ini terbagi dalam 4 tahap yaitu:

  • Steatosis – Penumpukan lemak dengan jumlah yang banyak ditemukan pada hati. Kondisi ini tidak berbahaya

  • Non-alcoholic steatohepatitis – Terjadi peradangan pada hati

  • Fibrosis – kondisi dimana peradangan terus menerus akhirnya menyebabkan luka di sekitar hati dan pembuluh darah, tetapi fungsi hati masih berjalan normal

  • Sirosis – Hati menyusut dan terlihat bopeng setelah sekian tahun mengalami peradangan, dapat menyebabkan gagal hati dan kanker hati

Hemokromatosis

Hemokromatosis adalah kelainan turunan dengan kecenderungan untuk menyerap zat besi lebih banyak. Normalnya tubuh menjaga penyerapan zat besi dalam batas yang dibutuhkan tubuh saja, namun penderita hemokromatosis tidak dapat melakukan itu. Hal ini disebabkan ada mutasi gen HFE yang mengatur penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Fungsi hemoglobin adalah untuk mengikat oksigen dalam darah. Namun kelebihan zat besi dalam tubuh bukan menguntungkan justru menimbulkan berbagai masalah antara lain:

  • Merasa kelelahan sepanjang waktu

  • Nyeri sendi

  • Disfungsi ereksi

  • Tidak mengalami haid

Perawatan yang sesuai untuk penderita hemokromatosis adalah cuci darah. Selain itu untuk mencegah komplikasi akibat penyakit ini langkah yang perlu dilakukan antara lain:

  • Menghindari suplemen zat besi

  • Menghindari makanan dengan kandungan zat besi tinggi

  • Mengurangi jumlah asupan vitamin C

  • Menghindari konsumsi minuman keras berlebihan

Sirosis Bilier Primer

Sirosis bilier primer merupakan kondisi kelainan pada hati akibat terjadi kerusakan pada saluran empedu di hati. Empedu yang dihasilkan oleh hati pada keadaan normal akan disalurkan menuju kantong empedu. Fungsi kantong empedu adalah sebagai tempat penyimpanan sekaligus penyerapan air dan elektrolit dari empedu.

Apabila terjadi kerusakan atau penyumbatan di saluran empedu, maka empedu yang seharusnya dikeluarkan akan tertahan di hati dan lama kelamaan akan mengalami kerusakan fungsi hati. Penyakit ini disebabkan oleh sistem imun tubuh yang menyerang saluran empedu sehingga saluran empedu rusak. Kebanyakan penyakit ini diderita oleh wanita pada usia 40-60 tahun.

Kanker hati

Kanker hati merupakan kanker yang jarang ditemukan namun cukup berbahaya. Kanker ini berasal dari sel sel hati, dan bukan kanker yang tumbuh di ogrgan lain lalu menyebar ke hati. Kanker hati jarang terlihat gejala awalnya, hanya dapat terlihat saat kanker mulai memasuki tahap berbahaya. Gejala yang ditunjukkan antara lain:

  • Kehilangan berat badan

  • Kehilangan nafsu makan

  • Cepat kenyang walaupun sedikit makan

  • Muntah muntah

  • Sakit kuning

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Xin Huang Pian (Ding Lu Brand):

Dewasa : Diminum 3 kali sehari sekali minum 2 sampai dengan 4 tablet
Anak – anak : Diminum 3 kali sehari sekali minum 1 sampai dengan 2 tablet

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)?

Dus @ Botol @ 12 tablet

Berapa Nomor Izin BPOM Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)?

Setiap produk obat, suplemen, makanan, dan minuman yang beredar di Indonesia harus mendapatkan izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yaitu suatu Badan Negara yang memiliki fungsi melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana produksi, melakukan pengambilan contoh produk, melakukan pengujian produk, dan memberikan sertifikasi terhadap produk. BPOM juga melakukan pengawasan terhadap produk sebelum dan selama beredar, serta memberikan sanksi administratif seperti dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut izin edar, disita untuk dimusnahkan, bagi pihak yang melakukan pelanggaran. Berikut adalah izin edar dari BPOM yang dikeluarkan untuk produk Xin Huang Pian (Ding Lu Brand):

TI044509141

Berapa Harga Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)?

Rp 65.000/dus

Apa Nama Perusahaan Produsen Xin Huang Pian (Ding Lu Brand)?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Xin Huang Pian (Ding Lu Brand):

Xiamen Traditional Chinese Medicine CO LTD – China

Pendaftar dan Importir

PT Intra Aries