VENODENOL

Farmasi-id.com > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Preparat Anorektal > VENODENOL

Produsen Fahrenheit
KomposisiPolidocanol.
IndikasiSklerosis untuk varises segala ukuran, dilatasi vena pada kulit, & hemoroid.
DosisDosis harian maks: 2 mg/kg BB/hari. Sklerosasi varises s/d 2 mL/lokasi. Sklerosasi dilatasi vena pada kulit 0.3-0.5 mL dosis tunggal. Sklerosasi hemoroid 0.5-1.5 mL/knot dilatasi. maks: 2.5 mL/sesi terapi.
Kontra IndikasiPasien yang tidak dapat bangun dr tempat tidur, gangguan sirkulasi arteri (penyakit oklusi arteri derajat 2, 3 & 4), trombosis vena dalam & superfisial, edema tungkai, mikroangiopati diabetikum; endokarditis, miokarditis; gagal jantung, hipertensi arterial; kondisi febris, lansia dengan gangguan mobilisasi atau kondisi umum yang sangat buruk, asma bronkial; inflamasi akut pada daerah anus. Hamil.
PerhatianJangan diberikan secara intra arteri.
Efek Samping Hiperpigmentasi.
Interaksi ObatZat anestesi.
Kategori Keamanan Kehamilan C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.
SediaanKemasan/Harga
Venodenol injeksi 1 %
(ampul) 2 mL x 5 × 1’s
Venodenol injeksi 3 %
(ampul) 2 mL x 5 × 1’s
Sekilas tentang varises dan flebitis

Varises adalah pelebaran pembuluh balik (vena). Kata varises berasal dari bahasa Latin yang berarti memutar, "varix". Varises (Varicose Vein) merupakan pelebaran vena yang sering terjadi di vena superfisial, dan yang banyak terjadi di ekstremitas bawah. Varises terjadi karena penumpukan darah. Penumpukan darah di dalam pembuluh vena dapat disebabkan oleh melemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar. Salah satu cara penanganan varises yang bisa kita lakukan di rumah adalah dengan memakai stoking antivarises atau disebut juga bebat kompresi. Selain itu, hindari berdiri terlalu lama dan luangkan beberapa saat untuk mengistirahatkan kaki Anda dalam posisi tubuh direbahkan dengan diberi penyangga (posisi kaki lebih tinggi dari badan). Jangan lupa untuk selalu menjaga berat badan ideal dan rutin berolahraga.

-------------

Flebitis adalah sejenis penyakit yang menyerang darah (radang pembuluh darah). Sumber lain menjelaskan bahwa flebitis merupakan penyakit yang terjadi karena peradangan pada pembuluh darah vena yang disebabkan oleh kateter atau iritasi kimiawi zat aditif dan obat-obatan yang diberikan secara intravena. Tanda dan gejala yang dikeluarkan oleh penyakit flebitis ini adalah eritema, nyeri, edema dan peningkatan temperature kulit pada area pemasangan infuse.

Tingkat keparahan gejala penyakit flebitis ini ditentukan berdasarkan skala derajat flebitis yang dimulai dari skala 0-4 berdasarkan rekomendasi dari The Infusion Nurses Society. Faktor-faktor yang mempengaruhi flebitis menurut Alexander et al adalah faktor kimia yang meliputi obat-obatan dan jenis cairan infuse, faktor bakteri yang meliputi teknik aseptic dan teknik sterilitas alat, serta faktor mekanik yang meliputi teknik insersi, kondisi pasien, kondisi vena, ukuran dan bahan kanul. Ketika flebitis menyerang pada anak langkah yang harus segera di ambil ialah memindahkan infuse serta memberikan kompres hangat dan lembab untuk mempercepat penyembuhan dan memberikan kenyamanan dengan memberikan kompres normal salin atau air hangat.