Vasdalat

By | Februari 1, 2021 | Farmasi-id.com > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Vasdalat

Kandungan dan Komposisi Vasdalat

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Vasdalat adalah:

Nifedipine 10 mg/tablet

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Vasdalat

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Vasdalat adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

  • Untuk pengobatan hipertensi, baik terapi tunggal maupun kombinasi dengan obat tekanan darah tinggi lainnya.
    Digunakan juga untuk pengobatan penyakit jantung koroner, pistonis angina stabil dan tidak stabil yang termasuk angina vasospastik (angina Prinzmetal, angina varian), dan post-infarction angina pectoris (kecuali 8 hari pertama)
  • Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) digunakan juga untuk mengobati Raynaud’s syndrome, yaitu kondisi medis dimana terjadi kejang arteri yang menyebabkan aliran darah berkurang. Biasanya terjadi pada jari tangan, dan terkadang juga pada jari kaki. Pada kasus yang jarang, bisa terjadi pada hidung, telinga, atau bibir. Hal ini menyebabkan bagian yang terkena berubah menjadi putih dan kemudian biru. Seringkali, terjadi mati rasa atau sakit. Saat aliran darah kembali, berubah menjadi merah dan terbakar. Episode biasanya terjadi dalam hitungan menit, tapi kadang bisa bertahan hingga beberapa jam

Cara Kerja Obat

Nifedipine adalah obat yang digunakan untuk mengobati hipertensi dan angina. Nifedipine termasuk anti hipertensi golongan calcium channel blockers. Mekanisme aksi Nifedipine adalah dengan cara merelaksasi otot-otot jantung dan pembuluh darah. Obat ini mencegah ion Calcium memasuki slow channels of cardiac dan otot jantung selama depolarisasi. Penghambatan ini menyebabkan vasodilatasi perifer dan koroner. Hal ini akan mengurangi terjadinya afterload, penurunan resistensi perifer dan penurunan tekanan darah.

Dosis dan Aturan Pakai Vasdalat

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Vasdalat:

Raynaud’s syndrome

Dosis dewasa :

Immediate-release : 5-20 mg 3 x sehari.

Hipertensi/tekanan darah tinggi

Dosis dewasa :

Immediate-release : dosis awal, 5 mg 3 x sehari. Pemeliharaan : 10-20 mg 3 x sehari.

Extended-release : dosis awal, 10-40 mg 2 x sehari atau 20-90 mg 1 x sehari.

Angina pectoris

Dosis dewasa :

Immediate-release : dosis awal, 5 mg 3 x sehari. Pemeliharaan : 10-20 mg 3 x sehari.

Extended-release : 10-40 mg 2 x sehari atau 30-90 mg 1 x sehari.

Penyesuaian dosis :

Pengurangan dosis mungkin diperlukan pada pasien dengan gangguan hati, lansia.

Aturan pakai :

Immediate-release : Bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.
Hindari jus jeruk.
Hindari alkohol.

Kontraindikasi Vasdalat

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Vasdalat dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

  • Jangan menggunakan obat ini pada pasien yang mempunyai riwayat hipersensitif terhadap Nifedipine atau obat-obat yang termasuk golongan calcium channel blockers lainnya
  • Pasien yang mengalami syok kardiogenis (sirkulasi darah yang tidak normal karena ventrikel jantung tidak berfungsi optimal), stenosis aorta (penyempitan pada saluran keluar ventrikel kiri jantung), atau menderita angina yang tidak stabil jangan menggunakan Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine)
  • Obat ini juga dikontraindikasikan untuk penderita tekanan darah rendah (< 90/60 mmHg), ibu menyusui dan wanita hamil
  • Jangan menggunakan obat ini bersamaan dengan obat-obat inducer kuat enzim CYP3A4. (lebih jelas baca interaksi obat)

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Vasdalat Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan , yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Vasdalat?

Jika Anda lupa menggunakan Vasdalat, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Vasdalat Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Vasdalat?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Vasdalat yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Efek Samping Vasdalat

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Vasdalat yang mungkin terjadi adalah:

  • Efek samping Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) yang sering terjadi : sakit kepala, kelelahan, pusing, mengantuk, bengkak kaki, batuk, dan sesak napas
  • Efek samping yang serius misalnya tekanan darah rendah dan gagal jantung
  • Efek samping lainnya seperti edema perifer, takikardia, palpitasi, gangguan saluran pencernaan (mual, konstipasi ), gangguan penglihatan, sinkop, vertigo, migrain, gangguan mood, ruam (termasuk eritema multiforme) , Kelainan fungsi hati (termasuk kolestasis), pruritus, hiperplasia gingiva, mialgia, gynaecomastia, tremor, impotensi, dan demam
  • Pada awal-awal pengobatan sering menyebabkan peningkatan nyeri dada iskemik

Peringatan dan Perhatian Penggunaan Vasdalat

  • Hati-hati menggunakan obat ini pada penderita dengan gangguan fungsi hati, ginjal terutama gagal ginjal, gagal jantung kongestif dan pasien lanjut usia
  • Jangan menggunakan Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) tanpa resep dokter atau melebihi dosis yang dianjurkan karena penyakit-penyakit seperti angina dan infark miokardial akut dapat memburuk secara cepat saat awal pemakaian dan peningkatan dosis secara tidak tepat
  • Penghentian pemakaian obat secara tiba-tiba bisa meningkatkan frekuensi dan durasi nyeri dada. Lakukan penghentian secara bertahap dengan pengawasan dokter
  • Obat ini dapat menyebabkan pusing dan mengantuk. Jangan menyalakan mesin atau mengendarai kendaraan saat menggunakan obat ini
  • Meskipun pada kebanyakan pasien, efek hipotensi Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) dapat ditoleransi dengan baik, beberapa pasien bisa mengalami penurunan tekanan darah yang berlebihan. Hal ini biasanya terjadi saat awal pengobatan  atau pada saat peningkatan dosis. Hal ini lebih sering bila Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) digunakan dalam kombinasi dengan obat penurun tekanan darah golongan beta blocker (Atenolol, Acebutolol)
  • Beberapa pasien, terutama mereka yang memiliki penyakit arteri koroner obstruktif berat, kadang mengalami peningkatan frekuensi, durasi, dan / atau tingkat keparahan angina atau infark miokard akut saat mulai menggunakan obat yang mengandung Nifedipine seperti Vasdalat 10 mg Tablet atau pada saat kenaikan dosis. Hentikan penggunaan obat jika terjadi nyeri iskemik atau nyeri dada memburuk dalam waktu singkat setelah awal pengobatan/kenaikan dosis
  • Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) mengurangi resistensi vaskular perifer, oleh karena itu pemantauan tekanan darah terutama pada awal pengobatan dan kenaikan dosis sangat disarankan
  • Edema perifer ringan sampai sedang kadang terjadi pada penggunaan Nifedipine. Hal ini biasanya berhubungan dengan vasodilatasi arterial dan bukan karena disfungsi ventrikel kiri. Edema ini terjadi terutama pada ekstremitas bawah.
    Penyerapan obat dapat dipengaruhi oleh makanan dan hasilnya dapat bervariasi tergantung pada formulasi yang digunakan
  • Metabolisme obat dihambat oleh alkohol
  • Hindari minum jus jeruk saat menggunakan Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) karena dapat meningkatkan kadar Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) dalam plasma

Kategori Keamanan Penggunaan Vasdalat Pada Wanita Hamil

Kategori keamanan penggunaan obat untuk wanita hamil atau pregnancy category merupakan suatu kategori mengenai tingkat keamanan obat untuk digunakan selama periode kehamilan apakah memengaruhi janin atau tidak. Kategori ini tidak termasuk tingkat keamanan obat untuk digunakan oleh wanita menyusui.

FDA (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan tingkat keamanan obat untuk wanita hamil menjadi 6 (enam) kategori yaitu A, B, C, D, X, dan N. Anda bisa membaca definisi dari setiap kategori tersebut di sini. Berikut ini kategori tingkat keamanan penggunaan Vasdalat untuk digunakan oleh wanita hamil:

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan Nifedipine kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Meskipun hasil studi pada hewan tidak selalu bisa dijadikan acuan keamanan obat pada manusia, fakta bahwa obat ini terbukti memiliki efek buruk terhadap janin hewan harus menjadi perhatian serius. Jika tidak benar-benar dibutuhkan atau masih bisa menggunakan obat lain yang lebih aman, penggunaan Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) oleh wanita hamil sebaiknya tidak dilakukan.

Interaksi Obat Vasdalat

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Vasdalat antara lain:

  • Efek anti hipertensi meningkat jika digunakan bersamaan dengan agen anti hipertensi lain, aldesleukin, dan antipsikotik
  • Penggunaan bersamaan dengan fentanyl selama operasi menyebabkan hipotensi berat
  • Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) dapat memodifikasi respon insulin dan glukosa
  • Pelemahan efek takikardik saat digunakan dengan benazerpril
  • Protrombin time meningkat jika digunakan bersama antikoagulan coumarin
  • Kadar serum meningkat jika digunakan bersamaan dengan inhibitor CYP3A4 (misalnya anti jamur golongan azole (ketoconazole, itraconazole), Cimetidine, Erythromycin, HIV-protease inhibitors, nefazodone, fluoxetine, quinupristin/dalfopristin)
  • Interaksi yang berpotensi fatal : bioavailabilitas dan keampuhan Vasdalat 10 mg Tablet (Nifedipine) berkurang jika digunakan dengan induksi CYP3A4 yang kuat (misalnya rifampicin, phenytoin, carbamazepine)

Kemasan dan Sediaan Vasdalat

Dus 5 x 10 tablet 10 mg

Produsen Vasdalat

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Vasdalat:

Hexpharm Jaya

Sekilas Tentang Hexpharm Jaya Laboratories
PT Hexpharm Jaya Laboratories atau dikenal juga dengan sebutan HJ adalah perusahaan farmasi yang berdiri pada 1971. Pada November 1993 perusahaan ini diakuisisi oleh PT Dankos Laboratories Tbk sekaligus masuk dalam perusahaan Kalbe Group. Pada 2006, PT Dankos Laboratories Tbk bergabung dengan PT Kalbe Farma Tbk, sehingga otomatis membuat PT Hexpharm Jaya Laboratories menjadi anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk.

PT Hexpharm Jaya Laboratories telah lama dikenal sebagai perusahaan produsen obat-obatan farmasi baik generik maupun branded yang berkualitas dan telah mendapatkan sertifikat pengakuan berupa CPOB, ISO 9001, ISO 14001, dan OHSAS 18001. Produk yang dihasilkan seperti obat alergi dan sistem imun, endokrin dan sistem metabolik, sistem gastrointestinal dan hepatobilier, obat sistem muskuloskeletal, antibiotik, obat dermatologi, dan sebagainya. Produk branded yang diproduksi perusahaan ini antara lain Girabloc, Alodan, Diabit, Cetrin, Hexalgin, Elanos, dan sebagainya. Kegiatan produksi produk farmasi dilakukan di pabriknya yang ada di Cikarang. Produk PT Hexpharm Jaya Laboratories didistribusikan oleh PT Enseval Putra Megatrading dan PT Tri sapta Jaya. PT Hexpharm Jaya Laboratories memiliki kantor pusat di KEM Tower Lt. 12, kemayoran, Jakarta Pusat.

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *