TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry


RASA JERUK

Apa Kandungan dan Komposisi TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry adalah:

Tiap sendok makan (15 ml) mengandung:

  • Madu 1125 mg
  • Curcuma xanthorrhiza extract 10 mg
  • Vitamin A 850 IU
  • Vitamin B1 3 mg
  • Vitamin B2 2 mg
  • Vitamin B6 5 mg
  • Vitamin B12 5 mcg
  • Vitamin B5 (dekspantenol) 3 mg
  • Vitamin E 8 mg
  • Vitamin D3 100 IU
  • Kalsium hipofosfit 500 mg
  • Cod liver oil 7,5 mg
  • Jus jeruk 20 mg

Bahan tambahan:

Polysorbate, sodium benzoat, sodium citrate, citric acid, potassium sorbate, sucralose, sorbitol, perisa jeruk, eurocert brown HT

Sekilas Tentang Vitamin A Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Vitamin A ini sering dihubungkan dengan kesehatan mata. Kekurangan vitamin A diklaim dapat menyebabkan kemampuan penglihatan menjadi berkurang atau menurun. Sebenarnya apa itu vitamin A?

Vitamin A adalah suatu kelompok vitamin tak jenuh yang larut dalam lemak. Vitamin A sebenarnya bukan merupakan suatu zat nutrisi tunggal, melainkan suatu grup atau kelompok dari nutrisi yang memiliki komposisi, ciri, dan karakteristik serupa seperti retinol, retinoic acid, retinal, beta-carotene, dan lain-lain. Zat seperti retinol bisa kita jumpai pada produk hewani seperti dari susu, hati, dan berbagai macam ikan. Vitamin A juga ditemukan pada sayuran dan buah-buahan.

Sebelum digunakan, tubuh manusia akan mengubah atau mengonversi bentuk vitamin A menjadi retinal dan retinoic acid agar dapat digunakan. Keduanya merupakan suatu bentuk vitamin A yang sudah aktif. Selanjutnya vitamin A ini, mayoritas akan disimpan di dalam hati dalam bentuk retinyl ester yang kemudian akan dipecah dan mengikat dengan protein tertentu di dalam darah yang kemudian dapat digunakan oleh tubuh. Vitamin A berperan penting dalam pertumbuhan sel, sistem imunitas tubuh, perkembangan janin, dan kesehatan indra penglihatan atau mata. Untuk mata, salah satu bentuk vitamin A, retinal, akan bekerja sama dengan protein opsin membentuk rhodopsin, suatu molekul yang diperlukan untuk kesehatan penglihatan. Ia akan menjaga mata dari rabun, menjaga kesehatan kornea, mencegah konjungtiva, dan lain-lain.

Selain itu peran vitamin A juga terlihat dalam perannya menjaga kesehatan kulit. Ia akan membuat kulit menjadi lebih segar dan cerah. Berikut adalah daftar lengkap manfaat vitamin A bagi kesehatan:
  • Menjaga kesehatan mata

  • Memperkuat sistem imun

  • Menunjang pertumbuhan janin

  • Mencegah jerawat muncul

  • Menjaga kesehatan tulang

  • Menjaga kulit tetap sehat

  • Menekan risiko komplikasi penyakit campak

  • Mengobati lesi prakanker yang terjadi di mulut

  • Menurunkan risiko kanker payudara pada wanita premenopause

  • Mengurangi gejala malaria pada anak berusia di bawah 3 tahun

Vitamin A bisa kita dapat melalui beberapa bahan makanan dan minuman seperti hati, ikan, yogurt, susu, keju, telur, mentega rendah lemak, susu rendah lemak, wortel, bayam, ubi dan paprika merah.

Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan berbagai akibat buruk seperti masalah penglihatan, mudah terkena infeksi, jerawat, bayi lahir prematur, dan lain-lain. Dosis harian vitamin A yang dapat ditoleransi oleh tubuh adalah antara 700 mcg hingga 900 mcg untuk pria dan wanita. Mengonsumsi vitamin A lebih dari 3000 mcg (10.000 IU) dapat menyebabkan toksisitas dan menyebabkan efek buruk seperti nyeri tulang dan sendi, kurang nafsu makan, rambut rontok, kulit sensitif terhadap sinar matahari, sakit kepala, dan sebagainya.

Penemuan vitamin A ini tidak terjadi begitu saja melainkan melalui serangkaian penelitian yang panjang yang diawali oleh riset yang dilakukan oleh Francois Magendie pada 1816 yang melakukan pengamatan pada luka yang terdapat pada kornea anjing yang diakibatkan kekurangan nutrisi dimana luka pada kornea tersebut semakin memburuk dan menyebabkan anjing tersebut mati. Kemudian pada 1912, ahli biokimia asal Inggris, Frederick Gowland Hopkins melakukan penelitian dengan mencoba memberi sekelompok mencit kasein, lemak hewan, sukrosa, pati, dan mineral. Selain itu ia memberikan susu pada sebagian mencit lainnya. Ia mendapati bahwa mencit yang diberi susu tumbuh secara normal dan baik. Ia menyakini ada suatu faktor yang belum diketahui yang ada pada susu itu (diluar protein, lemak, dan karbohidrat) yang menyebabkan mencit dapat tumbuh dengan baik. Atas penemuannya ini mendapatkan hadiah Nobel pada 1929. Hopkins tidak meneliti lebih jauh mengenai hal ini, kemudian penelitian ini dilanjutkan oleh Elmer McCollum, seorang ahli biokimia Amerika Serikat, yang menemukan bahwa mencit akan mulai kehilangan berat tubuhnya bila dilakukan diet dan akan pulih kembali setelah diberi lemak mentega, namun hal yang sama tidak terjadi bila diberi minyak zaitun. Pada 1913-1914, McCollum dan Marguerite Davis menemukan bahwa komponen aktif yang ada dalam lemak mentega dapat dipisahkan karena dapat larut dalam eter. Ia menyebut nutrisi ini sebagai faktor "A". Selanjutnya nutrisi ini secara resmi disebut sebagai vitamin A pada 1920.

Sekilas Tentang Cod Liver Oil Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Cod liver oil (minyak hati ikan cod) adalah suplemen nutrisi yang berasal dari hati ikan cod. Minyak ini memiliki tingkat tinggi asam lemak omega-3, EPA dan DHA, dan tingkat vitamin A, dan vitamin D yang sangat tinggi. Minyak ini banyak digunakan untuk meredakan gejala radang sendi. Itu biasanya diberikan kepada anak-anak.

Karakteristik

Tergantung pada kualitas minyak, rasa dan aroma berkisar dari rasa seperti sarden ringan, hingga bau ikan busuk dan minyak tengik yang menyengat dan menyengat. Minyak hati ikan kod berkualitas tinggi adalah cairan kuning pucat, tipis, berminyak, memiliki bau yang aneh, sedikit amis, tetapi tidak tengik, dan rasa hambar, sedikit amis. Produsen terkadang menambahkan perasa, seperti jeruk atau esens mint, ke minyak ikan cod agar lebih enak.

Pembuatan

Minyak hati ikan cod dibuat dengan memasak hati ikan kod dengan uap, kemudian menekan/menuangkan hati yang telah dimasak untuk mengekstrak minyaknya. Ini berbeda dengan minyak ikan, yang diekstraksi dari seluruh jaringan tubuh ikan berlemak yang dimasak selama pembuatan tepung ikan.

Kegunaan terapeutik

Minyak hati ikan cod banyak digunakan untuk meringankan rasa sakit dan kekakuan sendi yang terkait dengan radang sendi, tetapi juga telah terbukti secara klinis memiliki efek positif pada jantung, tulang, dan otak, serta membantu menyehatkan kulit, rambut, dan kuku.

Minyak hati ikan kod dan minyak ikan serupa, tetapi minyak hati ikan kod memiliki kadar vitamin A dan D yang jauh lebih tinggi. Banyak orang dewasa tidak memenuhi RDA untuk Vitamin D.

Pada tahun 2005, sebuah studi oleh para peneliti di University of California menemukan bahwa Vitamin D dapat menurunkan risiko mengembangkan berbagai jenis kanker, mengurangi separuh kemungkinan terkena kanker payudara, ovarium, dan usus besar.

Penggunaan minyak ikan cod selama kehamilan dikaitkan dengan risiko diabetes tipe I yang lebih rendah pada keturunannya. Efek ini hanya ditemukan pada ibu yang mengonsumsi minyak ikan cod, tidak pada ibu yang mengonsumsi suplemen multivitamin. Minyak hati ikan cod yang dikonsumsi oleh ibu menyusui meningkatkan ASI dengan meningkatkan jumlah asam lemak, yang meningkatkan perkembangan otak, dan jumlah vitamin A, yang membantu mencegah infeksi, tetapi tingkat vitamin D tidak berubah.

Efek samping

Karena minyak hati ikan kod memiliki kadar vitamin A yang sangat tinggi, kemungkinan melebihi Recommended Dietary Allowance (RDA) vitamin A. Vitamin A terakumulasi dalam lemak tubuh, dan dapat mencapai tingkat berbahaya yang cukup untuk menyebabkan hipervitaminosis A.

Tidak mungkin mendapatkan jumlah terapeutik asam lemak EPA dan DHA dari minyak ikan cod tanpa melebihi RDA untuk vitamin A.

Asupan minyak ikan cod yang tinggi oleh wanita hamil dikaitkan dengan peningkatan risiko hipertensi gestasional hampir lima kali lipat, meskipun penelitian ini tidak mengontrol merkuri, yang dapat hadir dalam jumlah berbahaya pada ikan dan yang merupakan penyebab lain hipertensi.

Beberapa orang mendesak agar berhati-hati saat mengonsumsi minyak ikan cod dan suplemen berbasis ikan lainnya karena mungkin mengandung kadar racun yang meningkat seperti merkuri dan PCB yang semakin banyak ditemukan pada ikan. Beberapa perusahaan suplemen secara teratur menguji kemurnian minyak ikan cod, sementara yang lain tidak.

Penggunaan lainnya

Di Newfoundland, minyak ikan cod kadang-kadang digunakan sebagai bahan dasar cair untuk cat oker merah tradisional, lapisan pilihan untuk digunakan pada bangunan luar dan bangunan kerja yang terkait dengan perikanan cod.
Sekilas Tentang Potassium Sorbate (Kalium Sorbate) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Potassium sorbate (kalium sorbate) adalah suatu zat pengawet ringan. Penggunaan utamanya adalah sebagai pengawet makanan (nomor E 202). Rumus molekulnya adalah C6H7O2K dan nama sistematisnya adalah kalium (E,E)-hexa-2,4-dienoat. Kalium sorbat efektif dalam berbagai aplikasi termasuk makanan, anggur, dan perawatan pribadi.

Penggunaan

Kalium sorbat digunakan untuk menghambat jamur, dan ragi dalam banyak makanan, seperti keju, anggur, yogurt, daging kering, dan makanan yang dipanggang. Itu juga dapat ditemukan dalam daftar bahan dari banyak produk buah kering. Selain itu, produk suplemen makanan herbal umumnya mengandung potasium sorbat, yang bertindak untuk mencegah jamur dan mikroba dan untuk meningkatkan umur simpan, dan digunakan dalam jumlah yang sangat kecil sehingga tidak diketahui adanya efek kesehatan yang merugikan. Pelabelan pengawet ini dibaca sebagai "kalium sorbat" pada pernyataan bahan. Juga, digunakan dalam banyak produk perawatan pribadi untuk menghambat perkembangan mikroorganisme untuk stabilitas rak. Beberapa produsen menggunakan pengawet ini sebagai pengganti paraben.

Juga dikenal sebagai "penstabil anggur", kalium sorbat menghasilkan asam sorbat bila ditambahkan ke anggur. Ini melayani dua tujuan. Ketika fermentasi aktif telah berhenti dan anggur diperas untuk terakhir kalinya setelah dibersihkan, kalium sorbat akan membuat ragi yang masih hidup tidak mampu berkembang biak. Ragi yang hidup pada saat itu dapat terus memfermentasi sisa gula menjadi CO2 dan alkohol, tetapi ketika mereka mati, tidak ada ragi baru yang akan menyebabkan fermentasi di masa depan. Ketika anggur dimaniskan sebelum pembotolan, kalium sorbat digunakan untuk mencegah rujukan bila digunakan bersama dengan kalium metabisulfit. Hal ini terutama digunakan dengan anggur manis, anggur bersoda, dan beberapa sari buah keras tetapi dapat ditambahkan ke anggur meja yang menunjukkan kesulitan dalam mempertahankan kejelasan setelah denda.

Beberapa kapang (terutama beberapa strain Trichoderma dan Penicillium) dan ragi mampu mendetoksifikasi sorbat melalui dekarboksilasi, menghasilkan 1,3-pentadiena. Pentadiena bermanifestasi sebagai bau khas minyak tanah atau minyak bumi.

Perpaduan

Kalium sorbat adalah garam kalium dari asam sorbat. Itu dibuat dengan mereaksikan asam sorbat dengan kalium hidroksida.

Toksikologi

Pengawet lembut ini dianggap aman dan ringan karena catatan keamanan jangka panjang dan profil tidak beracun. Potassium sorbate tidak menyebabkan iritasi dan tidak menimbulkan sensitisasi. Reaksi alergi jarang terjadi dan dapat ditoleransi dengan baik bila diberikan secara internal.
Sekilas Tentang Pyridoxine Hydrochloride (Vitamin B6) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry

  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, hingga gagal jantung

  • Meningkatkan serta menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

  • Mengurangi risiko terjadinya insomnia atau kesulitan tidur

  • Menghilangkan kecemasan pada kondisi pra menstruasi

  • Mengurangi depresi

  • Menurunkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah gangguan pencernaan

  • Mengatur keseimbangan gula darah

  • Menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

  • Melancarkan proses metabolisme dalam tubuh

Sumber: ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, alpukat, pepaya, pisang.

Sekilas Tentang Riboflavin (Vitamin B2) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry

  • Mencegah katarak

  • Menjaga kesehatan kandungan

  • Mengobati dan mencegah migrain

  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut

  • Mencegah dan mengatasi anemia

  • Mencegah penyumbatan pembuluh darah

  • Meningkatkan energi

Sumber: ikan, daging, dan unggas (ayam, bebek), hati daging dan ayam, telur, produk susu, alpukat, kismis, kacang-kacangan (termasuk almond), ubi jalar, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, gandum utuh (whole grain), kacang kedelai dan olahannya (termasuk tempe, tahu, oncom, dan susu kedelai), ikan salmon, rumput laut, jamur.

Sekilas Tentang Vitamin E Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry

  • Mencegah rambut rontok

  • Melancarkan peredaran darah di kulit kepala

  • Menyeimbangkan produksi sebum

  • Menjaga kadar hormon

  • Mengurangi efek samping obat-obatan

  • Mengatasi diabetes

  • Memperbaiki kualitas sperma

  • Mencegah kulit terbakar

  • Menjaga kesehatan kuku

  • Mengatasi garis-garis halus dan kerutan

Sumber: kuning telur, tahu, bayam, kacang tanah, kedelai, almond, alpukat, udang, labu, brokoli, dan minyak biji bunga matahari.

Sekilas Tentang Cyanocobalamin (Vitamin B12) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry

  • Berperan dalam produksi energi

  • Menjaga kinerja sistem saraf

  • Menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut

  • Menghindarkan risiko penyakit jantung

  • Menghindarkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah terjadinya stroke dan tekanan darah tinggi

  • Menormalkan sistem metabolisme dalam tubuh

  • Berperan dalam produksi DNA dan RNA

  • Menjaga kesehatan mata

  • Menambah nafsu makan

Sumber: ikan haring, ikan tuna, kepiting, ikan sarden, caviar, kerang, ikan salmon, daging sapi, daging kambing, ikan kod, keju, telur, daging ayam.
Sekilas Tentang Pantothenic Acid (Vitamin B5) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Pantothenic acid (asam pantotenat) atau pantothenate yang lebih familiar dikenal dengan sebutan vitamin B5 adalah salah satu bentuk vitamin B yang sangat penting. Vitamin B5 membantu tubuh mengonversi makanan menjadi energi. Karena pantothenic acid ini banyak dijumpai dalam berbagai jenis makanan, maka vitamin ini memiliki nama "pantothenic" yang berarti "dari manapun" karena memang sumbernya melimpah.

Pada sel hidup, pantothenic acid ini berbentuk coenzyme A (CoA) yang manfaatnya antara lain:

  • Membuat sel darah merah

  • Memelihara saluran pencernaan

  • Memproses vitamin B2 (riboflavin)

  • Mensintesis kolesterol dan menurunkannya

  • Mencegah angiopati diabetikum

  • Pencegahan penyakit seperti ADHD, radang sendi, kinerja atletik, masalah kulit, alkoholisme, alergi, rambut rontok, asma, masalah jantung, sindrom carpal tunnel, gangguan paru-paru, kerusakan saraf, kolitis, infeksi mata, kejang, gangguan ginjal, ketombe, depresi, masalah diabetes, kekebalan tubuh fungsi, sakit kepala, hiperaktif, tekanan darah rendah, susah tidur, mudah marah, multiple sclerosis, distrofi otot, dan kram otot

Sumber: mushrooms, kacang-kacangan, alpukat, susu, telur, kubis, daging organ seperti hati dan ginjal, kentang putih dan manis, sereal gandum dan ragi, kuning telur, brokoli, ikan, kerang, ayam, dan yogurt.

Sekilas Tentang Sorbitol Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Sorbitol adalah suatu zat atau bahan pemanis pengganti gula dengan jumlah kalori yang relatif kecil. Jumlah kalori dalam satu gram sorbitol yaitu sekira 2 kalori saja. Di dalam tubuh, sorbitol diserap hanya sekira 50%-80% dan sisanya akan dipecah oleh bakteri dalam sistem pencernaan dan menghasilkan gas. Sorbitol banyak dijumpai sebagai salah satu komponen dalam komposisi berbagai produk seperti permen, obat-obatan, kosmetik, dan lain-lain. Sorbitol memiliki tingkat kemanisan 60% lebih rendah dari sukrosa dan harganya lebih murah dari xylitol.

Secara almi, sorbitol ini dijumpai pada berbagai buah seperti pir, kismis, aprikot, apel, persik, prem, dan kurma. Sorbitol kebanyakan dihasilkan dari proses sintesa reaksi pengurangan glukosa dari sirup jagung (sirup yang terbuat dari pati jagung). Sorbitol merupakan pemanis yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Berikut ini beberapa manfaat sorbitol bagi kesehatan:

1. Mengurangi karies gigi akibat pemanis

Umumnya gula pemanis biasa dimetabolisme oleh bakteri pada rongga mulut sehingga bakteri berkembang biak dan menyebabkan karies dan plak. Dengan menggunakan pemanis alternatif seperti sorbitol, bakteri pada rongga mulut tidak dapat memetabolismenya sehingga mengurangi risiko karies dan plak sehingga aman bagi kesehatan gigi.

2. Mengatasi konstipasi

Sorbitol memiliki efek laksatif (pencahar) pada mereka yang terkena konstipasi. Sorbitol dapat menahan air dalam feses sehingga feses lebih lembut dan mempermudah pengeluarannya dari dalam tubuh.

3. Pemanis alternatif untuk penderita diabetes

Sorbitol hanya diserap sekira 50%-80% oleh sistem pencernaan dan kemudian dikonversi mejadi glikogen di dalam hati. Menurut penelitian, sorbitol tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan tidak bergantung pada insulin untuk penyerapannya serta tidak menyebabkan hiperglikemia (tidak seperti glukosa atau sukrosa).

4. Menjaga kesehatan kulit

Sorbitol dapat melindungi keratinosit epidermis dari toksisitas osmotik yang diinduksi oleh sodium chloride sehingga secara signifikan meningkatkan kelembaban dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

5. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Sorbitol yang sering dijumpai ada pada komponen shampoo mampu mengikat kotoran dan minyak pada kulit kepala sehingga kotoran tadi lebih mudah larut dalam air dan menjaga kebersihan kulit kepala. Selain itu sorbitol dapat menjaga kulit kepala tetap lembab mencegahnya dari kekeringan, kotoran, dan risiko infeksi.

Sorbitol relatif aman jika digunakan hanya dalam jumlah kecil, namun jika digunakan terlalu banyak (20 g-50 g) dapat menimbulkan overdosis dengan gejala seperti diare, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Sekilas Tentang Vitamin B12 Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry

  • Berperan dalam produksi energi

  • Menjaga kinerja sistem saraf

  • Menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut

  • Menghindarkan risiko penyakit jantung

  • Menghindarkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah terjadinya stroke dan tekanan darah tinggi

  • Menormalkan sistem metabolisme dalam tubuh

  • Berperan dalam produksi DNA dan RNA

  • Menjaga kesehatan mata

  • Menambah nafsu makan

Sumber: ikan haring, ikan tuna, kepiting, ikan sarden, caviar, kerang, ikan salmon, daging sapi, daging kambing, ikan kod, keju, telur, daging ayam.

Sekilas Tentang Sucralose Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Sucralose adalah pemanis buatan. Di Uni Eropa, juga dikenal dengan nomor E (kode aditif) E955. Sucralose dijual dengan nama dagang Splenda. Sucralose kira-kira 600 kali lebih manis dari sukrosa (gula meja), dua kali lebih manis dari sakarin, dan empat kali lebih manis dari aspartam. Tidak seperti aspartam, aspartam stabil di bawah panas dan pada rentang kondisi pH yang luas dan dapat digunakan dalam pembuatan kue atau produk yang memerlukan masa simpan lebih lama. Sejak diperkenalkan pada tahun 1999, sucralose telah mengambil alih Equal di pasar pemanis buatan senilai $ 1,5 miliar, memegang pangsa pasar 62%. Menurut firma riset pasar IRI, seperti yang dilaporkan di Wall Street Journal, Splenda menjual $212 juta pada tahun 2006 di AS sementara Equal menjual $48,7 juta.

Sejarah

Sucralose ditemukan pada tahun 1976 oleh para ilmuwan dari Tate & Lyle, bekerja dengan peneliti Leslie Hough dan Shashikant Phadnis di Queen Elizabeth College (sekarang bagian dari King's College London). Duo ini mencoba menguji gula terklorinasi sebagai zat antara kimia. Pada suatu hari di akhir musim panas, Phadnis disuruh menguji bedak. Phadnis berpikir bahwa Hough memintanya untuk mencicipinya, jadi dia melakukannya. Dia menemukan senyawa itu sangat manis (formula akhir 600 kali lebih manis dari gula). Mereka bekerja dengan Tate & Lyle selama setahun sebelum menetapkan formula terakhir.

Ini pertama kali disetujui untuk digunakan di Kanada (dipasarkan sebagai Splenda) pada tahun 1991. Persetujuan berikutnya datang di Australia pada tahun 1993, di Selandia Baru pada tahun 1996, di Amerika Serikat pada tahun 1998, dan di Uni Eropa pada tahun 2004. Pada tahun 2006, itu telah disetujui di lebih dari 60 negara, termasuk Brasil, Cina, India, Kanada, Amerika Serikat, dan Jepang.

Tate & Lyle memproduksi sucralose di pabrik di McIntosh, Alabama, dengan kapasitas tambahan yang sedang dibangun di Jurong, Singapura. Ini diproduksi oleh klorinasi selektif sukrosa, di mana tiga gugus hidroksil diganti dengan atom klorin untuk menghasilkan 1,6-dikloro-1,6-dideoksi-β-D-frukto-furanosil 4-kloro-4-deoksi -α-D-galactopyranoside atau C12H19Cl3O8. Jalur alternatif adalah dengan selektif klorinasi raffinosa.

Ini digunakan dalam produk-produk seperti permen, bar sarapan dan minuman ringan. Sucralose yang dicampur dengan maltodekstrin dan dekstrosa (keduanya terbuat dari jagung) sebagai bahan pengisi dijual secara internasional oleh McNeil Nutritionals dengan merek Splenda. Di Amerika Serikat dan Kanada, campuran ini semakin banyak ditemukan di restoran, termasuk McDonalds dan Starbucks, dalam kemasan kuning, berbeda dengan kemasan merah muda yang biasa digunakan oleh pemanis sakarin dan kemasan biru yang digunakan oleh aspartam; meskipun di Kanada paket kuning juga dikaitkan dengan pemanis siklamat merek SugarTwin.

Pengemasan dan penyimpanan

Sebagian besar produk yang mengandung sucralose menambahkan bahan pengisi dan pemanis tambahan untuk membawa produk ke perkiraan volume dan tekstur jumlah gula yang setara. Ini karena sukralosa hampir 600 kali lebih manis daripada sukrosa (gula meja). Sucralose murni dijual dalam jumlah besar, tetapi tidak dalam jumlah yang sesuai untuk penggunaan individu. Sucralose kering murni mengalami beberapa dekomposisi pada suhu tinggi. Ketika dalam larutan atau dicampur dengan maltodekstrin sedikit lebih stabil.

Kandungan energi (kalori)

Meskipun dipasarkan di A.S. sebagai “Pemanis tanpa kalori”, Splenda sebenarnya mengandung sedikit lebih banyak kalori daripada jumlah gula yang sama (391 kkal per 100 g vs 390 kkal per 100 g untuk gula pasir putih). Namun, karena Splenda sepersepuluh lebih padat dari gula, volume tertentu Splenda memiliki energi sepersepuluh dari volume gula yang sama. Ketika sucralose ditambahkan langsung ke produk komersial, pengisi dihilangkan dan tidak ada energi yang ditambahkan.

Perhatikan juga bahwa meskipun label "fakta gizi" pada kemasan ritel Splenda menyatakan bahwa satu porsi 0,5 gram (1 sendok teh atau 5 mililiter) mengandung nol kalori, Splenda sebenarnya mengandung dua kalori per sendok teh. Perhatikan bahwa paket individu yang sobek seperti yang ditunjukkan di sebelah kanan adalah ukuran ganda, porsi satu gram, yang mengandung empat kalori. Pelabelan tersebut sesuai di AS karena peraturan FDA mengizinkan produk untuk diberi label sebagai "nol kalori" jika "makanan mengandung kurang dari 5 kalori per jumlah referensi yang biasa dikonsumsi dan per porsi berlabel." Karena Splenda mengandung sukralosa dalam jumlah yang relatif kecil, sedikit yang dimetabolisme, hampir semua kandungan kalori Splenda berasal dari pengisi dekstrosa atau maltodekstrin yang sangat mengembang, atau pembawa, yang memberi Splenda volumenya. Seperti karbohidrat lainnya, dekstrosa dan maltodekstrin memiliki 4 kalori per gram.

Penggunaan dalam produk bermerek

Sucralose dapat ditemukan di lebih dari 4.500 produk makanan dan minuman. Sucralose digunakan sebagai pengganti, atau dalam kombinasi dengan, pemanis buatan atau alami lainnya seperti aspartam, acesulfame potassium atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Sucralose dipasarkan di India oleh Zydus Cadila dengan nama merek Sugar free Natura.

Memasak

Sucralose sangat stabil terhadap panas memungkinkan untuk digunakan dalam banyak resep tanpa menggunakan gula. Sucralose tersedia dalam bentuk butiran yang memungkinkan penggantian cangkir demi cangkir dengan gula.

Keamanan

Sucralose telah diterima oleh beberapa badan pengatur keamanan pangan nasional dan internasional, termasuk US Food and Drug Administration (FDA), Joint Food and Agriculture Organization/World Health Organization Expert Committee on Food Additives, Komite Ilmiah Uni Eropa untuk Makanan, Perlindungan Kesehatan Cabang Kesehatan dan Kesejahteraan Kanada dan Standar Makanan Australia-Selandia Baru (FSANZ). Menurut Asosiasi Diabetes Kanada, seseorang dapat mengkonsumsi 15 mg/kg/hari Sucralose "setiap hari selama ... seumur hidup tanpa efek samping". Untuk orang dengan berat 150 pon, 15 mg/kg adalah sekitar 1000 mg, setara dengan sekitar 75 paket Splenda atau manisnya 612 gm atau 2500 kkal gula.

“Dalam menentukan keamanan sucralose, FDA meninjau data dari lebih dari 110 penelitian pada manusia dan hewan. Banyak penelitian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemungkinan efek toksik termasuk efek karsinogenik, reproduksi dan neurologis. Tidak ada efek seperti itu yang ditemukan, dan persetujuan FDA didasarkan pada temuan bahwa sucralose aman untuk dikonsumsi manusia.” Misalnya, studi McNeil Nutritional LLC yang diajukan sebagai bagian dari Petisi Aditif Makanan FDA AS 7A3987, menunjukkan bahwa "dalam 2 tahun bioassay hewan pengerat...tidak ada bukti aktivitas karsinogenik untuk sucralose atau produk hidrolisisnya.... "

Setelah persetujuan FDA, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Head and Face Pain melaporkan sucralose sebagai pemicu yang mungkin untuk pasien migrain. Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Mutation Research mengaitkan sucralose dosis tinggi (2000 mg per kg) dengan kerusakan DNA pada tikus.

Kekhawatiran telah dikemukakan tentang efek sucralose pada timus, organ yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Sebuah laporan dari NICNAS mengutip dua penelitian pada tikus, keduanya menemukan "penurunan signifikan dalam berat timus rata-rata" pada dosis tertentu. Dosis sukralosa yang menyebabkan efek kelenjar timus yang dirujuk dalam laporan NICNAS adalah 3000 mg/kg bb/hari selama 28 hari. Untuk manusia dengan berat 80 kg (176 lb), ini berarti asupan 240 gram sucralose selama 28 hari, yang setara dengan lebih dari 20.000 paket Splenda individu/hari selama kurang lebih satu bulan. Dosis yang diperlukan untuk memicu respon imunologis adalah 750 mg/kg bb/hari, atau 60 gram sucralose per hari, yang berarti lebih dari 5.000 paket Splenda/hari (ada 11,9 mg sucralose dalam 1g paket ritel Splenda). Ini dan penelitian lain dipertimbangkan oleh regulator sebelum menyimpulkan bahwa sucralose aman. Namun, karena beberapa sucralose yang dicerna dipecah dan diserap oleh tubuh, ada kekhawatiran bahwa konsumsi kronis dapat menyebabkan penyusutan timus atau efek samping lainnya.

Sebagian besar sukralosa yang tertelan tidak meninggalkan saluran pencernaan dan langsung diekskresikan dalam tinja sementara 11-27% diserap. Jumlah yang diserap dari saluran GI sebagian besar dikeluarkan dari aliran darah oleh ginjal dan diekskresikan dalam urin dengan 20-30% sukralosa yang diserap dimetabolisme. Sucralose dapat dicerna oleh sejumlah mikroorganisme dan dipecah setelah dilepaskan ke lingkungan.

Splenda biasanya mengandung 95% dekstrosa (isomer "tangan kanan" dari glukosa - lihat dekstrorotasi dan kiralitas), yang siap dimetabolisme oleh tubuh. Informasi keamanan yang diberikan oleh banyak spesialis dan media kepada konsumen adalah bahwa Splenda aman dikonsumsi sebagai pengganti gula diabetes "bebas masalah".

Alternatif alami

Kritikus sucralose sering mendukung alternatif alami, termasuk xylitol, maltitol, thaumatin, dan isomalt. Namun, zat tersebut menimbulkan masalah kesehatan lainnya, dan produk alami umumnya tidak menjalani uji coba terkontrol sebelum diizinkan dalam makanan. Stevia bagaimanapun telah digunakan selama ratusan tahun di Cina tanpa efek samping yang dilaporkan.

Organoklorida

Dasar kekhawatiran tentang keamanan sukralosa berasal dari kelas bahan kimia yang dimilikinya. Molekul sukralosa adalah organoklorida (atau klorokarbon). Karena beberapa organoklorida diketahui menyebabkan efek kesehatan yang merugikan dalam konsentrasi yang sangat kecil, pengkritik sucralose merasa beban pembuktian ekstra tinggi diperlukan. Meskipun beberapa klorokarbon beracun, sukralosa tidak diketahui beracun dalam jumlah kecil dan sangat tidak larut dalam lemak; itu tidak dapat menumpuk dalam lemak seperti hidrokarbon terklorinasi. Selain itu, sucralose tidak memecah atau mendeklorinasi.

Berbeda dengan kekhawatiran ini, banyak organoklorida terjadi secara alami dalam sumber makanan seperti rumput laut.

Kontroversi pemasaran

Pada tahun 2006 Merisant, pembuat Equal, mengajukan gugatan terhadap McNeil Nutritionals di pengadilan federal di Philadelphia dengan tuduhan bahwa tagline Splenda "Terbuat dari gula, jadi rasanya seperti gula" adalah palsu dan menyesatkan dan situs web Merisant menyebutnya sebagai mitos urban. McNeil berargumen selama persidangan bahwa mereka tidak pernah menipu konsumen atau bermaksud menipu mereka, karena produk itu sebenarnya dimulai dengan gula. Merisant meminta agar McNeil diperintahkan untuk menyerahkan keuntungan dan memodifikasi iklannya. Kasus ini berakhir dengan kesepakatan yang dicapai di luar pengadilan, dengan kondisi penyelesaian yang dirahasiakan. Gugatan itu adalah langkah terbaru dalam perselisihan yang telah lama memanas. Pada tahun 2004, Merisant mengajukan keluhan kepada Better Business Bureau mengenai iklan McNeil. McNeil menuduh bahwa keluhan Merisant adalah pembalasan atas keputusan di pengadilan federal di Puerto Rico, yang memaksa Merisant untuk berhenti mengemas Equal dalam paket yang mirip dengan Splenda. McNeil mengajukan gugatan di Puerto Rico mencari keputusan yang akan menyatakan iklannya tidak menyesatkan. Setelah gugatan Merisant di Philadelphia, McNeil menyetujui pengadilan juri dan pembatalan gugatannya di Puerto Rico.

Pada tahun 2007, Merisant France memenangkan kemenangan signifikan di Pengadilan Komersial Paris melawan anak perusahaan McNeil Nutritionals LLC, perusahaan Amerika yang memasarkan Splenda. Pengadilan memberikan ganti rugi kepada Merisant $54,000 dan memerintahkan para terdakwa untuk menghentikan klaim iklan yang ditemukan melanggar undang-undang perlindungan konsumen Prancis. Klaim iklan yang ditemukan melanggar hukum Prancis dan yang harus dihentikan McNeil meliputi: "Karena berasal dari gula, sucralose rasanya seperti gula" dan "Dengan sucralose: Berasal dari gula dan rasanya seperti gula". Keputusan tersebut memerintahkan McNeil untuk mengubah semua iklan dan promosi Splenda yang mengandung klaim menyesatkan ini dan untuk mengubah semua kemasan. Pengadilan melarang distribusi produk apa pun di bawah merek dagang Splenda dengan kemasan yang tidak berubah setelah jangka waktu empat bulan setelah menjalankan putusan ini.

Keluhan Asosiasi Gula kepada Komisi Perdagangan Federal menunjukkan bahwa "Splenda bukanlah produk alami. Itu tidak dibudidayakan atau tumbuh dan tidak terjadi di alam." McNeil Nutritionals, produsen Splenda, telah menanggapi bahwa "iklannya mewakili produk dengan cara yang akurat dan informatif serta mematuhi aturan periklanan yang berlaku di negara tempat produk merek Splenda dipasarkan." Asosiasi Gula A.S. juga telah memulai situs web di mana mereka mengajukan kritik mereka terhadap sucralose.
Sekilas Tentang Curcuma Xanthorrhiza (Temulawak) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Kandungan kimia temulawak, antara lain kurkumin, zat tepung, glikosida, toluil metil, karbinol, essoil, abu, l-sikloisopren myrsen, protein, serat, dan kalium oksalat. Rimpang juga mengandung beragam minyak asiri seperti fellandren, turmerol, kaemfer, borneol, xantorizol, dan sineal.

Anggota famili Zingiberaceae itu bersifat rasa aromatik, tajam, dan agak pedas. Khasiatnya sebagai peluruh haid (emenagog), perangsang ASI (lactagoga), menguatkan (tonikum), peluruh kemih, penurun kolesterol, pemicu regenerasi atas kerusakan sel-sel hati, antiradang, dan memperlancar pengeluaran empedu ke usus (colagoga), penambah nafsu makan, dll.
Sekilas Tentang Thiamine Hydrochloride (Vitamin B1) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Thiamine hydrochloride atau vitamin B1 adalah suatu vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit seperti beri-beri, optik neuropati, sindrom Wernicke-Korsakoff, dan sebagainya. Vitamin B1 banyak dijumpai pada bahan makanan seperti biji-bijian, polong-polongan, daging, dan ikan. Pemberian vitamin B1 bisa dilakukan melalui mulut, injeksi intravena, dan injeksi intramuskular.

Berikut beberapa manfaat thiamine hydrochloride (vitamin B1):

  • Mencegah terjadinya beri-beri

  • Mencegah terjadinya kerusakan saraf di luar otak (neuritis periferal)

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

  • Meningkatkan nafsu makan

  • Mencegah perburukan komplikasi ginjal pada penderita Diabetes tipe 2

  • Mencegah katarak

Thiamine hydrochloride pertama kali ditemukan pada tahun 1897 dan pertama kali dibuat versi artifisialnya pada 1936. Thiamine hydrochloride dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan keamanan penggunaannya pada wanita hamil oleh FDA dimasukkan dalam kategori A.

Sumber: daging,telur,kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan lentil, gandum (sereal, roti, dan pasta), nasi, kembang kol, jeruk, dan kentang.

Sekilas Tentang Citric Acid (Asam Sitrat) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Citric acid (asam sitrat) merupakan suatu zat yang biasanya terdapat pada buah jeruk, lemon, kiwi, strawberry, dan lain-lain. Asam sitrat memiliki manfaat antara lain:

  • Efektif dalam menghilangkan jerawat

  • Meningkatkan kesehatan ginjal

  • Antioksidan

  • Menyembuhkan infeksi tenggorokan

  • Menghasilkan energi

  • Meningkatkan imun tubuh

  • Menghilangkan sel kulit mati

  • Membantu meningkatkan kesehatan ginjal

  • Meningkatkan penyerapan mineral oleh tubuh

  • Anti aging (diaplikasan dalam bentuk masker wajah)

Sumber: lemon, limau, jeruk, anggur, kiwi, apel, stroberi, pir, ceri, rasberi dan jeruk keprok dan dalam sayuran seperti kentang, kacang polong, jamur, asparagus, dan tomat.

Sekilas Tentang Sodium Citrate (Natrium Citrate) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Natrium citrate (sodium citrate) adalah suatu agen alkalinisasi yang membuat urin berkurang tingkat keasamannya dan dengan begitu maka ginjal akan mampu menyingkirkan asam urat. Biasanya sodium citrate dikombinasikan dengan citric acid dan kombinasi keduanya digunakan untuk mencegah gout (asam urat) dan batu ginjal, serta asidosis metabolik pada orang dengan gangguan ginjal.

Sekilas Tentang Mel Depuratum (Madu) Pada TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry
Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Madu memiliki beberapa kandungan seperti: fruktosa, glukosa, Maltosa, Sukrosa, Air, Gula paling tinggi, Abu (analisis kimia), dll.

Berikut adalah beberapa manfaat madu:

  • Antioksidan

  • Meredakan sakit tenggorokan dan batuk

  • mengurangi bau badan

  • Meredakan bengkak

  • Mengobati luka

  • Mengurangi alergi

TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

  • Membantu memperbaiki nafsu makan
  • Membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan memelihara kesehatan anak pada masa pertumbuhan

Apa saja Perhatian Penggunaan TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry?

  • Mengandung pemanis buatan sucralose
  • Tidak boleh digunakan untuk bayi < 1 tahun

Takaran Pemakaian

Anak-anak

6-12 tahun: sehari 2 x 1 sendok makan
1-6 tahun: sehari 1 x 1 sendok makan

Kocok dahulu sebelum diminum

Pilihan Rasa

Jeruk, Strawberry

Bagaimana Cara Penyimpanan TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk & Strawberry?

Simpan di bawah suhu 30C terlindung dari cahaya

Izin BPOM, Kemasan, Sediaan

  • SD172650151, TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Jeruk, Dus @ Botol plastik @ 200 ml & 400 ml
  • SD172650231,  TJ Joybee Grow Emulsion Rasa Strawberry, Dus @ botol plastik @ 200 dan 400 ml

Pendaftar

Ultrasakti