Sufenta

By | September 18, 2021 |

Kandungan dan Komposisi Sufenta

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Sufenta adalah:
Sufentanil 5 mcg/ml

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Sufenta

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Sufenta adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Sebagai tambahan analgesik terhadap N02/02 dan sbg zat anestesi tunggal untuk pasien yang mendapat ventilasi buatan atau pemberian secara epidural pada anestesi spinal.

Kontraindikasi Sufenta

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Sufenta dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Penggunaan bersama MAOI atau dalam 2 minggu setelah penghentian terapi MAOI.

Perhatian Penggunaan Sufenta

Lansia, disfungsi hati atau ginjal, penyakit paru, penurunan cadangan pernafasan atau potensial mengalami depresi pernafasan.
Efek samping
Depresi nafas, kekakuan otot skelet, mual, muntah, penurunan tekanan darah dan denyut jantung sementara.
Interaksi obat
Menghasilkan efek adiksi pada pemberian bersama dengan barbiturat, trankuilizer, anestesi umum atau obat lain yang menekan SSP.

Dosis dan Aturan Pakai Sufenta

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Sufenta:

Sampai 8 mcg/kg.
Sbg tambahan analgesik: 0.5-5 mcg/kgBB.
Sebagai zat anestesi 8 mcg/kgBB.
Penanganan nyeri paska op : 30-50 mcg/kgBB.

Izin, Kemasan & Sediaan Sufenta

Bentuk Sediaan

Kemasan dan Sediaan Sufenta

/Harga

Sufenta injeksi 5 mcg/mL

10 mL x 5 × 1’s (Rp225,423/boks)

Banyak Dibaca Hari Ini
Banyak Dibaca Minggu Ini
Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *