Streptase

Farmasi-id.com > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Antikoagulan, Antiplatelet, & Fibrinolitik (Trombolitik) > Streptase

By | 26/12/2014

Kandungan dan Komposisi

Streptokinase.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Trombosis vena profunda, embolisme pulmoner, infark miokard akut, trombosis perifer akut/subakut. Penyakit arteri oklusif kronik. Oklusi arteri atau vena retina sentral. Trombosis arteri perifer akut atau subakut atau kronik.

Kontra Indikasi

Perdarahan. Baru terserang infeksi strep dengan titer anti streptase yang tinggi. Endokarditis bakteria subakut. Hipertensi berat yang tak terkendali. Kerusakan fungsi hati atau ginjal berat. Penyakit paru dengan kavitasi. Pankreatitis akut atau DM yang parah. Usia lanjut dengan kecenderungan degenerasi arteriosklerotik. 18 minggu pertama kehamilan.

Perhatian

Penderita defek katup mitral atau fibrilasi atrium.

Efek Samping

Perdarahan, demam, reaksi alergi ringan.

Interaksi Obat

Antikoagulan, antiplatelet: meningkatkan risiko perdarahan.

Kategori Keamanan Kehamilan

Kategori C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Dosis dan Aturan Pakai

Pemberian sistemik: Dws 250,000 iu IV infus selama 30 mnt, diikuti dengan dosis pemeliharaan 100,000 iu/jam. Pd infark miokard akut: terapi diteruskan selama 24 jam. Indikasi lain: terapi tidak lebih dr 5 hari. Pemberian secara lokal (lisis kateter intra arterial): Infark miokard akut Dosis bolus 20,000 iu dengan infus intra koroner. Diikuti dengan dosis pemeliharaan 2,000-4,000 iu/mnt selama 30-90 mnt. Kronik trombosis atau emboli pembuluh darah perifer akut atau sub akut atau kronik 1,000-2,000 iu pada interval 3-5 mnt. Terapi dapat diteruskan s/d 3 jam dengan total dosis maks 120,000 iu.

Sediaan, Kemasan, Harga

Streptase powd for injeksi 1500000 IU, 1’s (Rp3,520,000/vial)

Produsen

Dexa Medica/CSL Behring

Sekilas Tentang Dexa Medica

Dexa Medica adalah suatu perusahaan farmasi Indonesia yang didirikan pada 1969 oleh Drs. Rudy Soetikno Apt. seroang apoteker muda yang pernah bertugas sebagai tentara. Dikarenakan pernah terjadi kelangkaan pasokan obat, maka ia bersama rekannya mulai mendirikan sebuah perusahaan farmasi kecil dengan produk obat tablet.

Karena semakin meningkatnya permintaan, maka Dexa Medica meningkatkan kuantitas produksinya sehingga pada 1975 produknya telah tersedia di seluruh pulau Sumatera, dan pada 1978, produk perusahaan ini telah tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai perusahaan nasional, maka pada 1984 perusahaan ini mendirikan kantor pemasaran di Jakarta. Perusahaan ini pun semakin berkembang dan dibuktikan dengan produk-produknya yang berhasil menembus pasar negara-negara Asia dan Afrika sekaligus menjadikan Dexa Medica menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Saat ini posisi CEO perusahaan dijabat oleh Ir. Ferry A. Soetikno, M.Sc., M.B.A.