Spirolacton

Farmasi-id.com > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Diuretik > Spirolacton

By | 03/12/2014
ProdusenPhapros
KomposisiSpironolactone.
IndikasiHipertensi esensial. Edema pada gagal jantung kongestif, sindroma nefrotik, sirosis hati. Hiperaldosteronisme primer.
DosisDws 25 – 200 mg/hari dalam dosis terbagi. Dpt ditingkatkan s/d 400 mg/hari tergantung beratnya gejala.Anak 3 mg/kgBB/hari dalam dosis terbagi.
Pemberian ObatSebaiknya diberikan bersama makanan.
Kontra IndikasiHiperkalemia, gagal ginjal progresif; penggunaan bersama diuretik hemat K & suplemen K.
PerhatianGangguan fungsi ginjal atau hati; DM, asidosis; hamil, laktasi.
Efek SampingSakit kepala, mengantuk; gangguan GI; ataksia, kebingungan mental, hirsutisme, ketidakteraturan menstruasi, impotensi, ruam kulit, ginekomastia. Jarang: pembesaran payudar4, hiponatremia, hiperkalemia.
Interaksi ObatRisiko hiperkalemia meningkat dengan ACE inhibitor. Menghambat bersihan digoksin. Dpt meningkatkan efek antihipertensi lain. Mengurangi respon vaskular terhadap noradrenalin.
Kategori Keamanan Kehamilan C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

(jika digunakan pada hipertensi gestasional)
D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).

SediaanKemasan/Harga
Spirolacton tablet 100 mg
10 × 10’s (Rp356,414/boks)
Spirolacton tablet 25 mg
10 × 10’s (Rp120,238/boks)