RINCOBAL

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Nootropik & Neurotonik/Neurotropik > RINCOBAL

Kandungan

Mecobalamin.

Indikasi 

Neuropati perifer dan anemia megaloblastik yang disebabkan defisiensi vitamin B12.

Farmakologi

Secara biokimia, Mecobalamin adalah koenzim yang mengandung vitamin B12 yang ikut berpartisipasi dalam reaksi transmetilasi. Mecobalamin adalah homolog vitamin B12 yang paling aktif di dalam tubuh. Mecobalamin bekerja dengan memperbaiki jaringan syaraf yang rusak. Mecobalamin juga terlibat dalam maturasi eritroblast, mempercepat pembelahan eritroblast dan sintesis heme sehingga dapat memperbaiki status darah pada anemia megaloblastik. Uji klinis tersamar ganda menunjukkan bahwa Mecobalamin tidak hanya efektif untuk anemia megaloblastik, namun juga untuk neuropati perifer.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas.

Perhatian 

Pemberian dosis tinggi & penggunaan jangka lama pd pasien yg terpapar atau berhubungan dg substansi Hg atau yg mengandung Hg tdk dianjurkan. Pasien dengan penyakit kardiovaskuler, paru-paru, hipertensi.

Efek Samping

Menurunkan nafsu makan, mual, anoreksia, muntah, daire, atau ggn GI lainnya, ruam kulit.

Interaksi Obat

Absorpsi Vitamin B12 dpt diturunkan oleh metformin, antagonis reseptor H2 (simetidin, ranitidin), aminoglikosida, kolkisin, asam aminosalisilat, antikonvulsan, alkohol.

Dosis

1 kaps 3 x/hr.

Pemberian Obat

Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 10 strip @ 10 kapsul 500 mcg

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar (dibawah 30°C), terlindung dari cahaya dan kelembaban.

Izin BPOM

DKL1432718901A1

Produsen

PT Yarindo Farmatama