OPM

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > OPM

:: Komposisi ::
Tiap OPM kapsul mengandung:
Omeprazole ………………………………………………. 20 mg
 :: Farmakologi ::
OPM kapsul (Omeprazole) bekerja menghambat sekresi asam lambung melalui hambatan yang selektif pada sistem H+, K+ – ATP ase (pompa proton) pada permukaan sel parietal lambung.
Efek ini menghambat tahap akhir dari pembentukan asam lambung, sehingga terjadilah hambatan efektif baik pada keadaan basal ataupun pada saat adanya rangsangan.
 :: Indikasi ::
Pengobatan jangka pendek dari:
– ulkus duodenal
– ulkus gaster
– refluks oesophagitis erosiva / ulcerativa
– sindroma Zollinger – Ellison
 :: Kontra Indikasi ::
Penderita yang hipersensitif terhadap Omeprazole.
 :: Efek Samping ::
OPM kapsul umumnya ditoleransi dengan baik oleh tubuh.
Efek Samping jarang terjadi, biasanya bersifat sementara dan ringan, misalnya: mual, diare, sembelit, sakit kepala dan gangguan pada kulit.
 :: Peringatan Dan Perhatian ::
  • Sebelum pemberian Omeprazole kepada penderita dengan ulkus gaster, kemungkinan malignansi harus disingkirkan, karena Omeprazole dapat menutupi gejala-gejalanya sehingga memperlambat penentuan diagnosa.
  • Sebaiknya tidak diberikan pada wanita hamil dan menyusui kecuali apabila penggunaannya memang dianggap penting.
 :: Interaksi Obat ::
  • Omeprazole dapat meningkatkan konsentrasi plasma dari diazepam, phenytoin dan warfarin, obat-obatan yang dimetabolisme dengan cara oksidasi di hati. Oleh karena itu penderita yang menerima pengobatan dengan obat-obat tersebut bersama dengan Omeprazole perlu dimonitoring untuk menyesuaikan dosisnya.
  • Tidak ditemukan interaksi dengan propanolol atau teofilin, tetapi mungkin dapat terjadi interaksi dengan obat-obat lain yang juga dimetabolisme melalui sistem enzim sitokrom P 450.
  • Tidak ditemukan interaksi dengan antasida.
 :: Dosis Dan Cara Penggunaan ::
Dewasa:
  • Penderita dengan refluks oesophagitis: 20 – 40 mg satu kali sehari untuk 4 – 8 minggu, selanjutnya untuk dosis pemeliharaan 20 mg satu kali sehari.
  • Penderita dengan ulkus duodenal dan ulkus gaster: 20 mg satu kali sehari atau 40 mg satu kali sehari untuk kasus berat. Digunakan selama 2 – 4 minggu untuk penderita dengan ulkus duodenal dan selama 4 – 8 minggu untuk penderita dengan ulkus gaster.
  • Penderita dengan sindroma Zollinger – Ellison:
    Dosis awal: 60 mg satu kali sehari.
  • Pada penderita dengan penyakit berat memerlukan dosis:
    20 – 120 mg sehari.
    Untuk dosis lebih dari 80 mg perhari diberikan 2 kali sehari.

Anak-anak:
Belum ada pengalaman penggunaannya pada anak-anak.
Penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal dan hati tidak diperlukan dosis khusus, sedangkan pada penderita lanjut usia tidak diperlukan penyesuaian dosis.
Obat harus langsung ditelan dengan air.
Isi kapsul jangan dikunyah atau digerus.

 :: Kemasan ::
Dus, isi 5 strip @ 6 kapsul
No. Reg.: DKL 9615609501 A1
 :: Cara Penyimpanan ::
Simpan di tempat sejuk (15-25) ºC, kering dan terlindung dari cahaya