Obat Gosok Tritupain Semprot

Farmasi-id.com > Balsem, Minyak Urut / Minyak Pijat > Obat Gosok Tritupain Semprot

By | 14/07/2019

Kandungan dan Komposisi Obat Gosok Tritupain Semprot

  • Sanguis Draconis Calamus 5 ml
  • Carthami Tinctorii Floss 8.5 ml
  • Panax Pseudoginseng Radix 6.5 ml
  • Alkohol 35 ml

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Membantu mengurangi memar, membantu meredakan sakit otot pinggang dan terkilir.

Perhatian

Tutup botol dengan kuat (ketat) dan jauhkan dari api, jangan disapukan jika kulit ada luka.

Dosis dan Aturan Pakai

Semprot pada tempat yang sakit dan biarkan Pijit secara lembut dengan arah berputar. Ulang bila perlu.

Kemasan dan Sediaan

Dus, botol kaca & plastik 30 ml & 55 ml

Cara Penyimpanan

Jauhkan dari api.

Izin BPOM

TR173606191

Harga

Rp 42.000/dus, botol plastik 55 ml

Produsen

CV. Santeri

Sekilas Tentang Alcohol (Ethanol)

Alkohol dalam berbagai bentuknya merupakan suatu zat yang memiliki sifat antiseptik, disinfektan, dan antidot. Alkohol memiliki banyak bentuk yang digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda. Pada pembahasan ini kita batasi alkohol dalam bentuk alkohol, n-butanol, dan ethanol. Alkohol dapat diaplikasikan pada kulit sebagai disinfektan kulit sebelum injeksi dan sebelum pembedahan pada operasi. Alkohol dalam bentuk ethanol (suatu komposisi kimia alkohol sederhana) secara intravena digunakan untuk perawatan toksisitas methanol atau toksisitas ethylene glycol saat fomepizole tidak tersedia. Efek toksik dari glycol dapat terkristalisasi pada ginjal dan menyebabkan efek yang sangat serius. Diperkirakan alkohol mulai digunakan sebagai antiseptik pada sekira tahun 1363 namun kemungkinan jauh lebih awal dari itu. Alkohol umumnya dihasilkan dari fermentasi ragi, gula, dan pati pada buah-buahan seperti anggur, kaktus, tebu, gandum, dan sebagainya.

Alkohol dalam bentuk n-butanol (produk minor hasil fermentasi gula) dalam jumlah kecil digunakan dalam industri makanan dan miuman sebagai pelarut dan pengaroma. Alkohol berupa ethanol (alkohol yang secara alami diproduksi oleh fermentasi gula oleh ragi) memiliki sifat memabukkan biasanya dijumpai pada produk-produk minuman keras seperti bir, wine, dan sejenisnya. Efek samping yang biasa terjadi saat seseorang mengonsumsi alkohol adalah pusing, mual, dan muntah. Alkoho dapat bersifat adiktif, menyebabkan alkoholisme, dan ketergantungan serta menimbulkan efek penarikan. Mengonsumsi alkohol dalam jangka lama dapat menyebabkan kerusakan hati kerusakan otak, dan berisiko menyebabkan kanker. Kebanyakan efek tadi ditimbulkan jika mengonsumsinya dalam dosis besar dan frekuensi sering. Namun kemungkinan efek samping itu bisa saja terjadi pada penggunaan dosis ringan dan moderat. Alkohol pada bir bekerja dengan meningkatkan efek neurotransmiter yang disebut γ-aminobutyric acid atau GABA. GABA adalah inhibitor major neurotransmiter pada otak dan dengan memfasilitasi aksinya, alkohol dapat menekan aktifitas sistem saraf pusat. Alkohol juga secara langsung berefek pada sistem neurotransmiter lainnya termasuk glutamate, glycine, acetylcholine, dan serotonin. Hasilnya akan terjadi peningkatan kadar dopamin dan opioid endogen pada otak.

Pada industri farmasi, alkohol digunakan sebagai pelarut atau media "transportasi" pada berbagai jenis obat baik obat bebas maupun obat resep. Selain itu ia juga digunakan sebagai pengawet produk farmasi.

Sekilas Tentang Panax Notoginseng (Ginseng Tienchi)

Panax notoginseng, juga dikenal sebagai pseudoginseng, merupakan tanaman genus Panax, bersama dengan Panax ginseng. Tanaman ini adalah anggota dari keluarga Apiales dan tumbuh di Cina dan Jepang. Akar tanaman Panax notoginseng telah digunakan dalam pengobatan Cina selama berabad-abad untuk menghentikan pendarahan dan meningkatkan aliran darah.

Panax notoginseng tidak sama dengan Panax ginseng. Tanaman ini beberapa kandungan kimianya sama, dikenal sebagai saponin, tapi ada juga yang berbeda, sehingga manfaatnya juga berbeda.

Panax ginseng, atau ginseng, dianggap sebagai adaptogen yang membantu tubuh menangani lingkungan stres. Hal ini juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kognisi. Sedangkan Panax notoginseng tidak dianggap sebagai adaptogen. Hal ini terkait dengan efek yang berbeda, seperti komponen hemostatik. Bagi mereka yang ingin menggunakan Panax notoginseng harus mengetahui kinerja dari produk itu dan jenis risiko terkait dengan penggunaannya. Secara umum Panax Notoginseng memiliki metode kerja antara lain:




  1. Berperan sebagai hemostatik.

  2. Memperlancar sirkulasi darah.

  3. Mengandung saponin steroid & triterpenoids.


Penggunaan Panax Notoginseng Ekstrak

Panax notoginseng digunakan untuk beberapa tujuan yang berbeda dalam pengobatan tradisional Tionghoa (TCM) Ketika digunakan sebagai suplemen oral seperti untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghentikan atau memperlambat pendarahan akibat efek stik hemostatik. Produk ini telah digunakan untuk menghentikan perdarahan yang terjadi menyertai batuk, muntah, urin, mimisan dan gangguan pendarahan.

Panax notoginseng juga memiliki kegunaan lain obat ketika diambil secara oral, seperti menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah darah, menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Produk ini juga telah digunakan untuk pusing, sakit tenggorokan dan stroke iskemik akut. Beberapa produk Panax notoginseng juga mengklaim bahwa bahan ini membantu menurunkan berat badan meningkatkan kualitas tidur. Ada juga bentuk topikal Panax notoginseng, yang diterapkan pada kulit. Biasanya digunakan untuk menghentikan pendarahan pada luka.

Menurut penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, glikosida flavonol, yang berasal dari akar Panax notoginseng, mungkin berguna untuk pengembangan obat-obatan farmasi untuk mencegah atau mengelola penyakit Alzheimer. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi klaim-klaim ini.

Sekilas Tentang Carthamus Tinctorius / Carthami Flos (Kesumba)

Carthamus tinctorius L./carthami flos (kesumba) adalah suatu tumbuhan yang memiliki ciri dapat tumbuh hingga 150 cm dengan kelopak bunga berbentuk bulat berwarna kuning, jingga, atau merah dengan jumlah biji pada bunga berkisar 15 hingga 20 biji. Biasanya dalam satu cabang bisa memiliki satu hingga lima bunga. Kesumba memiliki akar tunjang dan dapat tumbuh pada daerah yang relatif gersang dengan hujan musiman.

Kesumba telah lama digunakan oleh manusia, bahkan sejak jaman Mesir kuno. Jejak getah tanaman ini ditemukan pada makam raja mesir Tutankhamun. Secara tradisional tanaman ini digunakan sebagai tanaman obat, pewarna dan penyedap makanan, minyak masak, produksi margarin, teh herbal dan sebagainya.

Bagian yang biasa dimanfaatkan dari tanaman ini adalah bunga dan bijinya. Sebagai produk kesehatan, tanaman ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, anti peradangan, mengatasi kulit kering, dan sebagai sumber asam lemak yang sehat. Diyakini ia juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.