Nelicort

By | September 10, 2021 |

Produsen

Global Multi Pharmalab (GMP)

Kandungan dan Komposisi Nelicort

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Nelicort adalah:

Per mL Fludrocortisone acetate 1 mg, polymyxin B sulfate 10,000 iu, neomycin sulfate 5 mg, lidocaine HCl 40 mg.

Sekilas Tentang Neomycin Pada Nelicort
Neomycin adalah suatu obat yang masuk dalam golongan antibiotik aminoglikosida yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri gram negatif dan juga sebagian bakteri gram positif. Neomycin biasa digunakan dalam bentuk topikal seperti krim dan salep untuk diterapkan pada kulit diantaranya untuk mengobati eksim, dermatitis, dan sebagainya. Ia juga bisa digunakan secara oral yang biasanya juga dikombinasikan dengan antibiotik lain diantaranya untuk mengobati ensefalopati hepatik dan hiperkolesterolemia.

Neomycin sulfate dapat mematikan bakteri di saluran pencernaan sehingga mampu menjaga kadar amonia dalam level rendah untuk mencegah terjadinya ensefalopati hepatik. Karena cakupannya cukup luas, maka neomycin juga digunakan sebagai tetes mata. Neomycin pertama kali ditemukan pada 1949, kemudian dipatenkan setahun setelahnya dan mulai digunakan oleh dunia medis pada 1952. Neomycin bekerja dengan cara mengikat secara reversibel terhadap sub unit 30s dari ribosom bakteri sehingga menghambat sintesa protein yang pada akhirnya menghambat pertumbuhan bakteri itu.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Nelicort

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Nelicort adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Otitis eksterna akut & kronis krn mikroorganisme yang peka terhadap polimiksin & neomisin. Inflamasi pada telinga.

Dosis

4-5 tetes 2-4 x/hari.

Kontraindikasi Nelicort

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Nelicort dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Hipersensitivitas.

Perhatian Penggunaan Nelicort

Pertumbuhan berlebihan dr organisme yang tidak peka, termasuk jamur.

Efek Samping yang Mungkin Timbul

Rasa panas terbakar, gatal, iritasi, kering.

Form

Kemasan/Harga

Nelicort ear drops

10 mL x 1’s (Rp20,000/kontainer)

Produk Lainnya Dengan Kandungan Polymixin B sulphate
Produk Lainnya Dengan Kandungan Neomycine Sulfate
Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *