Mobiflex – Soho

By | November 29, 2020 | Farmasi-id.com > Health > Mobiflex – Soho

Kandungan dan Komposisi Mobiflex – Soho

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Mobiflex – Soho adalah::
MOBIFLEX®7,5
Tiap tablet mengandung:
Meloxicam …………………………………… 7,5 mg

MOBIFLEX®15
Tiap tablet mengandung:
Meloxicam …………………………………… 15 mg

FARMAKOLOGI:
Meloxicam adalah obat anti-inflamasi non-steroid dari golongan asam enolat yang mempunyai sifat anti-inflamasi, analgesik dan antipiretik pada binatang. Meloxicam menunjukkan aktivitas antiinflamasi pada semua peradangan. Mekanisme dari efek tersebut di atas adalah kemampuan meloxicam untuk menghambat biosintesa prostaglandin yang dikenal sebagai mediator peradangan. Percobaan meloxicam pada tikus yang menderita artritis menunjukkan bahwa perbandingan dosis ulserogenik terhadap dosis efektif anti-inflamasinya besar, sehingga batas keamanan terapinya lebih baik dari obat-obat standar NSAID. Peningkatan profil keamanan ini diduga ada hubungan dengan penghambatan secara selektif pada COX-2 dahpada COX-1.
Penghambatan meloxicam yang lebih selektif pada COX-2 daripada COX-1 ditunjukkan secara in vitro pada beberapa sistem sel, yaitu makrofag marmut, sel endotel aorta sapi (untuk mencoba pada aktivitas COX-1), makrofag tikus (untuk mencoba pada aktivitas COX-2) dan enzim rekombinan manusia, Bukti yang ada menunjukkan bahwa penghambatan COX-2 menentukan efek terapi NSAID sedang penghambatan COX-1 menyebabkan efek samping di ginjal dan di lambung.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Mobiflex – Soho

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Mobiflex – Soho adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

:
Terapi simtomatik jangka pendek eksaserbasi osteoartritis akut, terapi simtomatik jangka panjang rematoid artritis (poliartritis kronik).

Kontraindikasi Mobiflex – Soho

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Mobiflex – Soho dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

:
  • Hipersensitif terhadap meloxicam
  • Diketahui sangat sensitif terhadap asam asetil salisilat atau obat-obat NSAID lainnya
  • Meloxicam jangan diberikan pada pasien yang menunjukkan gejala-gejala asma, polip di hidung, angioedema atau urtikaria bila diberikan asam asetil salisilat atau obat-obat NSAID lainnya
  • Ulkus lambung yang aktif
  • Insufisiensi hepar berat
  • Insufisiensi ginjal berat yang tidak didialisa
  • Anak-anak dan remaja yang umurnya kurang dari 15 tahun
  • Masa kehamilan atau menyusui
  • Perdarahan gastrointestinal, perdarahan pembuluh darah otak atau penyakit perdarahan lainnya,

Peringatan Penggunaan Mobiflex – Soho

:
Seperti halnya obat-obat NSAID lainnya, harus ekstra hati-hati dalam mengobati pasien yang pernah menderita penyakit gastrointestinal bagian atas dan pada pasien yang sedang diterapi dengan antikoagulan, Pemberian meloxicam harus dihentikan bila terjadi ulkus lambung atau terjadi pendarahan gastrointestinal.
Perhatian khusus harus diberikan pada pasien yang melaporkan terjadinya efek samping mukokutaneus dan dipertimbangkan untuk menghentikan pemberian meloxicam,
Obat-obat NSAID menghambat sintesa prostaglandin di ginjal yang sangat berperan dalam menunjang pemeliharaan perfusi ginjeksia. Pada pasien yang aliran darah ke ginjalnya dan volume darahnya menurun, pemberian NSAID dapat menyebabkan gagal ginjal yang akan mengalami penyembuhan bila pengobatan dengan NSAID dihentikan.
Pasien yang mempunyai resiko tinggi untuk reaksi di atas adalah pasien yang dehidrasi, pasien dengan gagal jantung kongestif, sirosis hati, sindrom nefrotik dan penyakit ginjal, termasuk pula pasien yang mendapat diuretik atau pasien yang baru saja menjalani operasi di mana cenderung terjadi hipovolemia. Pada pasien seperti di atas ini, volume diuresis dan fungsi ginjal harus dipantau secara hati-hati pada permulaan terapi. Pada kasus yang jarang, NSAID dapat menyebabkan nefritis interstisial, glomerulonefritis, nekrosis medularis ginjal, sindrom nefrofik.
Dosis meloxicam tidak boleh melebihi 7,5 mg untuk pasien dengan gagal ginjal stadium akhir yang dirawat dengan hemodialisa. Tidak diperlukan penurunan dosis pada pasien dengan gangguan ginjal ringan atau sedang (yaitu pada pasien dengan bersihan kreatinin lebih besar dari 25 ml/menit).
Seperti pada kebanyakan obat-obat NSAID, telah dilaporkan kadang-kadang terjadi peningkatan serum transaminase atau parameter lain dari fungsi hati. Pada kebanyakan kasus, peningkatan ini hanya sedikit di atas normal dan bersifat sementara, bila ketidaknormalan ini berbeda nyata dan bertahan lama, maka pemberian meloxicam harus dihentikan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Pada pasien yang lemah, toleransi terhadap efek samping berkurang, oleh karena itu pasien demikian harus diawasi secara hati-hati. Seperti halnya obat-obat NSAID lainnya, penggunaan pada orang tua harus hati-hati karena pada umumnya mereka menderita gangguan fungsi ginjal, hati atau jantung, Tidak ada studi khusus mengenai efek penggunaan meloxicam terhadap kemampuan mengendarai kendaraan dan menjalankan mesin, Tetapi bila terjadi efek samping seperti vertigo atau rasa mengantuk, maka dianjurkan untuk menghentikan aktivitas,

Masa kehamilan dan menyusui
Pernah dilaporkan bahwa pada binatang, efek yang menimbulkan kematian pada embrio adalah pada dosis yang lebih tinggi daripada dosis yang digunakan secara klinis,
Lihat kontra indikasi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Mobiflex – Soho Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan , yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Mobiflex – Soho?

Jika Anda lupa menggunakan Mobiflex – Soho, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Mobiflex – Soho Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Mobiflex – Soho?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Mobiflex – Soho yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Efek Samping Mobiflex – Soho

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Mobiflex – Soho yang mungkin terjadi adalah:

:
Efek Samping yang pernah dilaporkan dengan pemberian meloxicam dapat dilihat di bawah ini. Frekuensi yang tertera di bawah ini sesuai yang terjadi pada percobaan klinis tanpa melihat hubungan penyebabnya, Keterangan di bawah berdasarkan uji klinis yang melibatkan 3750 pasien yang mendapat terapi meloxicam dengan dosis oral tablet / kapsul per hari 7,5 mg atau 15 mg selama 18 bulan (lama terapi rata-rata adalah 127 hari).

>

Gatro-Intestinal 

Frekuensi › 1 %

Dispepsia, rasa mual, muntah, rasa sakit di perut, konstipasi, rasa kembung, diare.

Antara 0,1%-1%

Parameter fungsi hati abnormal untuk sementara (seperti meningkatnya transaminase atau bilirubin), bersendawa, esofagitis, ulkus gastroduodenal, pendarahan gastrointestinal makroskopik.

Frekuensi  ‹ 0,1%

Kolitis

Hematologi 

Frekuensi › 1%

Anemia

Antara 0,1%-1%

Gangguan sel darah, termasuk hitung jenis sel darah putih, leukopenia, dan trombositopenia, pemberian bersama-sama dengan obat mielotoksik yang paten terutama methotrexate, merupakan faktor pencetus timbulnya pansitopenia.

Dermatologi

Frekuensi › 1%

Pruritus, ruam kulit

Antara 0,1% – 1%

Stomatitis, urtikaria

Frekuensi ‹ 0,1%

Fotosensitif

Pernafasan

Frekuensi › 1 %

Pada sejumlah kecil individu, dilaporkan timbul asma akut setelah pemberian
aspirin atau obat-obat NSAID lainnya termasuk meloxicam.

Sistem susunan saraf pusat

Frekuensi › 1%

Kepala terasa ringan, pusing

Antara 0,1% – 1%

Vertigo, tinitus, perasaan mengantuk

Kardiovaskuler

Frekuensi › 1 %

Edema

Antara 0,1% – 1%

Peningkatan tekanan darah, palpitasi, muka kemerahan

Genito-urinarius

Frekuensi antara 0,1 – 1%

Parameter fungsi ginjal abnormal (meningkatnya serum kreatinin dan/ atau serum urea)

Fungsi hati

Meningkatnya transaminase dan bilirubin

Interaksi Obat Mobiflex – Soho

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Mobiflex – Soho antara lain:

:
  • Obat-obat NSAID lainnya termasuk obat salisilat dalam dosis tinggi: pemberian bersama-sama satu atau lebih obat NSAID dapat meningkatkan resiko ulkus gastro-intestinal dan perdarahan melalui kerja sinergistik
  • Obat oral anti-koagulan, ticlopidine, pemberian heparin secara sistemik, trombolitik meningkatkan resiko perdarahan. Bila pemberian bersama-sama dengan obat ini tidak dapat dihindari, maka efek antikoagulan harus dipantau secara cermat
  • Lithium: obat-obat NSAID dilaporkan dapat meningkatkan kadar plasma lithium. Oleh karena itu dianjurkan untuk memantau kadar plasma lithium sejak awal pemberian- hingga penghentian pemberian meloxicam
  • Methotrexate: seperti halnya obat-obat NSAID lainnya, meloxicam dapat meningkatkan toksisitas hematologi methotrexate. Dalam keadaan seperti ini dianjurkan pemantauan jumlah sel darah
  • Kontrasepsi: obat-obat NSAID akan menurunkan efektivitas alat KB Intra Uterin
  • Diuretik pada pasien yang dehidrasi, pengobatan dengan NSAID dapat menyebabkan insufisiensi ginjal akut. Pada pasien yang diberi meloxicam dan diuretik, harus minum yang banyak dan dipantau fungsi ginjalnya pada permulaan terapi
  • Anti-hipertensi (misalnya beta-bloker; ACE inhibitor, vasodilator, diuretik); selama pengobatan dengan NSAID, efek obat anti-hipertensi akan menurun karena obat NSAID akan menghambat prostaglandin yang mempunyai efek vasodilatasi
  • Choleslyramine akan mengikat meloxicam di saluran gastro-intestinal sehingga akan mempercepat proses eliminasi meloxicam
  • Nefrotoksisitas dari cyclosporin akan ditingkatkan oleh obat-obat NSAID melalui efek prostaglandin di ginjal. Oleh karena itu selama pemberian bersama-sama fungsi ginjal harus dimonitor
  • Secara farmakokinetik tidak terlihat adanya interaksi antara meloxicam dengan obat-obat antasida, cimetidine, digoxin dan furosemide
  • Interaksi dengan obat oral anti-diabetik tidak dapat ditiadakan


TAKARAN PEMAKAIAN:
Reumatoid artritis : 15 mg/hari. Tergantung respon terapetik, dosis dapat dikurangi hingga 7,5 mg/ hari
Osteoartritis: 7,5 mg/hari. Bila diperlukan, dosis dapat ditingkatkan hingga 15 mg/hari.
Pada pasien yang mempunyai resiko meningkatnya efek samping : Dosis awal dimulai 7,5 mg/hari
Pada pasien dialisa dengan gagal ginjal berat : Dosis tidak boleh melebihi 7,5 mg/hari
Dosis maksimum meloxicam yang dianjurkan adalah 15 mg/hari.
Karena dosis untuk anak-anak masih memerlukan penelitian lebih lanjut, maka penggunaan meloxicam dibatasi pada orang dewasa.
Tablet harus diminum dengan air atau cairan lain bersama dengan makanan.

Pemberian kombinasi:
Dosis total meloxicam per hari yang diberikan dalam bentuk kapsul ltablet tidak boleh melelbihi 15 mg.

Kelebihan Dosis:
Pada kasus kelebihan dosis harus dilakukan tindakan penqurasan lambung dan tindakan penunjang secara umum, karena tidak diketahui antidotnya. Berdasarkan studi klinis diketahui bahwa cholestyramine mempercepat eliminasi meloxicam. Kerusakan pada gastrointestinal yang berat dapat diobati dengan antasida dan antagonis reseptor-H2.

Izin, Kemasan & Sediaan Mobiflex – Soho

:
MOBIFLEX® 7,5 Dus (2 [email protected] 10 tablet ).
No. Reg. DKL 0124218010Al

MOBIFLEX® 15 Dus (2 [email protected] 10 tablet ).
No. Reg. DKL0124218010Bl

SIMPAN DI BAWAH SUHU 30°C
TERLINDUNG DARI CAHAYA

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

PT SOHO INDUSTRI PHARMASI
JAKARTA -INDONESIA

Sejarah SOHO dimulai oleh pengusaha asal Bangka Tan Tjhoen Lim yang pada tahun 1946 mendirikan suatu perusahaan bernama N.V. Ethica Handel Maatschappij yang memproduksi obat-obatan dengan sediaan injeksi. Setelah itu perusahaan ini berubah namanya menjadi PT Ethica Industri Farmasi. Perusahaan ini sekaligus menjadi perusahaan farmasi pertama ia miliki. Setelah perusahaan ini sukses, maka pada 1951, Tan Tjhoen Lim mendirikan PT Soho Industri Farmasi yang memproduksi obat-obatan herbal yang kemudian pada 1996 mulai memproduksi produk-produk obat bebas (OTC). Nama "SOHO" sendiri merupakan singkatan dari "Societas Honorabilis" yang berarti "perkumpulan orang-orang terhormat".

Usaha Tan Tjhoen Lim berkembang dengan pesat kemudian ia mendirikan lagi beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang produk dan layanan seperti PT Parit padang Global, bergerak dibidang distribusi produk obat dan alat kesehatan. Selain itu ada PT Global Harmony Retailindo yang bergerak dibidang layanan apotek, klinik, laboratorium, dan ritel. Adalagi PT Unihealth (Universal Health Network) yang bergerak dibidang penjualan langsung dan netrowk marketing untuk produk-produk suplemen, vitamin, makanan kesehatan, dan produk-produk perawatan kulit. Setelah Tan Tjhoen Lim meninggal, tongkat estafet kepemimpinan perusahaan-perusahaan ini dipegang oleh penerusnya yakni Tan Eng Liang. Karena ingin mempermudah koordinasi, maka Tan Eng Liang mendirikan SOHO Group yang menjadi group dari perusahaan-perusahaan tadi.

Saat ini Soho Group memiliki sekira 6000 karyawan dengan jumlah varian produk mencapai lebih dari 350 produk yang dipasarkan hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Myanmar, Nigeria, Brunei, Mongolia, Vietnam, Suriname, dan masih banyak lagi. Pada 1 Oktober 2013, SOHO Group resmi mengubah namanya menjadi Soho Global Health untuk menyesuaikan dinamika bisnis yang semakin berkembang.

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Health Produsen, komposisi, dan klasifikasi Mobiflex – Soho:
Tags: