Minoxidil

By | Oktober 19, 2020 | Farmasi-id.com > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Vasodilator Perifer & Aktivator Serebral > Minoxidil

Minoxidil termasuk dalam golongan vasodilator, yaitu obat yang memperlebar pembuluh darah. Meski kinerjanya belum diketahui dengan pasti, obat cair ini terbukti efektif untuk mengatasi rambut rontok akibat keturunan atau perubahan hormon. Misalnya pola kerontokan rambut pria yang dikenal dengan istilah medis alopesia androgenetik dan pola kerontokan rambut wanita.

alodokter-minoxidil

Manfaat minoxidil berbeda-beda untuk tiap pengguna. Keefektifan obat ini umumnya baru akan terlihat setelah pemakaian selama sekitar beberapa bulan. Tekstur rambut yang baru tumbuh mungkin akan lebih tipis, tapi biasanya akan berkembang seiring waktu.

Berdasarkan tingkat kandungannya, obat ini terbagi dalam dua jenis. Minoxidil 5 persen khusus untuk pria dan minoxidil 2 persen khusus untuk wanita.

Tentang Minoxidil

Jenis obatVasodilatorGolonganObat resepManfaatMencegah dan mengatasi rambut rontokDikonsumsi olehDewasaBentuk obatObat cair untuk dioles

Minoxidil tersedia dalam berbagai merek dan sebaiknya hanya digunakan oleh orang berusia 18-65 tahun.

Peringatan:

  • Wanita hamil dan menyusui sebaiknya menghindari penggunaan minoxidil
  • Penggunaan minoxidil hanya khusus untuk kulit kepala. Jangan memakainya pada bagian lain pada tubuh
  • Jangan menutup kulit kepala yang sudah diolesi minoxidil dengan perban atau plester
  • Hentikan pemakaian dan hubungi dokter jika tidak ada perubahan yang berarti setelah menggunakan minoxidil selama satu tahun
  • Harap berhati-hati jika menderita penyakit kulit yang dapat memengaruhi kondisi kulit kepala, seperti psoriasis, penyakit jantung, hipertensi, gangguan hati, gangguan ginjal, atau menggunakan obat kulit lain
  • Jauhkan kemasan dari api karena obat ini mudah terbakar
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter

Dosis dan Aturan Pakai Minoxidil

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Minoxidil:

Minoxidil:

Dosis minoxidil yang diberikan tergantung pada jenis kelamin pasien, tingkat kandungan minoxidil, serta riwayat kesehatan pasien. Batas usia untuk pengguna obat ini umumnya adalah 18-65 tahun.

Takaran umum untuk minoxidil adalah 1 ml dengan frekuensi penggunaan dua kali sehari. Batas maksimal pemakaiannya adalah 2 ml dalam sehari.

Keefektifan minoxidil 2 persen yang digunakan oleh pasien wanita akan terlihat setelah penggunaan sekitar empat bulan atau lebih. Sedangkan minoxidil 5 persen untuk pasien pria akan menunjukkan manfaatnya setelah digunakan selama dua bulan atau lebih.

Mengonsumsi Minoxidil dengan Benar

Gunakanlah minoxidil sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan. Beberapa langkah penggunaan berikut ini mungkin dapat berguna.

  • Pastikan kulit kepala Anda dan rambut Anda kering sebelum menggunakan minoxidil
  • Oleskan dosis minoxidil sesuai anjuran dokter pada kulit kepala yang botak mulai dari bagian tengah
  • Jangan keramas setidaknya selama empat jam setelah menggunakan minoxidil
  • Hindari penggunaan hairdryer pada bagian kulit kepala yang diolesi minoxidil
  • Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah mengoleskan minoxidil

Pastikan bahwa kulit kepala Anda sehat dan normal sebelum menggunakan minoxidil. Jika digunakan saat kulit kepala mengalami iritasi atau terbakar matahari, obat ini dapat terserap tubuh dan menyebabkan efek sampuling. Minoxidil juga hanya boleh digunakan untuk menangani rambut rontok akibat perubahan hormon atau keturunan.

Minoxidil harus digunakan secara terus-menerus untuk memertahankan rambut yang sudah tumbuh. Jika Anda berhenti memakainya, helai-helai rambut tersebut akan kembali rontok dalam beberapa bulan.

Bagi pasien yang lupa menggunakan minoxidil, disarankan segera menggunakannya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis minoxidil pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Minoxidil

Tiap obat pasti memiliki efek sampuling, termasuk minoxidil. Beberapa efek samping yang dapat terjadi saat menggunakan minoxidil adalah:

  • Iritasi, sensasi terbakar, gatal-gatal, atau kemerahan pada bagian kulit kepala yang diobati
  • Sakit kepala
  • Pertumbuhan rambut di bagian lain tubuh
  • Rambut rontok pada awal penggunaan(sekitar 2-6 minggu)

Segera hentikan penggunaan minoxidil dan hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping yang serius, seperti detak jantung yang cepat, dada terasa sakit, pingsan, kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas, serta pembengkakan pada tangan atau kaki.

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Minoxidil Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Minoxidil, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Minoxidil?

Jika Anda lupa menggunakan Minoxidil, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Minoxidil Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Minoxidil?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Minoxidil yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2020, 16 Oktober). Minoxidil. Diakses pada 21 Oktober 2020, dari https://www.farmasi-id.com/minoxidil/


Format MLA (Modern Language Association)

"Minoxidil". Farmasi-id.com. 16 Oktober 2020. 21 Oktober 2020. https://www.farmasi-id.com/minoxidil/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Minoxidil", 16 Oktober 2020, <https://www.farmasi-id.com/minoxidil/> [Diakses pada 21 Oktober 2020]


Bagikan ke Rekan Anda
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *