Minowell


Apa Nama Perusahaan Produsen Minowell?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Minowell:

Novell Pharma

Apa Kandungan dan Komposisi Minowell?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Minowell adalah:

Per sachet Histidine 120 mg, arginine 250 mg, cysteine 150 mg, glutamic acid 10 mg, L-carnitine 250 mg,vitamin B1 50 mg,vitamin B6 50 mg,vitamin B12 100 mcg,vitamin E 20 mg, selenium 10 mcg.

Sekilas Tentang Selenium Pada Minowell

  • Membantu fungsi kognitif otak

  • Membantu sistem kekebalan tubuh

  • Penting bagi metabolisme hormon tiroid dan sintesis DNA

  • Mengurangi peradangan dan mencegah penggumpalan darah

  • Menekan jumlah virus HIV dalam darah penderitanya

Sumber: kacang brazil, udang, kepiting, salmon, beras merah, telur, ayam, bawang putih, bayam, jamur shitake.

Sekilas Tentang Vitamin B12 Pada Minowell

  • Berperan dalam produksi energi

  • Menjaga kinerja sistem saraf

  • Menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut

  • Menghindarkan risiko penyakit jantung

  • Menghindarkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah terjadinya stroke dan tekanan darah tinggi

  • Menormalkan sistem metabolisme dalam tubuh

  • Berperan dalam produksi DNA dan RNA

  • Menjaga kesehatan mata

  • Menambah nafsu makan

Sumber: ikan haring, ikan tuna, kepiting, ikan sarden, caviar, kerang, ikan salmon, daging sapi, daging kambing, ikan kod, keju, telur, daging ayam.

Sekilas Tentang L-carnitine (Levocarnitine) Pada Minowell
L-carnitine, juga dikenal sebagai carnitine atau levocarnitine, adalah senyawa amonium kuaterner yang dibiosintesis dari asam amino lisin dan metionin. Ini membantu dalam konsumsi dan pembuangan lemak dalam tubuh karena bertanggung jawab untuk pengangkutan asam lemak dari sitosol ke mitokondria. Hal ini sering dijual sebagai suplemen gizi. Karnitin awalnya ditemukan sebagai faktor pertumbuhan ulat tepung dan diberi label vitamin Bt. Karnitin alami adalah L-stereoisomer.

Produksi

Karnitin dibiosintesis di dalam tubuh dari asam amino lisin atau metionin terutama di hati dan ginjal. Vitamin C (asam askorbat) sangat penting untuk sintesis karnitin. Telah berspekulasi bahwa selama pertumbuhan atau kehamilan kebutuhan karnitin dapat melebihi produksi alaminya.

Peran dalam metabolisme asam lemak

Karnitin mengangkut gugus asil rantai panjang dari asam lemak ke dalam matriks mitokondria, sehingga dapat dipecah melalui beta-oksidasi menjadi asetat untuk mendapatkan energi yang dapat digunakan melalui siklus asam sitrat. Pada beberapa organisme seperti jamur, asetat digunakan dalam siklus glioksilat untuk glukoneogenesis dan pembentukan karbohidrat. Asam lemak harus diaktifkan sebelum mengikat molekul karnitin untuk membentuk asil-karnitin. Asam lemak bebas dalam sitosol terikat dengan ikatan tioester pada koenzim A (CoA). Reaksi ini dikatalisis oleh enzim asil-KoA sintetase lemak dan didorong hingga selesai oleh pirofosfatase anorganik.

Gugus asil pada CoA sekarang dapat ditransfer ke karnitin dan asil-karnitin yang dihasilkan diangkut ke dalam matriks mitokondria. Ini terjadi melalui serangkaian langkah serupa:

  • Asil-KoA terkonjugasi menjadi karnitin oleh karnitin asiltransferase I (palmitoiltransferase) yang terletak di membran luar mitokondria

  • Asil-karnitin diangkut ke dalam oleh translocase karnitin-asilkarnitin

  • Asil-karnitin diubah menjadi asil-KoA oleh karnitin asiltransferase II (palmitoiltransferase) yang terletak di membran mitokondria bagian dalam. Karnitin yang dibebaskan kembali ke sitosol.


Disfungsi proses ini menyebabkan kelainan genetik defisiensi karnitin primer, defisiensi karnitin palmitoiltransferase I, defisiensi karnitin palmitoiltransferase II, dan defisiensi translokase karnitin-asilkarnitin.

Karnitin asiltransferase I mengalami penghambatan alosterik sebagai akibat dari malonil-KoA, zat antara dalam biosintesis asam lemak, untuk mencegah siklus yang sia-sia antara oksidasi beta dan sintesis asam lemak.

Sumber alami

Konsentrasi tertinggi karnitin ditemukan dalam daging merah dan produk susu. Sumber alami lain dari karnitin termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian (misalnya labu, bunga matahari, wijen), kacang-kacangan atau kacang-kacangan (kacang polong, kacang polong, lentil, kacang tanah), sayuran (artichoke, asparagus, bit hijau, brokoli, kubis brussel, collard hijau, bawang putih, sawi, okra, peterseli), buah-buahan (aprikot, pisang), sereal (gandum, jagung, millet, oatmeal, dedak padi, gandum hitam, gandum utuh, dedak gandum, bibit gandum) dan makanan 'kesehatan' lainnya (bee pollen, bir ragi, carob, dan kangkung).








































Product Quantity Carnitine
Beef Steak 3.5 oz 95 mg
Ground Beef 3.5 oz 94 mg
Pork 3.5 oz 27.7 mg
Bacon 3.5 oz 23.3 mg
Cod Fish 3.5 oz  5.6 mg
Chicken Breast 3.5 oz  3.9 mg
American Cheese 3.5 oz  3.7 mg
Ice Cream 3.5 fl oz  3.7 mg
Whole Milk 3.5 fl oz  3.3 mg
Cottage Cheese 3.5 fl oz  1.1 mg
Whole Wheat Bread 3.5 oz  0.36 mg
Asparagus 3.5 oz  0.195 mg
White Bread 3.5 oz  0.147 mg
Macaroni 3.5 oz  0.126 mg
Peanut Butter 3.5 oz  0.083 mg
Rice (cooked) 3.5 oz  0.0449 mg
Eggs 3.5 oz  0.0121 mg
Orange Juice 3.5 fl oz  0.0019 mg


Sumber lain

Sumber lain dapat ditemukan di vitamin yang dijual bebas, minuman energi dan berbagai produk lainnya. Produk yang mengandung L-carnitine tidak dapat dipasarkan sebagai "produk kesehatan alami" di Kanada. Produk dan suplemen L-Carnitine tidak diperbolehkan untuk diimpor ke Kanada (Health Canada).

Efek pada diabetes

L-Carnitine meningkatkan pembuangan glukosa di antara 15 pasien dengan diabetes tipe II dan 20 sukarelawan sehat. Penyimpanan glukosa meningkat antara kedua kelompok, tetapi oksidasi glukosa meningkat hanya pada kelompok diabetes. Akhirnya, penyerapan glukosa meningkat sekitar 8% untuk keduanya.
Sekilas Tentang Histidine Pada Minowell
Histidine adalah salah satu dari 20 asam amino alami paling umum yang ada dalam protein. Dalam pengertian nutrisi, pada manusia, histidin dianggap sebagai asam amino esensial, tetapi kebanyakan hanya pada anak-anak. Kodonnya adalah CAU dan CAC.

Histidin pertama kali diisolasi pada tahun 1896 oleh dokter Jerman Albrecht Kossel.

Sifat kimia

Rantai samping imidazol dan pKa histidin yang relatif netral (ca 6,0) berarti bahwa perubahan pH seluler yang relatif kecil akan mengubah muatannya. Untuk alasan ini, rantai samping asam amino ini banyak digunakan sebagai ligan koordinasi dalam metaloprotein, dan juga sebagai situs katalitik pada enzim tertentu. Rantai samping imidazol memiliki dua nitrogen dengan sifat yang berbeda: Satu terikat pada hidrogen dan menyumbangkan pasangan elektron bebasnya ke cincin aromatik dan dengan demikian sedikit asam, sedangkan yang lain hanya menyumbangkan satu pasangan elektron ke cincin sehingga memiliki elektron bebas bebas. berpasangan dan bersifat dasar. Sifat-sifat ini dieksploitasi dengan cara yang berbeda dalam protein.

Dalam triad katalitik, nitrogen dasar histidin digunakan untuk mengabstraksi proton dari serin, treonin atau sistein untuk mengaktifkannya sebagai nukleofil. Dalam antar-jemput proton histidin, histidin digunakan untuk memindahkan proton dengan cepat, ini dapat dilakukan dengan mengabstraksi proton dengan nitrogen dasarnya untuk membuat zat antara bermuatan positif dan kemudian menggunakan molekul lain, penyangga, untuk mengekstrak proton dari nitrogen asamnya. . Dalam karbonat anhidrase, antar-jemput proton histidin digunakan untuk memindahkan proton dengan cepat menjauh dari molekul air yang terikat seng untuk dengan cepat meregenerasi bentuk aktif enzim.

Karena afinitas histidin terhadap ion logam, peneliti akan sering menambahkan tag polihistidin ke protein yang diinginkan. Afinitas logam kemudian dapat digunakan untuk memurnikan, mendeteksi, atau melumpuhkan protein yang akan dipelajari.

Metabolisme

Asam amino adalah prekursor untuk biosintesis histamin dan carnosine. Enzim histidin amonia-liase mengubah histidin menjadi amonia dan asam urokanat. Defisiensi enzim ini terdapat pada kelainan metabolik yang jarang terjadi histidinemia.
Sekilas Tentang Thiamine Hydrochloride (Vitamin B1) Pada Minowell
Thiamine hydrochloride atau vitamin B1 adalah suatu vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit seperti beri-beri, optik neuropati, sindrom Wernicke-Korsakoff, dan sebagainya. Vitamin B1 banyak dijumpai pada bahan makanan seperti biji-bijian, polong-polongan, daging, dan ikan. Pemberian vitamin B1 bisa dilakukan melalui mulut, injeksi intravena, dan injeksi intramuskular.

Berikut beberapa manfaat thiamine hydrochloride (vitamin B1):

  • Mencegah terjadinya beri-beri

  • Mencegah terjadinya kerusakan saraf di luar otak (neuritis periferal)

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

  • Meningkatkan nafsu makan

  • Mencegah perburukan komplikasi ginjal pada penderita Diabetes tipe 2

  • Mencegah katarak

Thiamine hydrochloride pertama kali ditemukan pada tahun 1897 dan pertama kali dibuat versi artifisialnya pada 1936. Thiamine hydrochloride dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan keamanan penggunaannya pada wanita hamil oleh FDA dimasukkan dalam kategori A.

Sumber: daging,telur,kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan lentil, gandum (sereal, roti, dan pasta), nasi, kembang kol, jeruk, dan kentang.

Sekilas Tentang Cyanocobalamin (Vitamin B12) Pada Minowell

  • Berperan dalam produksi energi

  • Menjaga kinerja sistem saraf

  • Menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut

  • Menghindarkan risiko penyakit jantung

  • Menghindarkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah terjadinya stroke dan tekanan darah tinggi

  • Menormalkan sistem metabolisme dalam tubuh

  • Berperan dalam produksi DNA dan RNA

  • Menjaga kesehatan mata

  • Menambah nafsu makan

Sumber: ikan haring, ikan tuna, kepiting, ikan sarden, caviar, kerang, ikan salmon, daging sapi, daging kambing, ikan kod, keju, telur, daging ayam.
Sekilas Tentang Glutamic Acid (Asam Glutamat) Pada Minowell
Glutamic acid (asam glutamat, disingkat Glu atau E; Glx atau Z) mewakili asam glutamat atau glutamat), adalah salah satu dari 20 asam amino proteinogenik. Ini bukan salah satu asam amino esensial manusia. Kodonnya adalah GAA dan GAG. Anion karboksilat dari asam glutamat dikenal sebagai glutamat.

Seperti namanya, asam glutamat memiliki komponen asam karboksilat pada rantai sampingnya. Pada pH yang khas, gugus amino terprotonasi dan salah satu atau kedua gugus karboksilat akan terionisasi. Pada pH netral ketiga kelompok terionisasi, dan spesies memiliki muatan -1. Nilai pKa untuk asam glutamat adalah 4,1, yang berarti bahwa di bawah pH ini, gugus asam karboksilat tidak terionisasi di lebih dari setengah molekul.

Kegunaan

Dalam metabolisme

Glutamat adalah molekul kunci dalam metabolisme sel. Pada manusia, protein makanan dipecah oleh pencernaan menjadi asam amino, yang berfungsi sebagai bahan bakar metabolisme untuk peran fungsional lainnya dalam tubuh. Proses kunci dalam degradasi asam amino adalah transaminasi, di mana gugus amino dari asam amino ditransfer ke asam -keto, biasanya dikatalisis oleh transaminase. Reaksi tersebut dapat digeneralisasikan sebagai berikut:

R1-asam amino + R2-α-ketoasam R1-α-ketoasam + R2-asam amino

Asam -keto yang sangat umum adalah -ketoglutarat, zat antara dalam siklus asam sitrat. Transaminasi -ketoglutarat menghasilkan glutamat. Produk asam -keto yang dihasilkan seringkali berguna juga, yang dapat berkontribusi sebagai bahan bakar atau sebagai substrat untuk proses metabolisme lebih lanjut. Contohnya adalah sebagai berikut:

alanin + -ketoglutarat piruvat + glutamat
aspartat + -ketoglutarat oksaloasetat + glutamat

Baik piruvat dan oksaloasetat adalah komponen kunci dari metabolisme seluler, berkontribusi sebagai substrat atau zat antara dalam proses mendasar seperti glikolisis, glukoneogenesis, dan juga siklus asam sitrat.

Glutamat juga memainkan peran penting dalam pembuangan tubuh kelebihan atau limbah nitrogen. Glutamat mengalami deaminasi, suatu reaksi oksidatif yang dikatalisis oleh glutamat dehidrogenase, sebagai berikut:

glutamat + air + NADP+ → -ketoglutarat + NADPH + amonia + H+

Amonia (sebagai amonium) kemudian diekskresikan terutama sebagai urea, disintesis di hati. Transaminasi dengan demikian dapat dikaitkan dengan deaminasi, secara efektif memungkinkan nitrogen dari gugus amina asam amino dihilangkan, melalui glutamat sebagai perantara, dan akhirnya dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urea.

Sebagai neurotransmitter

Glutamat adalah neurotransmiter rangsang cepat yang paling melimpah di sistem saraf mamalia. Pada sinapsis kimia, glutamat disimpan dalam vesikel. Impuls saraf memicu pelepasan glutamat dari sel pra-sinaptik. Dalam sel pasca-sinaptik yang berlawanan, reseptor glutamat, seperti reseptor NMDA, mengikat glutamat dan diaktifkan. Karena perannya dalam plastisitas sinaptik, diyakini bahwa asam glutamat terlibat dalam fungsi kognitif seperti pembelajaran dan memori di otak.

Transporter glutamat ditemukan di membran neuronal dan glial. Mereka dengan cepat menghilangkan glutamat dari ruang ekstraseluler. Pada cedera atau penyakit otak, mereka dapat bekerja secara terbalik dan kelebihan glutamat dapat menumpuk di luar sel. Proses ini menyebabkan ion kalsium memasuki sel melalui saluran reseptor NMDA, yang menyebabkan kerusakan saraf dan akhirnya kematian sel, dan disebut eksitotoksisitas. Mekanisme kematian sel meliputi:

  • Kerusakan mitokondria akibat Ca2+ intraseluler yang terlalu tinggi;

  • Promosi faktor transkripsi yang dimediasi Glu/Ca2+ untuk gen pro-apoptosis, atau penurunan regulasi faktor transkripsi untuk gen anti-apoptosis.


Excitotoxicity karena glutamat terjadi sebagai bagian dari kaskade iskemik dan berhubungan dengan stroke dan penyakit seperti amyotrophic lateral sclerosis, lathyrism, dan penyakit Alzheimer.

Asam glutamat telah terlibat dalam serangan epilepsi. Injeksi mikro asam glutamat ke dalam neuron menghasilkan depolarisasi spontan sekitar satu detik terpisah, dan pola penembakan ini mirip dengan apa yang dikenal sebagai pergeseran depolarisasi paroksismal pada serangan epilepsi. Perubahan potensial membran istirahat pada fokus kejang dapat menyebabkan pembukaan spontan saluran kalsium yang diaktifkan tegangan, yang menyebabkan pelepasan asam glutamat dan depolarisasi lebih lanjut.

Teknik eksperimental untuk mendeteksi glutamat dalam sel utuh termasuk menggunakan nanosensor rekayasa genetika. Sensor adalah perpaduan dari protein pengikat glutamat dan dua protein fluoresen. Ketika glutamat mengikat, fluoresensi sensor di bawah sinar ultraviolet berubah oleh resonansi antara dua fluorofor. Pengenalan nanosensor ke dalam sel memungkinkan deteksi optik konsentrasi glutamat. Analog sintetik asam glutamat yang dapat diaktifkan oleh sinar ultraviolet juga telah dijelaskan. Metode pelepasan selubung yang cepat dengan fotostimulasi ini berguna untuk memetakan hubungan antar neuron, dan memahami fungsi sinaps.

Pensinyalan glutamatergik nonsinaptik pada otak

Glutamat ekstraseluler di otak Drosophila telah ditemukan mengatur pengelompokan reseptor glutamat pascasinaps, melalui proses yang melibatkan desensitisasi reseptor. Sebuah gen yang diekspresikan dalam sel glial secara aktif mengangkut glutamat ke dalam ruang ekstraseluler, sementara di nukleus accumbens yang merangsang reseptor glutamat metabotropik kelompok II ditemukan untuk mengurangi kadar glutamat ekstraseluler. Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa glutamat ekstraseluler ini memainkan peran "seperti endokrin" sebagai bagian dari sistem homeostatik yang lebih besar.

Prekursor GABA

Asam glutamat juga berfungsi sebagai prekursor untuk sintesis penghambatan GABA di neuron GABA-ergic. Reaksi ini dikatalisis oleh GAD, asam glutamat dekarboksilase, yang paling melimpah di otak kecil dan pankreas.

Stiff-man syndrome adalah gangguan neurologis yang disebabkan oleh antibodi anti-GAD, yang menyebabkan penurunan sintesis GABA dan oleh karena itu, gangguan fungsi motorik seperti kekakuan dan kejang otot. Karena pankreas juga berlimpah untuk enzim GAD, kerusakan imunologis langsung terjadi di pankreas dan pasien akan menderita diabetes mellitus.

Sumber dan penyerapan

Asam glutamat hadir dalam berbagai macam makanan dan bertanggung jawab atas salah satu dari lima rasa dasar indera perasa manusia (umami), terutama dalam bentuk fisiologisnya, garam natrium glutamat pada pH netral. Sembilan puluh lima persen dari glutamat makanan dimetabolisme oleh sel-sel usus pada lintasan pertama .

Secara keseluruhan, asam glutamat adalah kontributor tunggal terbesar energi usus. Sebagai sumber umami, garam natrium dari asam glutamat, monosodium glutamat (MSG) digunakan sebagai aditif makanan untuk meningkatkan rasa makanan, meskipun efek yang sama dapat dicapai dengan mencampur dan memasak bersama bahan-bahan berbeda yang kaya akan asam amino ini. dan zat umami lainnya juga.

Sumber MSG lainnya adalah buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan yang telah disemprot dengan Auxigro. Auxigro adalah penambah pertumbuhan yang mengandung 30% asam glutamat.

Fufeng Group Limited yang berbasis di Cina adalah produsen Asam Glutamat terbesar di dunia, dengan kapasitas meningkat menjadi 300.000 ton pada akhir tahun 2006 dari 180.000 ton selama tahun 2006, menempatkan mereka di 25 - 30% dari pasar Cina. Meihua adalah produsen Cina terbesar kedua. Bersama-sama, lima produsen teratas memiliki sekitar 50% saham di China. Permintaan China kira-kira 1,1 juta ton per tahun, sedangkan permintaan global, termasuk China, adalah 1,7 juta ton per tahun.

Farmakologi

Obat phencyclidine (lebih dikenal sebagai PCP) memusuhi asam glutamat secara non-kompetitif pada reseptor NMDA. Untuk alasan yang sama, dosis sub-anestesi Ketamine memiliki efek disosiatif dan halusinogen yang kuat. Glutamat tidak mudah melewati sawar darah otak, tetapi transpor ini dimediasi oleh sistem transpor afinitas tinggi. Itu juga dapat diubah menjadi glutamin.
Sekilas Tentang Vitamin E Pada Minowell

  • Mencegah rambut rontok

  • Melancarkan peredaran darah di kulit kepala

  • Menyeimbangkan produksi sebum

  • Menjaga kadar hormon

  • Mengurangi efek samping obat-obatan

  • Mengatasi diabetes

  • Memperbaiki kualitas sperma

  • Mencegah kulit terbakar

  • Menjaga kesehatan kuku

  • Mengatasi garis-garis halus dan kerutan

Sumber: kuning telur, tahu, bayam, kacang tanah, kedelai, almond, alpukat, udang, labu, brokoli, dan minyak biji bunga matahari.

Sekilas Tentang Pyridoxine Hydrochloride (Vitamin B6) Pada Minowell

  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, hingga gagal jantung

  • Meningkatkan serta menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

  • Mengurangi risiko terjadinya insomnia atau kesulitan tidur

  • Menghilangkan kecemasan pada kondisi pra menstruasi

  • Mengurangi depresi

  • Menurunkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah gangguan pencernaan

  • Mengatur keseimbangan gula darah

  • Menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

  • Melancarkan proses metabolisme dalam tubuh

Sumber: ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, alpukat, pepaya, pisang.

Sekilas Tentang Arginine Pada Minowell
Arginine (disingkat Arg atau R) adalah suatu bentuk asam amino. Pada mamalia, arginin diklasifikasikan sebagai asam amino semi esensial atau esensial bersyarat, tergantung pada tahap perkembangan dan status kesehatan individu. Bayi tidak dapat secara efektif mensintesis arginin, sehingga nutrisi penting untuk bayi. Orang dewasa, bagaimanapun, mampu mensintesis arginin dalam siklus urea.

Arginin pertama kali diisolasi dari ekstrak bibit lupin pada tahun 1886 oleh ahli kimia Swiss Ernst Schulze.

Struktur kimia

Arginin terdiri dari rantai lurus alifatik 4-karbon, ujung distalnya dibatasi oleh gugus guanidinium kompleks. Dengan pKa 12,48, gugus guanidinium bermuatan positif dalam lingkungan netral, asam dan bahkan paling basa, dan dengan demikian memberikan sifat kimia dasar pada arginin. Karena konjugasi antara ikatan rangkap dan pasangan mandiri nitrogen, muatan positif terdelokalisasi, memungkinkan pembentukan beberapa ikatan H.

Sumber

Sumber makanan

Arginin adalah asam amino nonesensial, artinya dapat diproduksi oleh tubuh manusia, dan tidak perlu diperoleh secara langsung melalui makanan. Arginin ditemukan dalam berbagai macam makanan, termasuk:

  • Sumber hewani: produk susu (misalnya keju cottage, ricotta, susu kering tanpa lemak, yogurt skim), daging sapi, babi (misalnya bacon, ham), unggas (misalnya daging ringan ayam dan kalkun), hewan buruan (misalnya burung pegar, puyuh), makanan laut (misalnya halibut, lobster, salmon, udang, siput, tuna dalam air)

  • Sumber vegetarian: bibit gandum dan tepung, soba, granola, oatmeal, kacang-kacangan (kelapa, pecan, kacang mete, kenari, almond, kacang Brazil, kacang hazel, kacang tanah), biji-bijian (labu, wijen, bunga matahari), buncis, kedelai dimasak, cokelat

  • Lainnya: beberapa minuman energi


Biosintesis

Arginin disintesis dari citrulline oleh aksi berurutan dari enzim sitosolik argininosuccinate synthetase (ASS) dan argininosuccinate lyase (ASL). Ini sangat mahal, karena sintesis setiap molekul argininosuksinat membutuhkan hidrolisis adenosin trifosfat (ATP) menjadi adenosin monofosfat (AMP); yaitu, dua setara ATP.

Citrulline dapat berasal dari berbagai sumber:

  • dari arginin melalui nitric oxide synthase (NOS);

  • dari ornitin melalui katabolisme prolin atau glutamin/glutamat;

  • dari dimethylarginine asimetris (ADMA) melalui DDAH.


Jalur yang menghubungkan arginin, glutamin, dan prolin adalah dua arah. Dengan demikian, pemanfaatan bersih atau produksi asam amino ini sangat tergantung pada jenis sel dan tahap perkembangan.

Di seluruh tubuh, sintesis arginin terjadi terutama melalui sumbu usus-ginjal, di mana sel-sel epitel usus kecil, yang menghasilkan citrulline terutama dari glutamin dan glutamat, berkolaborasi dengan sel tubulus proksimal ginjal, yang mengekstraksi citrulline dari sirkulasi dan mengubahnya menjadi arginin, yang dikembalikan ke sirkulasi. Akibatnya, gangguan fungsi usus kecil atau ginjal dapat mengurangi sintesis arginin endogen, sehingga meningkatkan kebutuhan diet.

Sintesis arginin dari citrulline juga terjadi pada tingkat yang rendah di banyak sel lain, dan kapasitas seluler untuk sintesis arginin dapat meningkat secara nyata dalam keadaan yang juga menginduksi iNOS. Jadi, citrulline, produk sampingan dari reaksi katalis NOS, dapat didaur ulang menjadi arginin dalam jalur yang dikenal sebagai jalur citrulline-NO atau arginine-citrulline. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa dalam banyak jenis sel, citrulline dapat menggantikan arginin sampai tingkat tertentu dalam mendukung sintesis NO. Namun, daur ulang tidak kuantitatif karena citrulline terakumulasi bersama dengan nitrat dan nitrit, produk akhir NO yang stabil, dalam sel penghasil NO.

Fungsi

Arginin berperan penting dalam pembelahan sel, penyembuhan luka, mengeluarkan amonia dari tubuh, fungsi kekebalan tubuh, dan pelepasan hormon. Arginin, diambil dalam kombinasi dengan proanthocyanidins atau yohimbine, juga telah digunakan sebagai pengobatan untuk disfungsi ereksi.

Dalam protein

Geometri, distribusi muatan dan kemampuan untuk membentuk beberapa ikatan H membuat arginin ideal untuk mengikat gugus bermuatan negatif. Untuk alasan ini arginin lebih suka berada di luar protein di mana ia dapat berinteraksi dengan lingkungan kutub. Digabungkan dalam protein, arginin juga dapat diubah menjadi citrulline oleh enzim PAD. Selain itu, arginin dapat dimetilasi oleh protein metiltransferase.

Sebagai pendahulu

Arginin adalah prekursor langsung NO, urea, ornitin dan agmatine; diperlukan untuk sintesis creatine; dan juga dapat digunakan untuk sintesis poliamina (terutama melalui ornitin dan pada tingkat yang lebih rendah melalui agmatine), citrulline, dan glutamat. Untuk menjadi prekursor NO, (mengendurkan pembuluh darah), arginin digunakan dalam banyak kondisi di mana diperlukan vasodilatasi. Kehadiran dimethylarginine asimetris (ADMA), kerabat dekat, menghambat nitric oxide reaksi oksida; oleh karena itu, ADMA dianggap sebagai penanda penyakit pembuluh darah, seperti halnya L-arginin yang dianggap sebagai tanda endotelium yang sehat.

Implikasi dalam replikasi virus herpes simpleks

Studi kultur jaringan telah menunjukkan penekanan replikasi virus ketika rasio lisin terhadap arginin in vitro mendukung lisin. Konsekuensi terapeutik dari temuan ini tidak jelas, tetapi diet arginin dapat mempengaruhi efektivitas suplementasi lisin.

Implikasi dalam berkontribusi terhadap risiko kematian akibat penyakit jantung

Sebuah studi Johns Hopkins baru-baru ini menguji penambahan L-arginin ke pengobatan standar pascainfark telah melibatkan suplementasi L-arginin dengan peningkatan risiko kematian pada pasien yang pulih dari serangan jantung. Studi ini telah dibahas secara rinci dalam: "Reverse Heart Disease Now" oleh Stephen T Sinatra MD dan James C Roberts MD, publ. Wiley 2006 ISBN 0-471-74704-1 pada hal 111 -113.

Hormon pertumbuhan

Arginin meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Laporan efeknya pada perkembangan otot pria tidak terbukti dengan jelas.

Prolaktin

Meskipun belum ada penelitian menyeluruh, beberapa sumber mengklaim bahwa arginin membantu melepaskan prolaktin, senyawa estrogenik yang terkait dengan laktasi, dan seperti semua senyawa estrogenik dapat mengekang sekresi testosteron. Jadi beberapa binaragawan menjauh dari arginin murni, hanya mengonsumsi jumlah yang secara alami ditemukan dalam protein.

Minowell Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Minowell?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Minowell adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Nutrisi untuk membangkitkan stamina & kesehatan.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Minowell?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Minowell:

1 sachet 1 x/hari. Larutkan 1 sachet dalam 180 mL air.

Bentuk Sediaan

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Minowell?

/Harga

Minowell powd for oral soln

10 × 1’s (Rp180,000/boks)

Novell Pharma adalah suatu perusahaan farmasi yang merupakan hasil penggabungan antara Glaxo International dengan Borroughs Wellcome pada tahun 1996 kemudian didirikanlah PT. Novell Pharma ini pada 1998. Perusahaan ini telah terdaftar di BKPM (Badan Koordinasi Penanaman modal) Indonesia. Menurut informasi, kata "Novell" pada perusahaan memiliki arti "sesuatu yang baru, segar, dan juga memiliki makna inovasi".

Perusahaan ini telah menerima berbagai sertifikat dan penghargaan seperti TGA dari Australia, pengakuan MCC dari Afrika Selatan, GMP dari Lageso Uni Eropa, GCC dari negara timur tengah, dan sebagainya.

Perusahaan ini telah berekspansi dan memasarkan produksi ke berbagai negara seperti Filipina, Thailand, Vietnam, Pakistan, Yaman, Taiwan, Australia, Uzbekistan, dan negara lainnya. Fasilitas produksi Novell Pharma ada di desa Tlajung Udik, kecamatan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.