Metham

By | November 25, 2020 |

Produsen Metham

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Metham:

Promed

Kandungan dan Komposisi Metham

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Metham adalah:

Ethambutol HCl 500 mcg, INH 200 mcg, pyridoxine HCl 10 mg.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Metham

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Metham adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Lihat pada Dosis.

Dosis dan Aturan Pakai Metham

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Metham:

Pasien baru TB dws dengan BTA positif, pasien baru TB dws dengan BTA negatif dengan perluasan ke parenkim, kasus baru bentuk ekstra BTA berat, TB meningitis & TB miliar Dws (≥15 thn) Fase awal (2 bln): Metham (1 1/2 tab), rifampisin 450 mg (1), pirazinamid 500 mg (3), diberikan tiap hari selama 2 bln. Fase lanjutan (4 bln): Rifampisin 450 mg, INH 300 mg (1) diberikan tiap hari selama 4 bln, atau Rifampisin 450 mg (1), INH 300 mg (2) diberikan 3 x/minggu selama 4 bln. Pasien baru TB dws yang telah diobati sblmnya, BTA positif (= kambuh); pengobatan sesudah interupsi, atau gagal pengobatan Dws (≥15 thn) Fase awal (3 bln): Metham (11/2 tab), rifampisin 450 mg (1), pirazinamid 500 mg (3), streptomisin 750 mg injeksi (1) diberikan tiap hari selama 2 bln pertama. Dilanjutkan dg: Metham (11/2 tab), rifampisin 450 mg (1), pirazinamid 500 mg (3) diberikan tiap hari selama1 bln berikutnya). Fase lanjutan (5 bln): Metham (11/2 tab), rifampisin 450 mg (1) diberikan tiap hari selama 5 bln.

Pemberian Obat Metham

Sebaiknya diberikan pada saat perut kosong : Paling baik diberikan pada saat perut kosong, 1 jam sblm atau 2 jam sesudah makan. Dpt diberikan bersama makanan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada GI.

Kontraindikasi Metham

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Metham dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Hipersensitif terhadap INH & etambutol. Hepatitis, kerusakan hati berat, neuritis optik, pasien dengan gangguan fungsi ginjal, epilepsi, alkoholik kronik.

Perhatian Penggunaan Metham

Penggunaan INH jangka panjang dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi hati. Gangguan fungsi ginjal. Individu dengan ambang kejang yang rendah. Malnutrisi berat. Riwayat gout. Lanjut usia.

Efek Samping yang Mungkin Timbul

INH: Sering: Gangguan fungsi hati & SSP. Jarang: hepatitis, neuritis perifer yang tergantung dosis (terutama pada pasien malnutrisi). Sakit kepala, pusing, anemia, neuritis optik, artralgia, diskrasia darah, sindrom reumatik, gejala yang menyerupai lupus eritematosus, ruam kulit, mengantuk, mulut kering, gangguan berkemih, gangguan GI. Etambutol: Kadang-kadang: neuritis retrobulbar, artralgia. Jarang: hepatitis, hipersensitivitas pada kulit, neuropati perifer, toksisitas pada mata. Reaksi anailaktoid, dermatitis pruritik, anoreksia, nyeri abdomen, demam, nyeri sendi, gangguan GI (mual, muntah), tidak enak badan, sakit kepala, pusing, gelisah, disorientasi, halusinasi.

Interaksi Obat Metham

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Metham antara lain:

Preparat yang mgd bentonit, kontrasepsi oral, difenilhidantoin, disulfiram.

Bentuk Sediaan

Kemasan dan Sediaan Metham

/Harga

Metham film-coated tab

5 × 10’s (Rp75,000/boks)

Sekilas Tentang Promed
Promed atau Promedrahardjo Farmasi Industri adalah suatu perusahaan farmasi asal Indonesia yang berdiri pada 1997. Perusahaan ini memiliki lokasi pabrik di Sukabumi, Jawa Barat seluas 18 ribu meter persegi. Perusahaan ini telah mengantongi sertifikat CPOB sehingga kualitas produk tetap terjamin.

Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis produk farmasi meliputi obat, vitamin, suplemen, dan sebagainya dalam berbagai bentuk sediaan. Untuk pemasaran dan distribusi produk, perusahaan ini melakukannya melalui PT Penta Valent, PT Kallista Prima, PT Lawsim Zecha, PT Binaya Jaya, dan lain-lain. Beberapa produk yang diproduksi seperti Anoxi, Fuco, Dolartam, Granitron, Luteron, dan masih banyak lagi yang lainnya. PT Promedrahardjo Farmasi Industri memiliki kantor pusat di Graha Agape, Rawamangun, Jakarta.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *