Metformin HCl Dexa Medica

Farmasi-id.com > Sistem Endokrin & Metabolik > Obat Antidiabetes > Metformin HCl Dexa Medica

By | 26/01/2018

Kandungan dan Komposisi

  • Metformin HCl 500 mg
    Tiap tablet salut selaput mengandung
    Metformin HCl 500 mg
  • Metformin HCl 850 mg
    Tiap tablet salut selaput mengandung
    Metformin HCl 850 mg

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

  • Terapi awal untuk diabetes onset dewasa yang mengalami kelebihan berat badan atau gagal diatasi dengan diet.
  • Terapi kombinasi untuk kegagalan terapi sulfonilurea primer atau sekunder.
  • Terapi tambahan pada IDDM untuk mengurangi dosis insulin.

Kontra Indikasi

Koma diabetikum, ketoasidosis, gangguan ginjal, penyakit hati kronik, gagal jantung, infark miokard, alkoholik, hipoksia, riwayat asidosis laktat.

Dosis dan Cara Pemberian

  • Metformin harus diberikan bersama dengan makanan atau sesudah makan dalam dosis terbagi.
  • Awal: sehari 3x 500 mg;
  • Pemeliharaan: sehari 2x 850 mg.

Peringatan dan Perhatian

  • Gangguan hati atau ginjal.
  • Hamil dan laktasi.
  • Dapat mengganggu absorpsi vit-B12.

Efek Samping

Gangguan saluran cerna, asidosis laktat.

Kemasan dan Nomor Registrasi

  1. Metformin HCl 500 mg: Kotak,10strip @ 10 tablet salut selaput 500 mg, GKL9805024917A1
  2. Metformin HCl 850 mg: Kotak,10strip @ 10 tablet salut selaput 850 mg, GKL9805024917B1

Produsen

Dexa Medica

Sekilas Tentang Metformin
Metformin adalah obat lini pertama untuk terapi pengobatan pasien diabetes tipe 2 khususnya mereka yang bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Obat ini juga digunakan dalam pengobatan sindrom ovarium polikistik. Metformin dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker akibat diabetes.

Uji coba yang dilakukan pada tahun 1980 hingga tahun 90-an membuktikan bahwa metformin dapat mengurangi efek negatif terhadap kardiovaskular yang diakibatkan oleh berat badan berlebih pada pasien diabetes tipe 2. Selain itu ia juga dapat menurunkan risiko hipoglikemia, sulfonilerea dan mengurangi tingkat LDL dan trigliserida. Metformin dapat mengurangi kebutuhan insulin pada diabetes tipe 1, meskipun dengan peningkatan risiko hipoglikemia. Pada fase pradiabetes, risiko berkembang menjadi diabetes tipe 2 kemungkinan dapat menurun akibat penggunaan metformin, meskipun harus diiringi dengan olahraga dan latihan intensif.

Metformin pertama kali ditemukan pada 1922 oleh Emil Werner dan James Bell, sebagai produk hasil sintesis N,N-dimethylguanidine dan pertama kali digunakan oleh dunia medis di Perancis tahun 1957 dan di Amerika Serikat tahun 1995. Keamanan metformin untuk digunakan oleh wanita hamil oleh FDA dimasukkan dalam kategori B.
Sekilas Tentang Diabetes
Diabetes merupakan kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan benar. Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Diabetes yang umum terjadi adalah diabetes Tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes Tipe 1 pankreas tidak dapat memproduksi insulin sedangkan pada diabetes tipe 2 pankreas dapat membuat insulin tapi dalam kadar yang tidak cukup banyak. Ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan insulin secara optimal. Meningkatnya kadar gula dalam darah akan membuat penderita diabetes sering merasa haus atau lapar dan juga sering buang air kecil.

Antidiabetes merupakan obat yang mengontrol tingkat glukosa (gula) dalam darah pada penderita diabetes.

Informasi lengkap mengenai diabetes dapat Anda baca di sini.
Sekilas Tentang Dexa Medica

Dexa Medica adalah suatu perusahaan farmasi Indonesia yang didirikan pada 1969 oleh Drs. Rudy Soetikno Apt. seroang apoteker muda yang pernah bertugas sebagai tentara. Dikarenakan pernah terjadi kelangkaan pasokan obat, maka ia bersama rekannya mulai mendirikan sebuah perusahaan farmasi kecil dengan produk obat tablet.

Karena semakin meningkatnya permintaan, maka Dexa Medica meningkatkan kuantitas produksinya sehingga pada 1975 produknya telah tersedia di seluruh pulau Sumatera, dan pada 1978, produk perusahaan ini telah tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai perusahaan nasional, maka pada 1984 perusahaan ini mendirikan kantor pemasaran di Jakarta. Perusahaan ini pun semakin berkembang dan dibuktikan dengan produk-produknya yang berhasil menembus pasar negara-negara Asia dan Afrika sekaligus menjadikan Dexa Medica menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Saat ini posisi CEO perusahaan dijabat oleh Ir. Ferry A. Soetikno, M.Sc., M.B.A.