KETAMINE

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Anestesi Lokal & Umum > KETAMINE

Deskripsi

Ketamine adalah obat bius dengan fungsi untuk membuat Anda tidur saat operasi, menghilangkan rasa nyeri dan tidak nyaman selama tes kesehatan atau prosedur tertentu.

Dosis

Dewasa:

Dosis Dewasa untuk Pembiusan: Intravena:Induksi: 1-4.5 mg/kg; atau 1-2 mg/kg dengan kecepatan 0.5 mg/kg/menit dapat digunakan. (dosis 2 mg/kg, 5-10 menit pembiusan dalam 30 detik setelah penyuntikan).Intramuskular:Induksi: 6.5-13 mg/kg; (dosis 9-13 mg/kg, 12-25 menit pembiusan dalam 3-4 menit setelah penyuntikan)

Anak-anak:

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Pemberian Obat

Ketamine disuntikkan ke otot atau ke vena melalui IV. Anda akan menerima suntikan di klinik atau rumah sakit. Pernapasan, tekanan darah, fungsi jantung, dan tanda vital lain akan dimonitor ketat oleh petugas medis saat Anda menerima Ketamine. Anda akan merasa aneh atau sedikit bingung saat terbangun dari bius. Beritahukan perawat Anda jika perasaan ini berat atau tidak enak. Anda mungkin ditunjukkan cara menyuntik di rumah. Jangan menyuntikkan sendiri jika Anda tidak mengerti dengan baik cara penyuntikan dan pembuangan yang tepat dalam menggunakan jarus suntik, tabung IV dan alat lain untuk menyuntikkan obat. Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Efek Samping

Efek samping yang lebih ringan yaitu:

  • Perasaan mengawang seperti bermimpi
  • Penglihatan kabur, atau ganda
  • Pusing ringan, mengantuk
  • Mual, muntah, tidak napsu makan
  • Gangguan tidur (insomnia)
  • Peringatan dan Perhatian

Peringatan dan Perhatian

Sebelum menggunakan obat ini, beritahukan dokter jika Anda:

Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori N (N= Tidak Diketahui)

Kemasan dan Sediaan

Injeksi, Intravena, Intramuskular: 10 mg/mL, 50 mg/mL, 100 mg/mL.

Cara Penyimpanan

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Nama Generik

Ketamine

Nama Brand

Ivanes, Ketalar, Ketamine-Hameln, Anesject dan KTM.