Kalsium Folinat (Calcium Folinate)

Indikasi

Untuk penyelamatan kalsium folinat selama terapi metotreksat dosis tinggi. Penanganan pasien dengan kanker kolorektal pada kombinasi dengan 5-fl uorourasil.

Menetralkan efek toksik segera dari antagonis asam folat seperti metotreksat; pemberian secara parenteral dilakukan jika pemberian secara oral pada pengobatan anemia megaloblastik tidak dimungkinkan.

Apa Saja Kontraindikasi Kalsium Folinat (Calcium Folinate)?

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Kalsium Folinat (Calcium Folinate) dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Hipersensitivitas, anemia pernisiosa dan anemia megaloblastik sekunder terhadap defisiensi vitamin B12, administrasi intratekal dan intraventrikular.


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Kalsium Folinat (Calcium Folinate) Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Kalsium Folinat (Calcium Folinate), yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Kalsium Folinat (Calcium Folinate)?

Jika Anda lupa menggunakan Kalsium Folinat (Calcium Folinate), segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Kalsium Folinat (Calcium Folinate) Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Kalsium Folinat (Calcium Folinate)?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Kalsium Folinat (Calcium Folinate) yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Kalsium Folinat (Calcium Folinate)?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Kalsium Folinat (Calcium Folinate) yang mungkin terjadi adalah:

Seperti semua obat-obatan, Calcium Folinate dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang mengalaminya. Jika terjadi efek samping berikut ini, segera beritahu dokter:

  • Reaksi alergi yang parah
    • Anda mungkin mengalami ruam gatal yang tiba-tiba (gatal-gatal), bengkak pada tangan, kaki, pergelangan kaki, wajah, bibir, mulut atau tenggorokan (yang dapat menyebabkan kesulitan menelan atau bernafas), dan Anda mungkin merasa Anda akan pingsan. Ini adalah efek samping yang serius. Anda mungkin membutuhkan tindakan medis secepatnya
  • Jika ada efek samping berikut, beritahu dokter:
    • Efek samping yang tidak biasa (mempengaruhi kurang dari 1 orang dalam 100):
      • Demam
    • Efek samping yang jarang (mempengaruhi kurang dari 1 orang dalam 1.000):
      • Peningkatan konvulsi (pas) pada pasien dengan epilepsi
      • Depresi
      • Agitasi
      • Masalah dengan sistem pencernaan
      • Sulit tidur (insomnia)
    • Efek samping yang sangat jarang (mempengaruhi kurang dari 1 orang dalam 10.000):
      • Gatal-gatal

Apa saja Peringatan dan Perhatian Penggunaan Kalsium Folinat (Calcium Folinate)?

Sebaiknya hanya digunakan dengan antagonis asam folat di bawah pengawasan klinis yang berpengalaman. Karena kadar kalsiumnya tidak lebih 160 mg (16 mL) sebaiknya diinjeksikan i.v. per menit.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Kalsium Folinat (Calcium Folinate)?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Kalsium Folinat (Calcium Folinate):

Infus i.v. diberikan dengan diencerkan pada glukosa 5% atau NaCI 0,9% hingga konsentrasi 0,005-0,4 mg/mL. Dosis setara dengan 10-20% dosis metotreksat. Larutan tersebut stabil selama 24 jam pada suhu 2-8ÂșC. Gunakan segera setelah preparasi untuk menghindari adanya kontaminasi.

Sediaan

Tab 15 mg. Inj vial 50 mg/5 mL.

Nama Brand Kalsium Folinat (Calcium Folinate)?

  • Calcium Folinat Ebewe
  • Forcelus
  • Calcium Levofolinat Ebewe
  • Leucovorin Kalbe
  • Dbl Leucovorin Calcium Injection Usp
  • Novorin
  • Erbanfol
  • Rescuvolin
  • Folcasin
  • Rescuvolin