Januvia

Farmasi-id.com > Sistem Endokrin & Metabolik > Obat Antidiabetes > Januvia

By | 05/05/2015
Komposisi

Sitagliptin Phosphate 100 mg pertablet.

Indikasi

Sebagai terapi tambahan selain diet & olahraga untuk meningkatkan kontrol glikemik terhadap pasien diabetes tipe 2. dikombinasi dengan metformin atau thiazolidinediones untuk pengobatan pada pasien diabetes tipe 2 yang tidak cukup dengan terapi tunggal saja, diet & olahraga.

Perhatian

Diabetes tipe 1 atau diabetes ketoacidosis, gagal ginjal sedang-berat, pasien dengan penyakit ginjal tahap lanjut yang membutuhkan dialisa hemo atau peritoneal. Hamil & menyusui. Anak-anak

Efek Samping

Sakit dibagian perut, mual, diare, reaksi hipersensitivitas.

Kategori Keamanan Kehamilan
Kategori B: Baik penelitian reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko pada janin maupun penelitian terkendali pada wanita hamil atau hewan coba tidak memperlihatkan efek merugikan (kecuali penurunan kesuburan) dimana tidak ada penelitian terkendali yang mengkonfirmasi risiko pada wanita hamil semester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trisemester selanjutnya).

Kemasan

Box @ 28 tablet .

Dosis

100 mg sekali sehari. Untuk penderita gagal ginjal sedang (CrCl >= 30-<50 ml/min) 50 mg sekali sehari. untuk gagal ginjal berat (CrCl < 30 ml/min) 25 mg sekali sehari

Pemberian Obat

Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan.

Produsen

PT.Merck Sharp & Dohme

Sekilas Tentang Diabetes
Diabetes merupakan kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan benar. Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Diabetes yang umum terjadi adalah diabetes Tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes Tipe 1 pankreas tidak dapat memproduksi insulin sedangkan pada diabetes tipe 2 pankreas dapat membuat insulin tapi dalam kadar yang tidak cukup banyak. Ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan insulin secara optimal. Meningkatnya kadar gula dalam darah akan membuat penderita diabetes sering merasa haus atau lapar dan juga sering buang air kecil.

Antidiabetes merupakan obat yang mengontrol tingkat glukosa (gula) dalam darah pada penderita diabetes.

Informasi lengkap mengenai diabetes dapat Anda baca di sini.