REHMANNIA GLUTINOSA (foxglove cina)

FARMASI-ID.COM > Tanaman Herbal & Obat Tradisional | Farmasi-id.com > Akar > REHMANNIA GLUTINOSA (foxglove cina)

Nama
  • Nama ilmiah: Rehmannia glutinosa, Rehmannia chinensis
  • Nama lain: Rehmannia, Foxglove Cina
Deskripsi

Herbal perenial, yang memiliki nama cina lain seperti Huang Di, Sheng Di, Sheng Huang Ti, Shu Huang Ti, ini tumbuh di Cina Bagian Utara. Tanaman ini memiliki batang tegak yang tingginya 15 – 20 cm dan daun-daun panjang berbentuk oval yang diselimuti bulu-bulu halus. Selain itu, Gan Di Huang memiliki bunga berbentuk terompet, yang berwarna jingga kemerahan dengan semburat ungu. Adapun bentuk buahnya bundar seperti kapsul.

Akar Gan Di Huang mengandung Glikosid, saponin, tanin, dan resin. Bahan obat dari akar Gan Di Huang dipersiapkan dengan cara dicuci sampai bersih, lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. Akar segarnya mengandung khasiat yang sama dengan akar yang telah dikeringkan, bahkan lebih kuat daya kerjanya. Herba obat ini dijual dalam potongan besar berwarna kuning kecokelatan dengan rasa manis-basah.

Bagian yang dijadikan obat
  • Bagian obat: Biji
  • Energi: Dingin
  • Rasa: Manis
  • Kesesuaian organ: Jantung, ginjal, liver, usus kecil
Efek terapi

Menghentikan pendarahan, menurunkan demam dan mengeluarkan panas, menambah tenaga dan menyegarkan badan, peluruh kencing, mendinginkan, membentuk sum-sum, memperkuat sperma, meningkatkan pertumbuhan otot, dan merendahkan kadar gula. Dalam pengobatan Cina digunakan untuk memperkuat energi jantung dan darah serta mendinginkan darah.

Indikasi

Darah dalam dahak dan kencing, hidung berdarah, pendarahan pada kandungan, demam, tulang sendi yang terkilir, serta diabetes, anemia, demam, tulang melemah (osteoporosis), dan alergi, dan sebagai tonik umum.

Dosis

Untuk jamu seduh: Gunakan 5 – 8 g, jadukan dua dosis, diminum saat perut kosong.

Untuk meningkatkan khasiat penguat darah: Tambahkan 40 – 50 g akar angelica atau ginseng putri.

Dosis yang tepat dari rehmannia tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Pada saat ini tidak ada cukup informasi ilmiah untuk menentukan kisaran yang tepat dosis untuk rehmannia. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu harus aman dan dosis dapat penting. Pastikan untuk mengikuti arah yang relevan pada label produk dan berkonsultasi apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan.

Kontra Indikasi

Pencernaan lemah.

Ketidakcocokan: Fritillaria verticillata, Ulmus macrocarpa, bawang merah dan bawang putih, bahan dan peralatan dari besi serta logam lainnya.

Herba ini dapat digunakan sebagai obat dengan ketiga tahapan penyiapan obat yang berbeda. Pertama adalah yang paling kuat adalah akar segarnya, “sheng di huang”, yang digali dari tanah, lalu dikubur dalam pasir kering sebelum digunakan.

Kedua berupa “gan di huang”, atau Rehmannia kering (simplisia), yang dipersiapkan dengan cara mengeluarkan akarnya dari tempat penyimpanan di pasir, dicuci sampai bersih, lalu dikeringkan di bawah terik matahari selama musim dingin.

Ketiga, “shou di huang”, Rehmannia yang dimasak dengan cara mengukus akar segar hingga masak, kemudian membiarkannya kering. Selanjutnya dikukus dan dikeringkan kembali hingga beberapa kali. cara ini akan memperkuat khasiat-khasiat penguat darah yang khusus dari herba ini.

Rehmannia adalah bumbu utama dalam resep “Tonik Rehmannia Enam Rasa”. Herbal ini merupakan salah satu obat penawar paling manjur untuk berbagai penyakit dan ketidaknyamanan akibat yin-ginjal tidak cukup, seperti sakit pinggang, lutut lemah dan nyeri, impotensi, sering kencing, ketidaksuburan, dan lain-lain.

Untuk hidung berdarah atau mimisan, buku “Tanaman Obat Cina” merekomendasikan membuat jamu seduh dari 15 g Rehmannia yang dicampur dengan 15 g bunga Bakung Rambat (Mai Men Dung). Jadikan dua dosis dan diminum pada saat perut kosong.