GNC DHA+EPA


Apa Kandungan dan Komposisi GNC DHA+EPA?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi GNC DHA+EPA adalah:

Setiap satu kapsul lunak mengandung:

  • Total Fish Oil 736 mg
  • Total Omega-3s 603 mg
  • Total EPA + DHA 522 mg
  • DHA (Docosahexaenoic Acid) (Omega-3) 500 mg
  • EPA (Eicosapentaenoic Acid) (Omega-3) 22 mg

Other Omega-3s 81 mg

Bahan Tambahan:

Gelatin, Enteric Coating (Sodium Alginate, Stearic Acid), Sucralose (Ethylcellulose, Medium Chain Triglycerides, Oleic Acid).

Sekilas Tentang Eicosapentaenoic Acid (EPA) Pada GNC DHA+EPA
Eicosapentaenoic Acid atau yang disingkat dengan EPA adalah suatu bentuk dari asam lemak omega-3. Peran EPA dalam tubuh sangat vital yakni untuk menjalankan fungsi-fungsi membran biologikal dan sebagai prekursor beberapa regulator lipid dalam metabolisme sel. Beberapa mikroorganisme termasuk mikroalga (Monodus subterraneus, Chlorella minutissima dan Phaeodactylum tricornutum), jamur, dan bakteri laut memiliki atau memproduksi banyak EPA. Oleh sebab itu mikroorganisme ini dijadikan sebagai bahan utama dalam produksi EPA untuk tujuan komersial.

EPA sering digunakan pada produk suplemen dan obat untuk mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah. Secara umum EPA bermanfaat bagi penderita penyakit jantung, mencegah efek lanjutan akibat serangan jantung, gangguan psikologi dan mental (schizophrenia, gangguan kepribadian, depresi, hiperaktif, ADHD), mencegah darah membeku dengan cepat, mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan, mengurangi gejala menopause. Selain itu EPA juga bermanfaat untuk mempercepat pemulihan setelah operasi, memperkuat memori otak, menjaga kesehatan penderita kanker, dan mengurangi efek obat kemoterapi pada pasien kanker, dan lain-lain.

Jika dikombinasikan dengan DHA (docosahexaenoic acid), maka bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, mengatasi irama jantung tidak normal, asma, kanker, gangguan menstruasi, hay fever, hipertensi, psoriasis, sindrom Raynaud's, rheumatoid arthritis, penyakit Crohn's, dan kolitis ulseratif. Sedangkan bila dikombinasikan dengan RNA dan L-arginine maka bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka setelah operasi.

Sumber alami yang mengandung EPA biasanya juga mengandung DHA. Beberapa sumber makanan yang kaya akan kandungan EPA seperti ikan makarel, herring, tuna, halibut, salmon, menhaden, dan cod liver.

Sekilas Tentang Docosahexaenoic Acid (DHA) Pada GNC DHA+EPA
Docosahexaenoic Acid atau yang lebih banyak dikenal dengan sebutan DHA, adalah suatu jenis asam lemak omega 3. DHA dibutuhkan oleh otak dan juga perkembangan janin selama kehamilan dan bagi bayi. Selain itu secara umum, DHA dibutuhkan oleh segala rentang usia.

Tubuh dapat menghasilkan DHA namun dalam jumlah yang sangat kecil, sehingga diperlukan asupan dari luar baik dari makanan maupun suplemen untuk memenuhinya. Dalam tubuh manusia, DHA utamanya ada di dalam membran sel yang mana ia membuat membran dan ruang diantaranya menjadi lebih cair yang membuat sel saraf mampu mengirim dan menerima sinyal elektrik dengan lebih mudah. Jika jumlah DHA dalam tubuh kita cukup, maka sel saraf akan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih efisien dalam berkomunikasi. Bila kita kekurangan DHA yang terjadi adalah akan memunculkan risiko gangguan fungsi otak, penglihatan, dan lain-lain.

Selama masa kehamilan, dibutuhkan DHA yang cukup agar otak janin dapat berkembang dengan baik yang mana DHA berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan jaringan otak. DHA akan terakumulasi pada sistem saraf pusat agar mata dan otak dapat tumbuh dengan normal. Selain itu DHA berperan dalam aktivitas otak memproses informasi, mengingat, dan mengekspresikan emosi sehingga juga berpengaruh pada kemampuan individu dalam berinteraksi sosial, mengatasi masalah, perencanaan, dan kondisi emosional lainnya.

DHA mampu memperlambat proses degenerasi otak dan mengurangi risiko demensia pada orang lanjut usia, meningkatkan penglihatan dengan mengaktifkan protein rhodopsin, menjaga kesehatan jantung (dengan mengurangi kadar trigliserida, tekanan darah, kolesterol, dan menurunkan risiko disfungsi endothelial), mengurangi peradangan yang berkaitan dengan arthritis, menghambat pertumbuhan sel kanker, mengurangi gejala asma dengan menghalangi sekresi mucus dan menurunkan tekanan darah.

Sumber alami yang telah diketahui memiliki kadar DHA dalam jumlah tinggi antara lain ikan (makarel, salmon, herring), kerang, caviar, dan minyak ikan cod.

Sekilas Tentang Gelatin Pada GNC DHA+EPA
Gelatin merupakan suatu protein yang berasal dari hewan. Gelatin diproses dengan merebus tulang rawan dan kulit untuk mengekstrak kolagennya. Kolagen merupakan protein berserat yang menghubungkan otot, tulang, dan kulit pada hewan. Ketika kolagen diproses, itu menjadi zat tanpa rasa, tidak berwarna yang disebut gelatin. Setelah gelatin dingin, ia memiliki tekstur seperti jeli. Tidak seperti kolagen, gelatin larut dalam air panas, dan teksturnya membuatnya praktis untuk digunakan dalam saus, sup, dan makanan penutup.

Manfaat kesehatan gelatin mirip dengan manfaat kolagen karena gelatin mengandung asam amino yang sama. Asam amino adalah senyawa yang bergabung untuk membuat protein, dan sangat penting untuk berfungsinya berbagai organ, serta untuk menyediakan energi.

Berikut adalah beberapa manfaat dari gelatin:

  • Meningkatkan kesehatan kulit

  • Sebagai sumber protein

  • Membantu fungsi pencernaan

  • Meringankan nyeri sendi

  • Membantu mengendalikan kadar gula darah

  • Menjaga kesehatan rambut

  • Memperkuat tulang dan sendi

  • Memperkuat kuku

  • Menurunkan berat badan

  • Membantu mengatasi osteoporosis

Sekilas Tentang Sucralose Pada GNC DHA+EPA
Sucralose adalah pemanis buatan. Di Uni Eropa, juga dikenal dengan nomor E (kode aditif) E955. Sucralose dijual dengan nama dagang Splenda. Sucralose kira-kira 600 kali lebih manis dari sukrosa (gula meja), dua kali lebih manis dari sakarin, dan empat kali lebih manis dari aspartam. Tidak seperti aspartam, aspartam stabil di bawah panas dan pada rentang kondisi pH yang luas dan dapat digunakan dalam pembuatan kue atau produk yang memerlukan masa simpan lebih lama. Sejak diperkenalkan pada tahun 1999, sucralose telah mengambil alih Equal di pasar pemanis buatan senilai $ 1,5 miliar, memegang pangsa pasar 62%. Menurut firma riset pasar IRI, seperti yang dilaporkan di Wall Street Journal, Splenda menjual $212 juta pada tahun 2006 di AS sementara Equal menjual $48,7 juta.

Sejarah

Sucralose ditemukan pada tahun 1976 oleh para ilmuwan dari Tate & Lyle, bekerja dengan peneliti Leslie Hough dan Shashikant Phadnis di Queen Elizabeth College (sekarang bagian dari King's College London). Duo ini mencoba menguji gula terklorinasi sebagai zat antara kimia. Pada suatu hari di akhir musim panas, Phadnis disuruh menguji bedak. Phadnis berpikir bahwa Hough memintanya untuk mencicipinya, jadi dia melakukannya. Dia menemukan senyawa itu sangat manis (formula akhir 600 kali lebih manis dari gula). Mereka bekerja dengan Tate & Lyle selama setahun sebelum menetapkan formula terakhir.

Ini pertama kali disetujui untuk digunakan di Kanada (dipasarkan sebagai Splenda) pada tahun 1991. Persetujuan berikutnya datang di Australia pada tahun 1993, di Selandia Baru pada tahun 1996, di Amerika Serikat pada tahun 1998, dan di Uni Eropa pada tahun 2004. Pada tahun 2006, itu telah disetujui di lebih dari 60 negara, termasuk Brasil, Cina, India, Kanada, Amerika Serikat, dan Jepang.

Tate & Lyle memproduksi sucralose di pabrik di McIntosh, Alabama, dengan kapasitas tambahan yang sedang dibangun di Jurong, Singapura. Ini diproduksi oleh klorinasi selektif sukrosa, di mana tiga gugus hidroksil diganti dengan atom klorin untuk menghasilkan 1,6-dikloro-1,6-dideoksi-β-D-frukto-furanosil 4-kloro-4-deoksi -α-D-galactopyranoside atau C12H19Cl3O8. Jalur alternatif adalah dengan selektif klorinasi raffinosa.

Ini digunakan dalam produk-produk seperti permen, bar sarapan dan minuman ringan. Sucralose yang dicampur dengan maltodekstrin dan dekstrosa (keduanya terbuat dari jagung) sebagai bahan pengisi dijual secara internasional oleh McNeil Nutritionals dengan merek Splenda. Di Amerika Serikat dan Kanada, campuran ini semakin banyak ditemukan di restoran, termasuk McDonalds dan Starbucks, dalam kemasan kuning, berbeda dengan kemasan merah muda yang biasa digunakan oleh pemanis sakarin dan kemasan biru yang digunakan oleh aspartam; meskipun di Kanada paket kuning juga dikaitkan dengan pemanis siklamat merek SugarTwin.

Pengemasan dan penyimpanan

Sebagian besar produk yang mengandung sucralose menambahkan bahan pengisi dan pemanis tambahan untuk membawa produk ke perkiraan volume dan tekstur jumlah gula yang setara. Ini karena sukralosa hampir 600 kali lebih manis daripada sukrosa (gula meja). Sucralose murni dijual dalam jumlah besar, tetapi tidak dalam jumlah yang sesuai untuk penggunaan individu. Sucralose kering murni mengalami beberapa dekomposisi pada suhu tinggi. Ketika dalam larutan atau dicampur dengan maltodekstrin sedikit lebih stabil.

Kandungan energi (kalori)

Meskipun dipasarkan di A.S. sebagai “Pemanis tanpa kalori”, Splenda sebenarnya mengandung sedikit lebih banyak kalori daripada jumlah gula yang sama (391 kkal per 100 g vs 390 kkal per 100 g untuk gula pasir putih). Namun, karena Splenda sepersepuluh lebih padat dari gula, volume tertentu Splenda memiliki energi sepersepuluh dari volume gula yang sama. Ketika sucralose ditambahkan langsung ke produk komersial, pengisi dihilangkan dan tidak ada energi yang ditambahkan.

Perhatikan juga bahwa meskipun label "fakta gizi" pada kemasan ritel Splenda menyatakan bahwa satu porsi 0,5 gram (1 sendok teh atau 5 mililiter) mengandung nol kalori, Splenda sebenarnya mengandung dua kalori per sendok teh. Perhatikan bahwa paket individu yang sobek seperti yang ditunjukkan di sebelah kanan adalah ukuran ganda, porsi satu gram, yang mengandung empat kalori. Pelabelan tersebut sesuai di AS karena peraturan FDA mengizinkan produk untuk diberi label sebagai "nol kalori" jika "makanan mengandung kurang dari 5 kalori per jumlah referensi yang biasa dikonsumsi dan per porsi berlabel." Karena Splenda mengandung sukralosa dalam jumlah yang relatif kecil, sedikit yang dimetabolisme, hampir semua kandungan kalori Splenda berasal dari pengisi dekstrosa atau maltodekstrin yang sangat mengembang, atau pembawa, yang memberi Splenda volumenya. Seperti karbohidrat lainnya, dekstrosa dan maltodekstrin memiliki 4 kalori per gram.

Penggunaan dalam produk bermerek

Sucralose dapat ditemukan di lebih dari 4.500 produk makanan dan minuman. Sucralose digunakan sebagai pengganti, atau dalam kombinasi dengan, pemanis buatan atau alami lainnya seperti aspartam, acesulfame potassium atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Sucralose dipasarkan di India oleh Zydus Cadila dengan nama merek Sugar free Natura.

Memasak

Sucralose sangat stabil terhadap panas memungkinkan untuk digunakan dalam banyak resep tanpa menggunakan gula. Sucralose tersedia dalam bentuk butiran yang memungkinkan penggantian cangkir demi cangkir dengan gula.

Keamanan

Sucralose telah diterima oleh beberapa badan pengatur keamanan pangan nasional dan internasional, termasuk US Food and Drug Administration (FDA), Joint Food and Agriculture Organization/World Health Organization Expert Committee on Food Additives, Komite Ilmiah Uni Eropa untuk Makanan, Perlindungan Kesehatan Cabang Kesehatan dan Kesejahteraan Kanada dan Standar Makanan Australia-Selandia Baru (FSANZ). Menurut Asosiasi Diabetes Kanada, seseorang dapat mengkonsumsi 15 mg/kg/hari Sucralose "setiap hari selama ... seumur hidup tanpa efek samping". Untuk orang dengan berat 150 pon, 15 mg/kg adalah sekitar 1000 mg, setara dengan sekitar 75 paket Splenda atau manisnya 612 gm atau 2500 kkal gula.

“Dalam menentukan keamanan sucralose, FDA meninjau data dari lebih dari 110 penelitian pada manusia dan hewan. Banyak penelitian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemungkinan efek toksik termasuk efek karsinogenik, reproduksi dan neurologis. Tidak ada efek seperti itu yang ditemukan, dan persetujuan FDA didasarkan pada temuan bahwa sucralose aman untuk dikonsumsi manusia.” Misalnya, studi McNeil Nutritional LLC yang diajukan sebagai bagian dari Petisi Aditif Makanan FDA AS 7A3987, menunjukkan bahwa "dalam 2 tahun bioassay hewan pengerat...tidak ada bukti aktivitas karsinogenik untuk sucralose atau produk hidrolisisnya.... "

Setelah persetujuan FDA, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Head and Face Pain melaporkan sucralose sebagai pemicu yang mungkin untuk pasien migrain. Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Mutation Research mengaitkan sucralose dosis tinggi (2000 mg per kg) dengan kerusakan DNA pada tikus.

Kekhawatiran telah dikemukakan tentang efek sucralose pada timus, organ yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Sebuah laporan dari NICNAS mengutip dua penelitian pada tikus, keduanya menemukan "penurunan signifikan dalam berat timus rata-rata" pada dosis tertentu. Dosis sukralosa yang menyebabkan efek kelenjar timus yang dirujuk dalam laporan NICNAS adalah 3000 mg/kg bb/hari selama 28 hari. Untuk manusia dengan berat 80 kg (176 lb), ini berarti asupan 240 gram sucralose selama 28 hari, yang setara dengan lebih dari 20.000 paket Splenda individu/hari selama kurang lebih satu bulan. Dosis yang diperlukan untuk memicu respon imunologis adalah 750 mg/kg bb/hari, atau 60 gram sucralose per hari, yang berarti lebih dari 5.000 paket Splenda/hari (ada 11,9 mg sucralose dalam 1g paket ritel Splenda). Ini dan penelitian lain dipertimbangkan oleh regulator sebelum menyimpulkan bahwa sucralose aman. Namun, karena beberapa sucralose yang dicerna dipecah dan diserap oleh tubuh, ada kekhawatiran bahwa konsumsi kronis dapat menyebabkan penyusutan timus atau efek samping lainnya.

Sebagian besar sukralosa yang tertelan tidak meninggalkan saluran pencernaan dan langsung diekskresikan dalam tinja sementara 11-27% diserap. Jumlah yang diserap dari saluran GI sebagian besar dikeluarkan dari aliran darah oleh ginjal dan diekskresikan dalam urin dengan 20-30% sukralosa yang diserap dimetabolisme. Sucralose dapat dicerna oleh sejumlah mikroorganisme dan dipecah setelah dilepaskan ke lingkungan.

Splenda biasanya mengandung 95% dekstrosa (isomer "tangan kanan" dari glukosa - lihat dekstrorotasi dan kiralitas), yang siap dimetabolisme oleh tubuh. Informasi keamanan yang diberikan oleh banyak spesialis dan media kepada konsumen adalah bahwa Splenda aman dikonsumsi sebagai pengganti gula diabetes "bebas masalah".

Alternatif alami

Kritikus sucralose sering mendukung alternatif alami, termasuk xylitol, maltitol, thaumatin, dan isomalt. Namun, zat tersebut menimbulkan masalah kesehatan lainnya, dan produk alami umumnya tidak menjalani uji coba terkontrol sebelum diizinkan dalam makanan. Stevia bagaimanapun telah digunakan selama ratusan tahun di Cina tanpa efek samping yang dilaporkan.

Organoklorida

Dasar kekhawatiran tentang keamanan sukralosa berasal dari kelas bahan kimia yang dimilikinya. Molekul sukralosa adalah organoklorida (atau klorokarbon). Karena beberapa organoklorida diketahui menyebabkan efek kesehatan yang merugikan dalam konsentrasi yang sangat kecil, pengkritik sucralose merasa beban pembuktian ekstra tinggi diperlukan. Meskipun beberapa klorokarbon beracun, sukralosa tidak diketahui beracun dalam jumlah kecil dan sangat tidak larut dalam lemak; itu tidak dapat menumpuk dalam lemak seperti hidrokarbon terklorinasi. Selain itu, sucralose tidak memecah atau mendeklorinasi.

Berbeda dengan kekhawatiran ini, banyak organoklorida terjadi secara alami dalam sumber makanan seperti rumput laut.

Kontroversi pemasaran

Pada tahun 2006 Merisant, pembuat Equal, mengajukan gugatan terhadap McNeil Nutritionals di pengadilan federal di Philadelphia dengan tuduhan bahwa tagline Splenda "Terbuat dari gula, jadi rasanya seperti gula" adalah palsu dan menyesatkan dan situs web Merisant menyebutnya sebagai mitos urban. McNeil berargumen selama persidangan bahwa mereka tidak pernah menipu konsumen atau bermaksud menipu mereka, karena produk itu sebenarnya dimulai dengan gula. Merisant meminta agar McNeil diperintahkan untuk menyerahkan keuntungan dan memodifikasi iklannya. Kasus ini berakhir dengan kesepakatan yang dicapai di luar pengadilan, dengan kondisi penyelesaian yang dirahasiakan. Gugatan itu adalah langkah terbaru dalam perselisihan yang telah lama memanas. Pada tahun 2004, Merisant mengajukan keluhan kepada Better Business Bureau mengenai iklan McNeil. McNeil menuduh bahwa keluhan Merisant adalah pembalasan atas keputusan di pengadilan federal di Puerto Rico, yang memaksa Merisant untuk berhenti mengemas Equal dalam paket yang mirip dengan Splenda. McNeil mengajukan gugatan di Puerto Rico mencari keputusan yang akan menyatakan iklannya tidak menyesatkan. Setelah gugatan Merisant di Philadelphia, McNeil menyetujui pengadilan juri dan pembatalan gugatannya di Puerto Rico.

Pada tahun 2007, Merisant France memenangkan kemenangan signifikan di Pengadilan Komersial Paris melawan anak perusahaan McNeil Nutritionals LLC, perusahaan Amerika yang memasarkan Splenda. Pengadilan memberikan ganti rugi kepada Merisant $54,000 dan memerintahkan para terdakwa untuk menghentikan klaim iklan yang ditemukan melanggar undang-undang perlindungan konsumen Prancis. Klaim iklan yang ditemukan melanggar hukum Prancis dan yang harus dihentikan McNeil meliputi: "Karena berasal dari gula, sucralose rasanya seperti gula" dan "Dengan sucralose: Berasal dari gula dan rasanya seperti gula". Keputusan tersebut memerintahkan McNeil untuk mengubah semua iklan dan promosi Splenda yang mengandung klaim menyesatkan ini dan untuk mengubah semua kemasan. Pengadilan melarang distribusi produk apa pun di bawah merek dagang Splenda dengan kemasan yang tidak berubah setelah jangka waktu empat bulan setelah menjalankan putusan ini.

Keluhan Asosiasi Gula kepada Komisi Perdagangan Federal menunjukkan bahwa "Splenda bukanlah produk alami. Itu tidak dibudidayakan atau tumbuh dan tidak terjadi di alam." McNeil Nutritionals, produsen Splenda, telah menanggapi bahwa "iklannya mewakili produk dengan cara yang akurat dan informatif serta mematuhi aturan periklanan yang berlaku di negara tempat produk merek Splenda dipasarkan." Asosiasi Gula A.S. juga telah memulai situs web di mana mereka mengajukan kritik mereka terhadap sucralose.
Sekilas Tentang Minyak Ikan (Fish Oil) Pada GNC DHA+EPA
Minyak ikan disebut juga sebagai asam lemak yang berasal dari hati beberapa jenis ikan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar DHA dan EPA dalam ikan atau suplemen minyak ikan memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Menurunkan kadar trigliserida

  • Memperlambat pembentukan plak pada pembuluh darah

  • Menurunkan tekanan darah

  • Mengurangi risiko serangan jantung

  • Menjaga kulit

  • Meningkatkan fungsi otak

  • Mencegah dan menunda demensia

  • Mencegah terjadinya peradangan

  • Melebarkan pembuluh arteri dan vena

Sumber: ikan mackerel, tuna, salmon, sarden, herring, trout, dan cod.
Sekilas Tentang Omega 3 Pada GNC DHA+EPA
Omega 3 merupakan suatu tipe spesifik dari asam lemak tak jenuh ganda. Angka '3' setelah kata omega mengacu pada keberadaan struktur kimia ikatan rangkap pertamanya. Omega 3 pertama kali diteliti manfaatnya mulai tahun 1970-an dimana penduduk Greenland memiliki tingkat kesehatan yang baik sebagai contoh kecilnya tingkat penyakit jantung, rheumatoid arthritis, kolesterol, dan sebagainya. Dan berdasarkan penelitian, omega 3 yang terkandung dalam ikan yang mereka konsumsi memegang pernanan penting dalam menjaga kesehatannya. Beberapa bentuk omega 3 adalah ALA, EPA, ETA dan DHA yang masing-masing memiliki struktur dan fungsi yang berbeda.

Berikut ini beberapa manfaat omega 3 bagi kesehatan:

  • Membantu melawan depresi dan kecemasan

  • Meningkatkan kesehatan mata

  • Pada masa kehamilan, omega 3 dapat membantu perkembangan otak janin

  • Mengurangi gejala ADHD pada anak

  • Mengurangi gejala sindrom metabolik

  • Membantu mengatasi peradangan

  • Membantu melawan penyakit autoimun

  • Membantu mengurangi gangguan perubahan mood, schizophrenia, dan bipolar

  • Membantu mencegah kanker

  • Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Sumber: ikan mackarel atlantik, minyak ikan salmon, minyak hati ikan cod, kenari, biji chia, ikan haring, salmon alaska, biji rami (flaxseed), tuna albacore , ikan putih, ikan sarden, teri, natto, kuning telur.

Sekilas Tentang Stearic Acid (Asam Stearat) Pada GNC DHA+EPA
Stearic acid (asam stearat) adalah suatu asam lemak yang larut dalam air yang biasanya berasal dari lemak hewani atau lemak nabati dan minyak. Secara umum stearic acid ini digunakan dalam produksi tablet dan kapsul sebagai agen pengemulsi, agen pelarut, dan juga pelumas kapsul. Stearic acid juga digunakan dalam pembuatan lotion, deterjen, sabun, sampo, dan juga pada cocoa butter dan shea butter. Stearic acid ini aman untuk digunakan.

GNC DHA+EPA Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan GNC DHA+EPA?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. GNC DHA+EPA adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Membantu memelihara kesehatan.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai GNC DHA+EPA?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai GNC DHA+EPA:

Sebagai suplemen makanan, minum satu kapsul lunak sehari dengan makanan.

Bagaimana Cara Penyimpanan GNC DHA+EPA?

  • Di luar jangkauan anak-anak
  • Simpan di bawah suhu 30° C, tempat kering

Bagaimana Kemasan dan Sediaan GNC DHA+EPA?

Botol plastik @ 90 kapsul lunak

Berapa Nomor Izin BPOM GNC DHA+EPA?

Setiap produk obat, suplemen, makanan, dan minuman yang beredar di Indonesia harus mendapatkan izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yaitu suatu Badan Negara yang memiliki fungsi melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana produksi, melakukan pengambilan contoh produk, melakukan pengujian produk, dan memberikan sertifikasi terhadap produk. BPOM juga melakukan pengawasan terhadap produk sebelum dan selama beredar, serta memberikan sanksi administratif seperti dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut izin edar, disita untuk dimusnahkan, bagi pihak yang melakukan pelanggaran. Berikut adalah izin edar dari BPOM yang dikeluarkan untuk produk GNC DHA+EPA:

SI174308431

Berapa Harga GNC DHA+EPA?

Rp 1.245.000/Botol plastik @ 90 kapsul lunak

Apa Nama Perusahaan Produsen GNC DHA+EPA?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk GNC DHA+EPA:

Nutra Manufacturing INC – United States

Pendaftar dan Importir

Guna Nutrindo Sehat