FRAXIPARINE

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Antikoagulan Antiplatelet & Fibrinolitik (Trombolitik) > FRAXIPARINE

Produsen GlaxoSmithKline Indonesia
KomposisiNadroparin Ca.
IndikasiPencegahan tromboemboli vena dr individu yang berisiko tinggi atau sedang pada pembedahan. Pengobatan (terapi kuratif) trombosis vena dalam. Terapi angina tidak stabil atau infark miokard non gelombang Q selama fase akut, dikombinasi dengan terapi standar. Pencegahan koagulasi pada sirkulasi ekstrakorporeal selama hemodialisis (sesi umumnya berlangsung selama ≤4 jam).
DosisPencegahan penyakit tromboemboli vena: Pembedahan dengan risiko sedang trombogenik 2850 anti-Xa IU (0.3 mL)/hari. Berikan injeksi pertama sekitar 2 jam sblm op. Pembedahan dengan risiko tinggi trombogenik: Op pada panggul & lutut 38 anti-Xa IU/kg sblm & sesudah op, & dilanjutkan dengan pemberian setiap hari s/d hari ke 3 pasca op. 57 anti-Xa IU/kg mulai hari ke-4 pasca operasi. Dosis awal hrs diberikan 12 jam sblm op & 12 jam sesudah op. Terapi kuratif trombosis vena dalam 85 anti-Xa IU/kg diberikan tiap 12 jam. Dosis yang diberikan sebagai fungsi dr berat badan pasien yaitu 0.1 mL/10 kg tiap 12 jam. Terapi angina tak stabil & infark miokard non gelombang Q 2 injeksi harian SK tiap 12 jam. Dosis per injeksi adalah 86 anti-Xa IU/kg dikombinasi dengan aspirin (75-325 mg per oral, sesudah pemberian dosis muatan 160 mg) selama sekitar 6 hari hingga kondisi klinis menjadi stabil. Mencegah pembekuan darah pada sirkulasi ekstrakorporeal selama hemodialisis 65 anti-Xa IU/kg diberikan ke dalam jalur arteri dr loop dialisis pada awal sesi hemodialisis.
Kontra IndikasiRiwayat trombopenia yang diinduksi heparin (HIT) tipe I berat yang timbul selama pemberian Unfractionated Heparin (UFH) atau Low Molecular Weight Heparin (LMWH), tanda-tanda perdarahan atau tendensi yang berkaitan dengan gangguan hemostasis (koagulasi intravaskular diseminata yang tidak berhubungan dengan heparin), lesi organik yang dapat mengalami perdarahan, perdarahan intraserebral.
PerhatianRisiko perdarahan; trombopenia yang diinduksi heparin. Hamil & laktasi. Anak.
Efek SampingPerdarahan yang jelas terlihat atau sebaliknya, tersamar. Jarang: trombopenia berat, hematoma intraspinal, nekrosis kulit pada tempat injeksi, peningkatan transaminase; hiperkalemia.
Interaksi ObatOAINS, aspirin, antikoagulan oral, antiplatelet, dekstran.
Kategori Keamanan Kehamilan B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).
SediaanKemasan/Harga
Fraxiparine injeksi 9500 AXa IU/mL
(pre-filled syrup) 0.3 mL x 10 × 1’s (Rp682,494/boks)
0.4 mL x 10 × 1’s (Rp840,000/boks)
0.6 mL x 10 × 1’s (Rp1,197,000/boks)