EPINOR

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Vasokonstrikor > EPINOR

Kandungan

Norepinephrine bitartrate monohydrate.

Indikasi

Mengendalikan tekanan darah pd hipotensi akut selama feokromositomektomi, simpatektomi, poliomielitis, anestesi spinal, infark miokard, septikemia, transfusi darah & reaksi obat. Terapi tambahan utk kasus henti jantung & hipotensi berat.

Farmakologi

Mula kerja obat:

IV sangat cepat

Durasi : terbatas / pendek, efek obat berhenti dalam waktu 1-2 menit setelah pemberian infus norepinephrine dihentikan.

Absorpsi:

Secara oral norepinephrine dirusak di dalam saluran pencernaan, dan obat ini absorpsinya jelek sesudah injeksi subkutan.

Metabolisme:

Melalui catechol-o-methyltransferase (COMT) dan monoaminoksidase (MAO). Norepinephrine terutama terdistribusi ke jaringan saraf simpatetik. Obat dapat menembus plasenta tapi tidak dapat menembus blood-brain barrier.

Eksresi:

Urin ( 84%-96 %) sebagai metabolit yang tidak aktif

Mekanisme kerja:

Menstimulasi reseptor beta1-adrenergic dan alfa-adrenergic yang menyebabkan peningkatan kontratilitas dan denyut jantung serta vasokontriksi, oleh karena itu terjadi kenaikan tekanan darah sistemik dan aliran darah koroner; secara klinik efek alfa (vasokontriksi) adalah lebih besar dari pada efek beta (efek inotropik dan kronotropik)1,3. Efek terapi utama norepinephrin adalah vasokonstriksi dan stimulasi jantung.

Kontra Indikasi

  • Hipertensi (monitor tekanan darah dan kecepatan pemberian obat secara ketat), kehamilan.
  • Hipersensitif terhadap norepinephrine, bisulfit (mengandung metabisulfit), atau komponen lain dalam formulasi sediaan; hipotensi dari hipovolemia kecuali untuk pengukuran kegawatan untuk menjaga perfusi koroner dan cerebral sampai keadaan yang dikehendaki, mesentrik atau vaskular perifer trombosis kecuali untuk tindakan/ prosedur live-shaving; selama pelaksanaan anestesi dengan cyclopropane atau halothane (resiko ventrikular aritmia).

Perhatian 

Hipertensi, reaksi di tempat inj, ekstravasasi. Hamil & laktasi. Anak. Lanjut usia.

Efek Samping

Kerusakan jaringan krn iskemia. Bradikardi, aritmia, ansietas, sakit kepala temporer, kesulitan bernafas, ekstravasasi nekrosis pd tempat inj.

Interaksi Obat

Anestesi siklopropan & halotan. MAOI atau antidepresan misalnya triptilin & imipramin.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Dosis

Larutkan 4 mL dalam 1000 mL larutan yg mengandung dekstrosa 5%. Kecepatan infus: Awal 2-3 mL/mnt via infus IV. Dosis rumatan: 0.5-1 mL/mnt.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 5 ampul @ 4 ml, cairan injeksi 1 mg/ml

Izin BPOM

DKL1706715943A1

Produsen

Ethica