Enbatic Salep

Farmasi-id.com > Kulit > Enbatic Salep

By | 25/12/2018

Kandungan dan Komposisi

Tiap gram mengandung:

  • Zn Bacitracin 500 IU
  • Neomycin Sulfate 5 mg

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Untuk infeksi kulit yang disebabkan oleh kuman Gram positif dan Gram negatif yang peka terhadap Neomycin dan Bacitracin, luka bakar, luka karena operasi, pioderma dan folikulitis.

Cara Kerja Obat

Bacitracin-neomycin bekerja sinergis, dapat untuk pengobatan dan mencegah infeksi lokal pada kulit dan mukosa, luka bakar, luka karena operasi, juga untuk infeksi oleh bakteri gram positif dan gram negatif.

Efek samping

Reaksi alergi seperti ruam kulit.

Peringatan dan perhatian

  • Hati-hati pada pasien yang hipersensitif terhadap komponen obat.
  • Penggunaan yang lama dapat menyebabkan pertumbuhan yang berlebihan dari fungi dan mikroba yang resisten. Bila hal ini terjadi, hentikan obat ini dan berikan obat yang sesuai.
  • Pemakaian topikal sering menimbulkan sensitisasi.

Kontra Indikasi

Bagi penderita yang hipersensitif terhadap bacitracin dan neomycin.

Posologi

Oleskan pada kulit yang sakit 2-3 kali sehari atau menurut petunjuk dokter.

Kemasan dan Sediaan

Dus, tube 10 gram, salep

Izin BPOM

DKL9206308130A1

Harga

Rp 40.000/dus, tube 10 gram, salep

Produsen

Erela

Sekilas Tentang Neomycin
Neomycin adalah suatu obat yang masuk dalam golongan antibiotik aminoglikosida yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri gram negatif dan juga sebagian bakteri gram positif. Neomycin biasa digunakan dalam bentuk topikal seperti krim dan salep untuk diterapkan pada kulit diantaranya untuk mengobati eksim, dermatitis, dan sebagainya. Ia juga bisa digunakan secara oral yang biasanya juga dikombinasikan dengan antibiotik lain diantaranya untuk mengobati ensefalopati hepatik dan hiperkolesterolemia.

Neomycin sulfate dapat mematikan bakteri di saluran pencernaan sehingga mampu menjaga kadar amonia dalam level rendah untuk mencegah terjadinya ensefalopati hepatik. Karena cakupannya cukup luas, maka neomycin juga digunakan sebagai tetes mata. Neomycin pertama kali ditemukan pada 1949, kemudian dipatenkan setahun setelahnya dan mulai digunakan oleh dunia medis pada 1952. Neomycin bekerja dengan cara mengikat secara reversibel terhadap sub unit 30s dari ribosom bakteri sehingga menghambat sintesa protein yang pada akhirnya menghambat pertumbuhan bakteri itu.
Sekilas tentang kulit
Kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memiliki luasnya sekitar 2 m2 dengan ketebalan rata-rata 1-2 mm. Kulit terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan hipodermis atau subkutis.

Sebagai organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, kulit memiliki fungsi menutupi dan melindungi organ-organ dibawahnya, mencegah infeksi, mengatur suhu tubuh, mengekskresi zat buangan, mensintesis vitamin D, dan menjadi sensor peraba.