DIPITENZ

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Antagonis Kalsium > DIPITENZ

Kandungan

Nicardipine HCl.

Indikasi

Terapi darurat utk krisis hipertensi akut selama pembedahan. Kedaruratan hipertensi.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas. Ada dugaan hemostasis abnormal ssdh perdarahan intrakranial; peningkatan TD intrakranial pd tahap stroke akut.

Peringatan dan Perhatian 

  • Hindari penghentian terapi secara mendadak.
  • Pada pasien dengan hypertensive emergencies, jika kontrol tekanan darah diperlukan setelah terkapsulai tekanan darah yang diinginkan dan jika pemberian secara oral memungkinkan, penggantian pemberian obat secara oral harus dilakukan.
  • Pada pasien dengan hypertensive emergencies, dilaporkan bahwa tekanan darah dapat meningkat kembali apabila pemberian nicardipine HCl dihentikan secara tiba-tiba. Oleh karena itu, setelah penghentian obat secara tiba-tiba, dosis harus dikurangi secara bertahap dan tekanan darah dikontrol dengan hati-hati. Selanjutnya setelah penggantian dengan obat secara oral, pasien harus hati-hati terhadap peningkatan tekanan darah kembali.
  • Pasien dengan gangguan hati atau ginjal. Secara umum, hipotensi akut pada pasien dengan gangguan ginjal berat dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal.
  • Penggunaan nicardipine HCl dapat memperburuk gejala stenosis aorta.
  • Karena efek nicardipine HCl dapat berbeda pada setiap pasien, maka nicardipine HCl harus diberikan secara hati-hati dengan pemantauan yang ketat terhadap tekanan darah dan detak jantung.
  • Jika terjadi hipotensi yang disebabkan oleh overdosis nicardipine HCl, pemberian harus dihentikan. Vasopresor (norepinephrine) harus diberikan jika diperlukan pemulihan tekanan darah yang cepat.
  • Jika muncul rasa nyeri atau kemerahan pada area penyuntikan setelah pemberian nicardipine HCl jangka panjang, maka area penyuntikan harus dipindah.
  • Diketahui bahwa beberapa pasien pada periode pemantauan setelah operasi jantung terbuka, dapat mengalami kegagalan sirkulasi dan menunjukkan gejala gagal jantung. Efikasi nicardipine HCl untuk pasien tersebut belum diketahui.
  • Seperti obat parenteral lain, partikel dan perubahan warna sediaan injeksi nicardipine HCl harus diperiksa secara visual sebelum diberikan. Larutan nicardipine HCl jernih dan berwarna kuning pucat.

Efek Samping

Takikardi, kemerahan & rasa panas pd wajah, ileus paralitik, hipoksemia, nyeri angina, trombositopenia, ggn fungsi hati & ikterus.

Interaksi Obat

Penghambat HIV-protease & obat hipotensi lainnya, β-blocker, propanolol,fentanyl, digoksin, imunosupresan, siklosporin, takrolimus hidrat, fenitoin, rifamisin, dantrolene Na, tandospirone, nitrogliserin & relaksan, pankuronium bromida, vekuronium bromida.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Dosis

Terapi darurat utk krisis hipertensi akut selama pembedahan:

2-10 mcg/kg BB/mnt secara infus IV drip hingga nilai TD yg diinginkan tercapai. Utk memperoleh penurunan TD secara cepat, berikan dosis 10-30 mcg/kg secara inj IV.

Kedaruratan hipertensi:

0.5-6 mcg/kg/mnt secara infus IV drip dg kecepatan 0.5 mcg/kg BB/mnt hingga nilai TD yg diinginkan tercapai.

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30°C, terlindung dari cahaya.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 10 ampul @ 10 ml, cairan injeksi 1 mg/ml

Izin BPOM

DKL1604524443A1

Produsen

Darya Varia