DENTASOL

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Obat Gigi dan Mulut > DENTASOL

Komposisi 

  • Benzocaine 63 mg,
  • Cetylpyridinium Chloride 0,2 mg,
  • Champora 0,85 mg,
  • Mentholum 0,77 mg,
  • Phenolum 5 mg.

Indikasi 

Untuk Pengobatan Radang gusi, sariawan, sakit gigi, sakit karena rangsangan saat pertumbuhan gigi.

Farmakologi

Dentasol merupakan anestetik dan antiseptik yang efektif dan aman serta dapat digunakan seluruh anggota keluarga untuk menghilangkan dan meredakan sakit gigi, radang gusi, dan sariawan.

Dentasol bekerja cepat untuk meredakan rasa sakit karena Benzocaine akan segera meresap masuk ke dalam jaringan dan memberikan efek anestesi/pati rasa yang kuat dan lama.

Perhatian

  • Jangan digunakan untuk jangka waktu yang lama, bila gejala-gejala belum menunjukkan perbaikan, segera diperiksakan pada dokter.
  • Tidak untuk anak-anak dibawah 6 tahun.
  • Obat keras, tidak boleh ditelan.

Dosis

Oleskan dengan kapas pada tempat yang sakit, jika perlu diulang setiap 3-4 jam.

Penyimpanan

Simpan pada suhu dibawah 30°C, terlindung dari cahaya.

Kemasan dan Sediaan

Dus, botol plastik @ 10 ml, cairan obat luar

Izin BPOM

DTL8706303641A1

Harga

Rp 8.000/botol 10 ml

Produsen

Erela

Sekilas Tentang Menthol dan Manfaatnya

Menthol adalah senyawa organik yang dibuat secara sintetis biasanya berasal dari herbal peppermint, eucalyptus dan pennyroyal. Mentol memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Diterapkan secara topikal atau digunakan secara oral, mentol telah terbukti membantu mengobati masalah pencernaan, nyeri, peradangan dan hidung tersumbat.

Manfaat Camphor

Pada jaman dahulu camphor dibuat dengan mendistilasi kulit kayu dan pohon camphor. Saat ini, camphor diproduksi secara kimia dari minyak terpentin seperti yang digunakan dalam produk seperti Vicks VapoRub.

Camphor dapat digosokkan pada kulit (aplikasi topikal) atau dihirup. Camphor topikal digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi rasa gatal, mengobati infeksi jamur pada kuku kaki, kutil, luka dingin, wasir, dan osteoartritis. Camphor topikal juga digunakan untuk meningkatkan aliran darah lokal dan sebagai "counterirritant," yang mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dengan menyebabkan iritasi. 

Beberapa orang menggunakan camphor untuk mengobati penyakit saluran pernapasan, dan mengobati gejala penyakit jantung. Camphor juga digunakan secara topikal sebagai obat tetes telinga, dan untuk mengobati luka bakar ringan. Camphor juga dapat dihirup untuk mengatasi batuk.