Cotazym Forte

Farmasi-id.com > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Digestan > Cotazym Forte

By | 01/01/2017

Kandungan dan Komposisi

Tiap tablet mengandung : Lipase not <6000 FIP u, protease not <350 FIP u, amylase not <4000 FIP u, ox bile extr 65 mg corresponding to 30 mg cholic acid, cellulase 10 mg to an activity of 2.5 Wallerstein u.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Kekurangan enzim pankreas relatif atau mutlak, dan keadaan yang berkaitan dengan tinja yang berlemak & tinta yang banyak mengandung nitrogen; batu empedu, rasa tidak enak pada perut.

Kontra Indikasi

Alergi terhadap protein hewani.

Perhatian

Hipertensi, riwayat gagal jantung kronik, keadaan edematosa & anak-anak kecil.

Efek Samping

Hiperurisemia, hiperurikosuria.

Kemasan dan Sediaan

Tablet salut selaput 5 x 6.

Dosis dan Aturan Pakai

2-3 tablet pada saat makan atau segera setelah makan atau 1 tablet diantara waktu makan makanan kecil.

Tablet harus ditelah dalam keadaan utuh, lebih baik dengan air.

Pemberian Obat

Dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

Harga

Rp 165.000/dus

Produsen

Organon

Sekilas Tentang Cellulose (Microcrystalline Cellulose)
Cellulose (microcrystalline cellulose) adalah suatu zat atau materi yang ditemukan pada kayu, kapas, rami, dll yang biasa digunakan untuk memberi kepadatan pada suatu tablet atau kapsul. Kapsul atau tablet yang keras tapi dapat larut dengan cepat, itulah fungsi cellulose, memberikan kepadatan sekaligus untuk mengatur seberapa cepat kadar kelarutan yang diinginkan. Cellulosa juga digunakan untuk pengisi kapsul atau tablet, terlebih jika dosis obat itu rendah dan juga untuk memperkeras kapsul dan tablet itu agar tidak mudah hancur/pecah.

Cellulose pertama kali ditemukan oleh ahli kimia berkebangsaan Perancis, Anselme Payen pada tahun 1838. Tahun 1992, Kobayashi dan Shoda berhasil membuat cellulosa artifisial tanpa menggunakan enzim yang berasal dari makhluk hidup apapun termasuk tumbuhan. Cellulosa ini termasuk dalam bahan tambahan yang aman untuk digunakan dalam produksi obat. Selain dalam industri farmasi, cellulose juga digunakan dalam produksi makanan dan kosmetik.