Ceftigra

By | September 9, 2021 |

KOMPOSISI :

Ceftriaxone 1 g

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Ceftigra

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Ceftigra adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Untuk infeksi sedang/berat bakteri yang sensitif terhadap antibiotik Cephalosporin generasi ke 3

Kontra Indikasi :

Pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap antibiotik cephalosporin


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Ceftigra Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan , yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Ceftigra?

Jika Anda lupa menggunakan Ceftigra, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Ceftigra Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Ceftigra?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Ceftigra yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Efek Samping Ceftigra

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Ceftigra yang mungkin terjadi adalah:

:

Anafilaksis; tromboflebitis (pada pemberian IM); eritema multiformis; superinfeksi; hipooprotrombinemia; anemia hemolitik; trombositopenia, eosinofilia, leukopenia, granulositosis; halusinasi, vertigo, disorientasi; gangguan fungsi ginjal; menyebabkan hasil positif pada tes coomb; peningkatan jumlah enzim hati, fosfatase alkali dan transaminase serum; peningkatan ekskresi alanin amino peptidese pada penderita gangguan fungsi ginjal; peningkatan BUN, SGOT, SGPT; sakit kepala, rasa tidak nyaman, moniliasis, vaginitis, diaforesis, rasa panas dan kemerahan pada wajah, leukositosis, monositoris, basofilia, ikterus, gangguan pada kandungan empedu

Peringatan :

Pregnancy label golongan B

Perhatian Penggunaan Ceftigra

Penggunaan jangka lama dapat menghambat sintesa Vitamin K dan juga pertumbuhan candida albicans berlebih. Penderita dengan gangguan Gl. Penderita gagal ginjal. Bayi baru lahir (neonatus). Hamil dan laktasi. Lanjut usia

Aturan Pakai :

Dewasa dan anak anak di atas 12 tahun : dosis maksimal 4g/hari
Gonorrhoeae : 250mg intra muscular sebagai dosis tunggal
Infeksi lain : 1-2 gr intra muscular/intra vena setiap 24 jam atau 500mg-1g setiap 12 jam
Anak dibawah 12 tahun : loading dose 100 mg/kg lalu 25-50mg/kg setiap 12 jam

Cara Penyimpanan :

Dalam suhu ruangan

Kemasan dan Sediaan Ceftigra

:

1 vial @1 gram serbuk injeksi

Sekilas Tentang Graha Farma
PT Graha Farma merupakan suatu perusahaan farmasi yang didirikan pada 1988. Perusahaan ini memiliki pabrik di Kebakkramat, Karanganyar, Jawa Tengah. PT Graha Farma memproduksi berbagai jenis produk farmasi, baik berupa obat keras (obat resep), obat OTC, vitamin, suplemen, dan kosmetik dalam berbagai bentuk sediaan seperti tablet, kapsul, liquid, sirup, injeksi dan lain-lain. Beberapa produk yang diproduksi diantaranya amoxicillin, mefenamic acid, Bactazon, Ceftriga, Biomega, Grafazol, Grafloxin, Alfidon, Atmacid, Grafadon, Cholesvit, Ostine, Prokalk, dan Sangotonik.

Untuk memperluas cakupan produksi, pemasaran dan distribusi, perusahaan ini bekerjasama dengan perusahaan lain baik dari dalam maupun luar negeri seperti Sanquin (Belanda), Sanochemia (Swiss), Sanochemia Pharmazeutika AG (Austria), Kwangdong (Korea Selatan), bbcos (Italia), Midascare Pharmaceuticals (India), CSPC BAIKE (China), World Medicine (Turki), PT Indofarma Global Medika, PT Merapi Utama Pharma, PT Penta Valent, PT Mensa Bina Sukses, dan lain-lain. Kantor pusat PT Graha Farma ada di Solo, Jawa Tengah.
Produk Lainnya Dengan Kandungan Ceftriaxone

Ceftriaxone – Farmasi-id.com Portal Informasi Obat

Produk Lainnya Artikel Lainnya
    Komentar


    Leave a Reply

    Email address will not be published. Required fields are marked *