Byetta Long

Farmasi-id.com > Sistem Endokrin & Metabolik > Obat Antidiabetes > Byetta Long

By | 21/11/2018

Kandungan dan Komposisi Byetta Long

Exenatide

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Terapi tambahan selain diet dan olahraga pada pasien diabetes mellitus tipe 2 yang tidak dapat dikendalikan dengan metformin dan/atau sulfonilurea. Digunakan dengan metformin dan/atau sulfonilurea.

Cara Kerja Obat

Obat ini membantu pankreas dalam menghasilkan insulin dengan lebih efisien. Obat diabetes lain kadang digunakan bersamaan dalam kombinasi dengan exanatide, jika diperlukan.

Peringatan

Penyakit gastrointestinal berat, berpotensi terjadi pankreatitis akut, dapat menyebabkan penurunan berat badan lebih dari 1,5 kg per minggu, kombinasi dengan sulfonilurea dapat menyebabkan hipoglikemi, gagal ginjal berat, lansia.

Interaksi

Eksenatid memperlambat pengosongan lambung sehingga dapat mengurangi absorpsi obat lainnya dalam bentuk oral, konsumsi obat oral 1 jam sebelum atau 4 jam sesudah penggunaan eksenatid. Penggunaan bersama warfarin berpotensi meningkatkan INR.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas, ketoasidosis diabetik, diabetes mellitus tipe 1, diabetes mellitus tipe 2 yang menerima pengobatan dengan insulin, kehamilan, menyusui.

Efek Samping

Hipoglikemi, mual, muntah, diare, nafsu makan berkurang, sakit kepala, pusing, dispepsia, nyeri abdomen, refluks gastroesofageal, distensi abdomen, hiperhidrosis, gelisah, astenia, penurunan berat badan, dan imunogenisitas (pasien dapat menghasilkan antibodi anti-eksenatid).

Dosis dan Aturan Pakai

Dewasa, 18 tahun ke atas, dosis awal: injeksi subkutan 5 mcg dua kali sehari selama satu bulan. Dosis dapat ditingkatkan hingga maksimal 10 mcg dua kali sehari. Dosis di atas 20 mcg tidak disarankan. Diberikan satu jam sebelum makan.

Tidak boleh diberikan setelah makan. Jika ada dosis terlewat, lanjutkan sesuai jadwal dosis selanjutnya.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 4 single-dose prefilled pens, serbuk injeksi 2 mg

Izin BPOM

DKI959602644A1

Produsen

Astrazeneca UK Limited

Pendaftar

Astra Zeneca Indonesia

Sekilas Tentang Diabetes
Diabetes merupakan kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan benar. Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Diabetes yang umum terjadi adalah diabetes Tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes Tipe 1 pankreas tidak dapat memproduksi insulin sedangkan pada diabetes tipe 2 pankreas dapat membuat insulin tapi dalam kadar yang tidak cukup banyak. Ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan insulin secara optimal. Meningkatnya kadar gula dalam darah akan membuat penderita diabetes sering merasa haus atau lapar dan juga sering buang air kecil.

Antidiabetes merupakan obat yang mengontrol tingkat glukosa (gula) dalam darah pada penderita diabetes.

Informasi lengkap mengenai diabetes dapat Anda baca di sini.