Kandungan dan manfaat buah stroberi untuk kesehatan

FARMASI-ID.COM > Blog | Farmasi-id.com > Kandungan dan manfaat buah stroberi untuk kesehatan

By | 30/03/2019

Stroberi pasti disukai oleh kita semua, terlebih oleh anak-anak. Konon buah yang satu ini berasal dari benua Eropa dan menyebar keseluruh dunia mulai abad ke-18. Ada dua spesies stroberi yakni stroberi Amerika Utara dan Chile. Buah ini memiliki rasa yang merupakan perpaduan antara rasa manis dengan kecut atau masam.

Apa saja kandungan dalam buah stroberi?

Stroberi kaya akan vitamin C, vitamin B9, dan manganese serta potassium. Stroberi juga mengandung antioksidan yang membantu sel tubuh kita terlindungi dari radikal bebas sekaligus menjaga kesehatan jatung dan mengontrol kadar gula darah.

Dalam 100 gram stroberi, memiliki kandungan sebagai berikut:

KandunganJumlah
Kalori32
Air91%
Protein0,7 gram
Karbohidrat7,7 gram
Gula4,9 gram
Serat2 gram
Lemak0,3 gram
Karbohidrat

Buah stroberi sangat tinggi kadar airnya sehingga total karbohidratnya relatif rendah, kurang dari 8 gram per 100 gram. Karbohidrat ini berasal dari kandungan gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Indeks glikemik stroberi adalah 40 yang termasuk rendah yang berarti mengonsumsi stroberi tidak membuat kenaikan kadar gula darah secara signifikan sehingga aman untuk penderita diabetes.

Serat

Kandungan serat dalam 100 gram stroberi sekira 2 gram baik serat larut maupun serat tidak larut. Serat penting bagi tubuh khususnya pencernaan agar bakteri ramah dalam usus dapat bekerja sehingga kondisi pencernaan tetap sehat dan kita tidak terkena konstipasi. Selain itu mengonsumsi makanan yang mengandung serat dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah berbagai macam penyakit.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam vitamin C antara lain:

  • Vitamin C: vitamin C adalah antioksidan yang diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.
  • Vitamin B9 (folat): salah satu dari jenis vitamin B komplek yang penting bagi perkembangan jaringan dan fungsi sel. Vitamin ini juga penting untuk wanita hamil dan lansia.
  • Manganese: biasa ditemukan dalam berbagai biji-bijiaan, polong-polongan, buah-buahan, dan sayuran. Mineral ini penting untuk mendukung berbagai fungsi penting di dalam tubuh.
  • Potassium: mineral ini mendukung berbagai fungsi esensial tubuh seperti mengatur tekanan darah.

Ada juga kandungan lain yang jumlahnya tidak signifikan seperti besi, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, vitamin K, dan vitamin E.

Kandungan lainnya

Kandungan lainnya yang ada dalam stroberi seperti:

  • Pelargonidin: antosianin pada stroberi, komponen yang bertanggung jawab memberi warna merah pada stroberi.
  • Ellagic acid: ditemukan dalam jumlah yang tinggi pada stroberi. Komponen ini adalah antioksidan polifenol yang memiliki banyak manfaat kesehatan.
  • Ellagitannin: berhubungan dengan ellagic acid. Komponen ini merubah ellagic acid di dalam usus.
  • Procyanidin: antioksidan ini umum ditemukan pada daging dan biji stroberi. Manfaatya bagi kesehatan juga banyak.
Antosianin

Lebih dari 25 antosianin yang berbeda-beda ditemukan dalam stroberi. Antosianin yang jumlahnya paling banyak adalah pelargonidin.

Apa itu antosianin? Antosianin adalah komponen yang bertanggung jawab untuk memberi warna cerah baik pada buah maupun sayuran. Biasanya paling banyak pada kulit buah, tapi pada stroberi, antosianin juga banyak dijumpai di daging buahnya. Makanan yang mengandung banyak antosianin maka baik bagi kesehatan jantung.

Ellagitannin dan ellagic acid

Stroberi termasuk salah satu buah dengan tingkat kandungan antioksidan tertinggi. Ellagitannin dan ellagic acid merupakan antioksidan yang ditemukan dalam stroberi. manfaatnya adalah melawan bakteri dan mengurangi risiko kanker.

Apa saja manfaat stroberi bagi kesehatan?

Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penelitian menemukan fakta adanya hubungan antara konsumsi buah beri seperti stroberi yang kaya antosianin mampu menjaga kesehatan jantung. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi buah beri secara rutin maka tingkat risiko kematian akibat penyakit jantung lebih rendah.

Buah beri kemungkinan mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL), menjaga kestabilan tekanan darah, dan menjaga kesehatan keping darah. Selain itu stroberi juga dapat menurunkan stres oksidatif, mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, meningkatkan kadar lipid darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL)

Mengendalikan kadar gula darah

Saat karbohidrat dicerna, tubuh akan memecahnya menjadi gula sederhana dan melepaskannya ke aliran darah. Maka tubuh akan mengeluarkan insulin yang menyampaikan pada sel untuk mengambil gula dari aliran darah dan menggunakannya sebagai sumber energi atau cadangan. Ketidakseimbangan gula darah dan diet tinggi gula berhubungan dengan meningkatnya risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Stroberi mampu memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan glukosa dan insulin setelah mengonsumsi makanan kaya karbohidrat.

Mencegah kanker

Karakteristik dari penyakit kanker adalah sel abnormal tumbuh dan berkembang dengan tidak terkontrol. Formasi kanker dan progresnya sering dihubungkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah beri dapat mencegah beberapa tipe kanker melalui kemampuannya untuk melawan stres oksidatif dan peradangan.

Stroberi menunjukkan mampu menghambat pertumbuhan pembentukan tumor pada hewan dengan kanker mulut dan pada manusia yang terkena kanker hati. Kemungkinan efek pencegahan itu berhubungan dengan adanya ellagic acid dan ellagitannin yang menghentikan pertumbuhan sel kanker. Diperlukan penelitian yang lebih mendalam tentang hal ini agar diperoleh hasil yang lebih komprehensif.

Efek Samping

Umumnya stroberi aman dikonsumsi oleh siapa saja ,namun kadang ada juga orang yang alergi, biasanya pada anak-anak. Orang yang alergi pada stroberi biasanya juga alergi pada apel, sebab keduanya mengandung jenis protein yang serupa. Gejala alerginya seperti gatal-gatal, kesemutan di mulut, sakit kepala, pembengkakan (bibir, wajah, lidah, tenggorokan), serta pada beberapa kasus yang parah terjadi gangguan pernapasan.

Daftar pustaka:

[bg_collapse view=”button-blue” color=”#fff” expand_text=”Show ” collapse_text=”Hide” ]

  • 10 Health and Wellness Benefits of Strawberries. https://www.wellwithinbeauty.com/blogs/volume-53/10-health-and-wellness-benefits-of-strawberries. Diakses 30 Maret 2019.
  • 19 Best Benefits Of Strawberries For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-strawberries-for-skin-hair-and-health/. Diakses 30 Maret 2019.
  • The health benefits of strawberries. https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/ingredient-focus-strawberries. Diakses 30 Maret 2019.
  • 18 Nutritional Benefits of Strawberries. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/strawberries.html. Diakses 30 Maret 2019.
  • 8 Reasons To Eat 8 Strawberries A Day. https://tobyamidornutrition.com/2016/07/8-reasons-to-eat-strawberries/. Diakses 30 Maret 2019.

[/bg_collapse]