ARTESUN

Farmasi-id.com > Antiinfeksi (Sistemik) > Antimalaria > ARTESUN

By | 01/09/2018

Kandungan

Artesunate

Indikasi

Pengobatan malaria berat termasuk malaria Plasmodium falciparum yang resisten terhadap klorokuin.

Peringatan 

Suntikkan setelah melarut, jangan digunakan jika terbentuk kekeruhan, tidak boleh diberikan sebagai infus. Lakukan pengobatan selama 5 hari pada malaria falciparum yang resisten terhadap klorokuin. Tidak direkomendasikan untuk diberikan pada wanita hamil, selama menggunakan obat ini tidak diperbolehkan mengendarai atau menjalankan mesin.

Interaksi Obat

Pemberian bersama dengan meflokuin dapat meningkatkan efek kuratif.

Kontra Indikasi

Pasien dengan riwayat hipersensitivitas.

Efek Samping

Mual, muntah diare, pankreatitis, pusing, berkunang-kunang, sakit kepala, insomnia, tinnitus, ruam, batuk, arthralgia.

Dosis

Sesuai petunjuk dokter.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 1 vial @ 60 mg + 1 ampul sodium bicarbonate @ 1 ml + 1 ampul sodium chloride @ 5 ml

Izin BPOM

DKI1310800444A1

Produsen

Guilin Pharmaceutical Co. Ltd – China

Pendaftar

Pharma Laboratories – Indonesia

Sekilas Tentang Malaria
Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia dan hewan lain yang disebabkan oleh protozoa parasit (sekelompok mikroorganisme bersel tunggal) dalam tipe Plasmodium. Malaria menyebabkan gejala yang biasanya termasuk demam, kelelahan, muntah, dan sakit kepala. Dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kulit kuning, kejang, koma, atau kematian. Gejala biasanya muncul sepuluh sampai lima belas hari setelah digigit. Jika tidak diobati, penyakit mungkin kambuh beberapa bulan kemudian. Pada mereka yang baru selamat dari infeksi, infeksi ulang biasanya menyebabkan gejala ringan. resistensi parsial ini menghilang selama beberapa bulan hingga beberapa tahun jika orang tersebut tidak terpapar terus-menerus dengan malaria.

Penyakit ini paling sering ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi. Gigitan nyamuk memasukkan parasit dari air liur nyamuk ke dalam darah seseorang. Parasit bergerak ke hati di mana mereka dewasa dan bereproduksi. Lima spesies Plasmodium dapat menginfeksi dan disebarkan oleh manusia. Sebagian besar kematian disebabkan oleh P. falciparum karena P. vivax, P. ovale, and P. malariae umumnya menyebabkan bentuk yang lebih ringan dari malaria. Spesies P. knowlesi jarang menyebabkan penyakit pada manusia. Malaria biasanya didiagnosis dengan pemeriksaan mikroskopis darah menggunakan film darah, atau dengan uji diagnostik cepat berdasarkan-antigen. Metode yang menggunakan reaksi berantai polimerase untuk mendeteksi DNA parasit telah dikembangkan, tetapi tidak banyak digunakan di daerah di mana malaria umum karena biaya dan kompleksitasnya.

Antimalaria adalah zat yang digunakan untuk mematikan parasit malaria.