ADAPALENE

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Kulit > Preparat Akne > ADAPALENE

Indikasi

Adapalene merupakan retinoid topikal generasi ke-3 yang digunakan untuk terapi jerawat (akne) pertengahan sampai moderat. Selain itu juga digunakan untuk terapi keratosis pilaris dan kondisi kulit lainnya. Adapalene dipasarkan oleh Galderma dengan merek dagang Differin dan Adaferin.

Farmakodinamika

Adapalene dalam konsentrasi kecil merupakan moderator diferensiasi seluler, keratinisasi, dan proses inflamasi. Akibatnya memiliki efek pengelupasan dan antiinflamasi.

Farmakokinetik

Adapalene bekerja dengan mengikat reseptor asam retinoat spesifik yang menormalisir diferensiasi sel epitel folikel sehingga mengakibatkan aktivitas pembentukan microcomedone menjadi menurun.

Kontra Indikasi

Wanita hamil, hipersensitivitas.

Efek Samping

Iritasi kulit ringan, scaling, eritema, kulit kering, sensasi menyengat dan terbakar, pruritus.

Perhatian

  • Pasien dengan kulit terbakar matahari, eksim.
  • Hamil, menyusui.
  • Hindari terpapar sinar matahari atau radiasi ultraviolet.
  • Jauhkan dari mata, bibir, lubang hidung, dan selaput lendir.
  • Tidak digunakan untuk kulit luka, bersisik, lecet, maupun luka akibat terbakar sinar matahari.
  • Gunakan dengan hati-hati khususnya pada preparat yang mengandung sulfur, resorsinol, dan asam salisilat.

Interaksi Obat

Peningkatan iritasi mungkin terjadi dengan penggunaan sabun medicated maupun abrasif serta produk yang mengandung alkohol dan astringen.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori C: Studi terhadap binatang percobaan, memperlihatkan adanya efek-efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terkontrol pada wanita hamil dan binatang percobaan. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Dosis dan Aturan Pakai

Dewasa:

Topikal, 0,1% solution/krim/gel diaplikasikan tipis pada area kulit yang terdampak, sekali sehari pada malam hari setelah terlebih dahulu dibersihkan.

Sediaan

Krim, gel.

Cara Penyimpanan

Simpan di bawah suhu 25°C.

Nama Brand

Deriva, Evalen, Palenox.