Zentropil

Farmasi-id.com > Sistem Saraf Pusat > Antikonvulsan > Zentropil

By | 03/12/2018 | Berikan Ulasan

Kandungan dan Komposisi Zentropil

Phenytoin Sodium (Phenytoin Na.)

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Zentropil

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Berikut ini indikasi dari Zentropil:

Mengendalikan status epileptikus dr kejang grand mal. Pencegahan & pengobatan kejang selama bedah saraf.

Kontraindikasi

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Zentropil dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Hipersensitivitas terhadap fenitoin atau hidantoin lain. Kejang akibat  hipoglikeia atau kejang lainnya yang tidak diketahui penyebabnya.

Perhatian

Kurangi dosis secara bertahap pada saat mengurangi, menghentikan pemberian dosis, atau mengganti dengan jenis antikonvulsan lainnya. Gangguan fungsi hati, diskrasia darah, pasien lanjut usia & pasien dalam kondisi lemah.  Dpt meningkatkan kadar glukosa pada pasien dengan diabetes. Hipotensi, insufisiensi miokard berat.

Efek Samping Zentropil

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dapat terjadi setelah pemberian Zentropil:

Nistagmus, ataksia, bicara yang tidak jelas, kebingungan mental, pusing, insomnia, gugup, sentakan motorik, sakit kepala; mual, muntah, konstipasi, hepatitis toksik, kerusakan hati; ruam morbiliform; trombositopenia, leukopenia, granulositopenia, agranulositosis, pansitopenia, makrositosis, anemia megaloblastik, limfadenopati; wajah kasar, pembesaran bibir, hiperplasia gingiva, hirsutisme, penyakit Peyronie; periarteritis nodosa; sindrom hipersensitivitas, lupus eritematosus sistemik, imunoglobulin abnormal.

Interaksi Obat

LAINNYA:  Cortab

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Zentropil antara lain:

  • Dapat meningkatkan kadar serum phenytoin dg alkohol (asupan akut), azapropazone, fenilbutazon, salisilat, halotan, kloramfenikol, eritromisin, INH, sulfonamid, falbamat, succinimides, amfoterisin B, flukonazol, ketokonazol, mikonazol, itrakonazol, chlordiazepoksida, diazepam, disulfiram , methylphenidate, trazodone, viloxazine, amiodarone, dicumarol, diltiazem, nifedipine, ticlodipine, cimetidine, estrogens, tolbutamide, omeprazole, fluoxetine, fluvoxamine, sertraline. Dapat menurunkan kadar phenytoin serum dg alkohol (asupan kronis), rifampisin, siprofloksasin, vigabatrin, sukralfat, teofilin, reserpin, diazoksida
  • Dapat meningkatkan atau menurunkan kadar serum phenytoin dengan carbamazepine, phenobarb, Na valproate, asam valproat, teniposida, chlordiazepoxide, diazepam
  • Dapat mengubah tingkat darah & / atau efek doxycycline, praziquantel, rifampin, tetrasiklin, lamotrigin, azoles, teniposida, teofilin, digitoksin, nicardipine, nimodipine, quinidine, verapamil, kortikosteroid, antikoagulan coumarin, siklosporin, furosemid, estrogen, kontrasepsi oral, diazoksida, alcuronium, pancuronium, vecuronium, metadon, klorpropamid, glyburide, tolbutamide, clozapine, paroxetine, sertraline
  • Penurunan kadar plasma dg persiapan makanan enteral & / atau suplemen nutrisi terkait
  • Penurunan kadar serum yodium terikat protein
  • Dapat menghasilkan nilai yang lebih rendah dari normal untuk tes deksametason atau metyrapone
  • Peningkatan kadar serum glukosa, alkalin fosfatase & γ-glutamil transpeptidase
  • Dapat mempengaruhi tes metabolisme darah Ca & gula darah

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil

Kategori D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).

LAINNYA:  Tarontal

Dosis dan Aturan Pakai Zentropil

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Zentropil:

Dewasa Awal:

300 mg setiap hari dalam 3 dosis terbagi sama.

Perawatan:

300-400 mg setiap hari dalam 3-4 dosis terbagi secara berturut-turut. Peningkatan hingga 600 mg setiap hari dapat dilakukan jika diperlukan.

Dosis muatan oral:

1 g dibagi dalam 3 dosis (400 mg, 300 mg, 300 mg) diberikan dalam interval 2 jam.

Anak:

Awalnya 5 mg / kg / hari dalam 2 atau 3 dosis terbagi sama. Maks: 300 mg setiap hari. Perawatan: 4-8 mg / kg. Anak> 6 thn & remaja Mungkin membutuhkan dosis dewasa minimum (300 mg / hari).

Pemberian Obat

Harus diambil dengan makanan: Telan utuh, jangan dibuka / dikunyah / dihancurkan.

Kemasan dan Sediaan

Dus @ 10 blister @ 10 kapsul 100 mg

Izin BPOM

DKL8713603601A1

Produsen Zentropil

Lucas Djaja

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Zentropil Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Zentropil, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Zentropil?

Jika Anda lupa menggunakan Zentropil, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Zentropil Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Zentropil?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Zentropil yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Sekilas Tentang Obat Antikonvulsan
Antikonvulsan merupakan obat yang berfungsi mencegah, mengurangi, mengatasi serangan kejang.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2018, 3 Desember). Zentropil. Diakses pada 25 Januari 2020, dari https://www.farmasi-id.com/zentropil/


Format MLA (Modern Language Association)

"Zentropil". Farmasi-id.com. 3 Desember 2018. 25 Januari 2020. https://www.farmasi-id.com/zentropil/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Zentropil", 3 Desember 2018, <https://www.farmasi-id.com/zentropil/> [Diakses pada 25 Januari 2020]


Bagikan ke Rekan Anda