Zenirex Expectorant

By | Juli 22, 2021 |

Zenirex
Expectorant

Kandungan dan Komposisi Zenirex Expectorant

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Zenirex Expectorant adalah:
Satu sendok teh (5 ml) mengandung:
Promethazini HCl ……….. 5 mg
Ipecacuanhae Extractum ……….. 4 mg
Glicerylis Guaiacolas ……….. 50 mg

Promethazini HCl termasuk derivat phenothiazin yang bekerja secara kompetitive dengan reseptor H 1.
Ipecacuanhae extractum dan glycerilis guaiacolas sebagai expectorant dengan merangsang sekresi saluran pernapasan sehingga menurunkan viscositas dan mempermudah pengeluaran dahak.

Sekilas Tentang Guaifenesin (Glyceryl Guaiacolate) Pada Zenirex Expectorant
Guaifenesin (glyceryl guaiacolate) adalah suatu obat yang memiliki fungsi sebagai ekspektoran atau peluruh dahak, pengencer lendir saluran napas. Obat ini telah digunakan oleh dunia medis sejak tahun 1933 dan cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan volume dan mengurangi viskositas sekresi di trakea dan bronkus sehingga membantu aliran sekresi di saluran pernapasan dan membuat pergerakan siliaris membawa sekresi menuju ke faring. Pada akhirnya meningkatkan efisiensi refleks batuk dan membantu pembuangan sekresi. Sifat guaifenesin selain sebagai ekspektoran juga sebagai relaksan otot dan antikonvulsan serta sebagai antagonis reseptor NMDA.

Asal-usul obat ini kemungkinan dimulai saat orang Spanyol menaklukkan Santo Domingo pada abad ke-16 dan menemukan kayu Guaiacum kemudian membawanya ke Eropa kemudian ternyata didalamnya memiliki kandungan sebagai obat sifilis dan obat lainnya. Kayu Guaiacum ternyata juga memiliki kandungan stimulan untuk sakit tenggorokan.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Zenirex Expectorant

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Zenirex Expectorant adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


Untuk meredakan batuk yang berdahak atau batuk yang disebabkan oleh alergi.

Kontraindikasi Zenirex Expectorant

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Zenirex Expectorant dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:


penderita yang hipersensitif terhadap salah satu komponen.

Aturan Pemakaian:
dewasa: sehari 2 – 4 sendok teh setiap 4 jam
anak-anak 6 – 12 tahun: 1 – 2 sendok teh setiap 4 jam
2-6 tahun: 1/2 sendok teh setiap 4 jam
dibawah 2 tahun harus dibawah pengawasan dokter

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Zenirex Expectorant Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan , yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Zenirex Expectorant?

Jika Anda lupa menggunakan Zenirex Expectorant, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Zenirex Expectorant Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Zenirex Expectorant?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Zenirex Expectorant yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Efek Samping Zenirex Expectorant

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Zenirex Expectorant yang mungkin terjadi adalah:


Pada penderita yang peka, zenirex expectorant dapat menimbulkan rasa mengantuk.
Kadang-kadang penglihatan kabur, mulut kering, meningkatnya tekanan darah, mual muntah, diare, iritasi saluran cerna.

Perhatian Penggunaan Zenirex Expectorant

  • Selama minum obat ini tidak diperkenankan mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin, karena obat batuk ini mempunyai efek mengantuk
  • Hati-hati penggunaan pada penderita Narrow angle glaukoma, tukak lambung, obstruksi piloroduonal, obstruksi saluran urin, penyakit kardiovaskular dan kerusakan fungsi hati
  • Keamanan penggunaan pada anak dibawah 2 tahun belum diketahui dengan pasti
  • Penggunaan pada wanita hamil dan menyusui jika benar-benar diperlukan

Interaksi Obat Zenirex Expectorant

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Zenirex Expectorant antara lain:


Pemberian bersamaan dengan alkohol, analgetik narkotik, hipnotik, anti depresan trinsiklik, tranquilizers, menghasilkan efek editif, sehingga dosis harus diperkecil.

Kemasan, Sediaan, dan Harga Zenirex Expectorant


botol berisi 60 ml
Reg.No.: DTL 7827909637 A1

Simpan ditempat yang sejuk dan kering, terlindung dari cahaya.

ZENITH PHARMACEUTICALS
Semarang – Indonesia

Sekilas Tentang Zenith Pharmaceutical
PT Zenith Pharmaceutical merupakan suatu perusahaan farmasi yang didirikan oleh Prof. Drs. Liem Hook Ie, seorang dosen farmasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 1952. Perusahaan ini didirikan di kota Semarang, Jawa Tengah.

Perusahaan ini telah beberapa kali memindahkan lokasi pabriknya dengan tujuan untuk menghasilkan obat-obatan bermutu yang sesuai dengan sertifikat CPOB agar dapat menembus pasar ekspor. Tahun 1994 perusahaan ini menjalin kerjasama tool manufacturing dengan PT Bufa Aneka dimana sebagian produk PT Bufa Aneka diproduksi di Pabrik PT Zenith Pharmaceutical. Beberapa produk dan sediaan farmasi yang dihasilkan oleh PT Zenith Pharmaceutical diantaranya tablet, tablet salut, kapsul, cairan oral, suspensi, dan sebagainya.

Beberapa merek obat yang diproduksi perusahaan ini antara lain Dormi, Zeprazol, Zenti, Zelona, Gastulen, Ameda, Zenicyclin, Zenichlor, dan lain-lain.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *