Xolmetras

Farmasi-id.com > Agen Radiografi & Diagnostik > Xolmetras

By | 29/08/2018

Kandungan

Iohexol

Indikasi

Media kontras radiografi untuk prosedur diagnostik. Termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai media kontras atau pewarna. Obat ini bekerja dengan menambahkan kontras pada bagian tubuh dan cairan dalam suatu tes pencitraan. Iohexol dapat memperjelas gambar yang diperoleh selama CT scan, sehingga dokter dapat lebih mudah mendiagnosis kondisi pasien.

Farmakologi

  • Deskripsi: Iohexol adalah media kontras radiografik nonionik yang larut dalam air. Ini memungkinkan visualisasi struktur tubuh internal dengan opacifying jalur alirannya. Mengandung konsentrasi tinggi ikatan iodine organik (140-350 mg Iodine/ ml).
  • Distribusi: Mengikat iohexol dengan protein plasma manusia: Sekitar 1,5%.
  • Ekskresi: Melalui urin (90%, sebagai obat tidak berubah); 121-150 menit (waktu paruh eliminasi).

Kontra Indikasi

  • Prosedur khusus. Intratekal: Mielografi pada infeksi lokal atau sistemik yang signifikan di mana kemungkinan terjadi bakteremia; Penggunaan bersamaan dengan kortikosteroid; ulangi pemakaian myelography jikalau kegagalan teknis (risiko overdosis) terjadi.
  • Hysterosalpingography: Selama periode menstruasi atau saat mendekati menstruasi; infeksi; kehamilan, 6 bulan setelah penghentian kehamilan atau 30 hari setelah konisasi atau kuretase.
    Alergi terhadap obat-obatan termasuk Iohexol

Peringatan dan Perhatian

  • Asma atau riwayat alergi (risiko reaksi anafilaktoid meningkat); gangguan sawar darah-otak (neurotoksisitas berat setelah penggunaan intratekal); epilepsi dan tumor otak (risiko kejang lebih tinggi); gangguan hati atau ginjal berat, penderita diabetes dengan gangguan ginjal, dehidrasi dan lainnya yang mungkin berisiko tinggi mengalami gagal ginjal; multiple myeloma (dehidrasi karena penggunaan dapat menyebabkan pengendapan protein dalam tubulus ginjal, menyebabkan anuria dan gagal ginjal yang fatal); hipertensi berat; penyakit jantung lanjut; phaeochromocytoma; penyakit sickle-cell; hipertiroidisme; pasien yang lemah, sakit parah, sangat tua, atau sangat muda; penyakit pembuluh darah oklusif.
  • Perawatan khusus untuk memastikan bahwa 140 dan 350 mg larutan Iodine/ ml tidak diberikan secara intratekal.
  • Fasilitas resusitasi yang memadai harus tersedia ketika prosedur radiografi dilakukan, dan pasien harus diobservasi selama periode yang sesuai setelah prosedur.

Efek Samping

Flushing atau sensasi panas; nyeri, ekstravasasi, thrombophlebitis pada area bekas suntikan, mual, muntah, sakit kepala, dan pusing, urtikaria, pruritus, pucat, berkeringat, lidah terasa seperti logam, kelemahan, batuk, rhinitis, bersin, lachrymation, gangguan penglihatan; hipotensi, takikardia, bradikardia, kelainan EKG sementara, gangguan hemodinamik; dyspnoea, bronkospasme, angioedema, urtikaria yang berat, kejang, parestesia, lumpuh, gagal ginjal akut; tromboemboli, Disseminated Intravascular Coagulation, trombositopenia, hipertiroidisme, tiroid tirotoksikosis.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori B: Studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko pada janin tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak terjadi pada studi terkontrol terhadap wanita hamil trimester 1 (dan tidak ada bukti mengenai risiko pada trimester selanjutnya).

Interferensi Lab

Fungsi tiroid, pembekuan darah dan tes urin tertentu.

Dosis

Dosis dan kekuatan yang digunakan tergantung pada prosedur dan rute pemberian.

In BPOM, Kemasan, dan Sediaan

  • DKL1331534643A1, Dus, 1 vial @ 100 ml, cairan injeksi 350 mg/ml
  • DKL1331534643A1, Dus, 1 vial @ 50 ml, cairan injeksi 350 mg/ml
  • DKL1631537843A1, Dus, vial @ 100 ml, cairan injeksi 300 mg/ml
  • DKL1631537843A1, Dus, vial @ 50 ml, cairan injeksi 300 mg/ml

Produsen

Pratapa Nirmala