Xigduo XR

Farmasi-id.com > Sistem Endokrin & Metabolik > Obat Antidiabetes > Xigduo XR

By | 03/08/2018

Kandungan dan Komposisi

  • Per 10 mg/500 mg MR-FC tab:
    • Dapagliflozin propanediol monohydrate 10 mg
    • Metformin HCl 500 mg
  • Per 5 mg/1,000 mg MR-FC tab:
    • Dapagliflozin propanediol monohydrate 5 mg
    • Metformin HCl 1,000 mg
  • Per 10 mg/1,000 mg MR-FC tab:
    • Dapagliflozin propanediol monohydrate 10 mg
    • Metformin HCl 1,000 mg

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Terapi awal pada pasien dewasa dg diabetes mellitus tipe 2 sebagai tambahan untuk diet & olahraga, untuk meningkatkan kontrol glikemik ketika diet & olahraga gagal memberikan kontrol glikemik yang memadai & ketika ada prospek buruk untuk respon terhadap monoterapi metformin.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas. Ketoasidosis diabetik, pra-koma diabetes; kondisi akut dg potensi untuk mengubah fungsi ginjal misal, dehidrasi, infeksi berat, syok atau pemberian intravaskuler agen kontras teryodium; penyakit akut atau kronis yang dapat menyebabkan hipoksia jaringan misalnya, gagal jantung atau pernapasan, emboli pulmonal, MI baru-baru ini, syok, kehilangan darah akut yang akut, sepsis, gangren, pankreatitis; selama atau segera setelah operasi di mana insulin sangat penting, operasi besar elektif; kerusakan hati; keracunan alkohol akut, alkoholisme. Gangguan ginjal sedang atau berat (CrCl <60 mL / menit atau eGFR <60 mL / mnt / 1,73 m2). Kerusakan hati. Kehamilan & laktasi.

Peringatan dan Perhatian

Tidak untuk digunakan pada pasien dg DM tipe 1; pengobatan ketoasidosis diabetikum. Asidosis laktat; ketoasidosis; pielonefritis atau urosepsis. Pasien dalam terapi antihipertensi atau diuretik, atau ketika memulai pengobatan dengan OAINS. Hentikan penggunaan sebelum atau pada saat pemberian agen kontras iodinasi & tidak untuk dimasukkan kembali sampai 48 jam sesudahnya. CV collapse (syok), CHF akut & MI. Hilangnya kendali glukosa darah; risiko hipoglikemia. Hentikan penggunaan 48 jam sebelum operasi elektif dg anestesi umum, spinal atau epidural. Pasien yang menerima loop diuretik atau vol berkurang. Pengukuran rutin serum B12 pada interval 2-3 jam. Asupan alkohol berlebihan akut atau kronis. Dapat memengaruhi kemampuan mengemudi & menggunakan mesin. Ggn ginjal sedang & ggn hati berat, bukti klinis atau laboratorium penyakit hati. Tidak digunakan untuk gangguan ginjal berat. Lansia ≥80 tahun.

Efek Samping

Kerusakan ginjal, penurunan CrCl, peningkatan infeksi saluran pencernaan, UTI & vulvovag.

Interaksi Obat

Metformin: Obat kationik (mis., Amilorida, digoxin, morfin, procainamide, quinidine, quinine, ranitidine, triamterene, trimethoprim atau vankomisin). Peningkatan plasma & darah Cmax & AUC oleh frusemide. Peningkatan penyerapan oleh nifedipine. Tiazid & diuretik lainnya, kortikosteroid, fenotiazin, produk tiroid, estrogen, kontrasepsi oral, fenitoin, asam nikotinat, simpatomimetik, obat penghambat saluran-Ca & INH dapat menyebabkan hiperglikemia.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori D: Ada bukti positif mengenai risiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh mungkin lebih besar dari risikonya (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius yang tidak efektif atau tidak mungkin diatasi dengan obat yang lebih aman).

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis individual. Dosis maksimal harian: Dapagliflozin 10 mg & metformin HCl 2,000 mg.

Izin BPOM, Kemasan, Sediaan

  • DKI1827900217A1, Box, 4 blisters @ 7 tablet salut selaput 5/500 mg
  • DKI1827900217B1, Box, 4 blisters @ 7 tablet salut selaput 5/1000 mg
  • DKI1827900217B1, Box, 4 blisters @ 7 tablet salut selaput 10/500 mg
  • DKI1827900217D1, Box, 4 blisters @ 7 tablet salut selaput 10/1000 mg

Produsen

Astra Zeneca Indonesia

Sekilas Tentang Metformin
Metformin adalah obat lini pertama untuk terapi pengobatan pasien diabetes tipe 2 khususnya mereka yang bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Obat ini juga digunakan dalam pengobatan sindrom ovarium polikistik. Metformin dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker akibat diabetes.

Uji coba yang dilakukan pada tahun 1980 hingga tahun 90-an membuktikan bahwa metformin dapat mengurangi efek negatif terhadap kardiovaskular yang diakibatkan oleh berat badan berlebih pada pasien diabetes tipe 2. Selain itu ia juga dapat menurunkan risiko hipoglikemia, sulfonilerea dan mengurangi tingkat LDL dan trigliserida. Metformin dapat mengurangi kebutuhan insulin pada diabetes tipe 1, meskipun dengan peningkatan risiko hipoglikemia. Pada fase pradiabetes, risiko berkembang menjadi diabetes tipe 2 kemungkinan dapat menurun akibat penggunaan metformin, meskipun harus diiringi dengan olahraga dan latihan intensif.

Metformin pertama kali ditemukan pada 1922 oleh Emil Werner dan James Bell, sebagai produk hasil sintesis N,N-dimethylguanidine dan pertama kali digunakan oleh dunia medis di Perancis tahun 1957 dan di Amerika Serikat tahun 1995. Keamanan metformin untuk digunakan oleh wanita hamil oleh FDA dimasukkan dalam kategori B.
Sekilas Tentang Diabetes
Diabetes merupakan kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan benar. Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Diabetes yang umum terjadi adalah diabetes Tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes Tipe 1 pankreas tidak dapat memproduksi insulin sedangkan pada diabetes tipe 2 pankreas dapat membuat insulin tapi dalam kadar yang tidak cukup banyak. Ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan insulin secara optimal. Meningkatnya kadar gula dalam darah akan membuat penderita diabetes sering merasa haus atau lapar dan juga sering buang air kecil.

Antidiabetes merupakan obat yang mengontrol tingkat glukosa (gula) dalam darah pada penderita diabetes.

Informasi lengkap mengenai diabetes dapat Anda baca di sini.