VROXIL FORTE

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Antiinfeksi (Sistemik) > Sefalosporin > VROXIL FORTE

Komposisi

Tiap sendok takar (5 ml) sirup kering (dry syrup) mengandung:

Cefadroxil (Cefadroxil Monohydrate) 250 mg

Indikasi

Tonsilitis, faringitis, bronkitis, bronkiektasis, abses paru, empiema, pleuritis, sinusitis, otitis media, infeksi kulit & jar lunak, limfangitis, abses, selulitis, ulkus dekubitus, mastitis, furunkulosis, erisipelas, pielonefritis, sistitis, adneksitis, endometritis.

Dosis

  • Infeksi saluran kemih
    Infeksi saluran kemih bagian bawah yang tidak terkomplikasi (sistitis) 1-2 g per hari dalam dosis tunggal atau dua dosis terbagi. Infeksi saluran kemih lainnya : 2 g per hari dalam dua dosis terbagi.
  • Infeksi kulit dan jaringan lunak. 1 g per hari dalam dosis tunggal atau dalam dua dosis terbagi.
  • Untuk faringitis dan tonsillitis yang disebabkan oleh streptococcus betahemolitik grup A, dosisnya 1g per hari dalam dua dosis terbagi diberikan selama 10 hari. Dosis awal yang disarankan untuk orang dewasa adalah 1 g; Anak-anak : 25-50 mg/kg bb per hari dalam dua dosis terbagi.

Pemberian Obat

Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan : Dpt diberikan bersama makanan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada GI.

Kontra Indikasi

Hipersensitif terhadap sefalosporin.

Perhatian

Pasien yang diketahui alergi terhadap penisilin & sefalosporin. Gangguan fungsi ginjal, kolitis. Dpt menyebabkan positif palsu pada tes Coombs & tes urin yang menggunakan lar Benedict atau Fehling. Penggunaan jangka lama. Hamil, laktasi. Bayi prematur.

Efek Samping yang Mungkin Timbul

Gangguan GI, reaksi hipersensitivitas, kolitis pseudomembran, eritema multiformis, sindrom Stevens-Johnson, anemia hemolitik & hipoprotrombinemia, kolestasis, peningkatan transaminase serum, pruritus genital, moniliasis genital, vaginitis, neutropenia.

Interaksi Obat

Aminoglikosida, diuretik kuat seperti furosemid, probenesid.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).

Kemasan dan Sediaan

Dus, botol @ 60 ml, sirup kering 250 mg/5 ml

Izin BPOM

DKL0633207938B1

Produsen

Meprofarm

Pendaftar

Promedrahardjo Farmasi Industri