Vosea Syrup

By | Agustus 3, 2022 |

Apa Kandungan dan Komposisi Vosea Syrup?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Vosea Syrup adalah:

Tiap 5ml sirup mengandung:
– Metoclopramide HCl 5 mg

Sekilas Tentang Metoclopramide Pada Vosea Syrup
Metoclopramide adalah obat yang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit atau masalah esofagus dan lambung. Obat ini digunakan untuk perawatan dan pencegahan mual dan muntah, membantu dalam proses pengosongan lambung pada mereka yang mengalami penundaan pengosongan lambung, dan untuk membantu mengobati penyakit refluks gastroesofageal. Selain untuk mengatasi berbagai macam problem esofagus dan lambung, metoclopramide juga digunakan dalam pengobatan migrain.

Metoclopramide mulai dikembangkan pada tahun 1964 oleh Louis Justin-Besançon and Charles Laville. Pada awalnya metoclopramide digunakan untuk mengendalikan mual pada orang yang mengalami sakit kepala dan migrain, kemudian digunakan juga untuk mencegah mual yang diakibatkan oleh efek terapi radiasi dan kemoterapi kanker. Obat ini kemudian mulai digunakan secara luas pada 1980 dan menjadi obat yang umum digunakan untuk mengendalikan nausea yang diakibatkan oleh anestesi dan perawatan gastritis.

Penggunaan metoclopramide dikontraindikasikan pada pasien penderita pheochromocytoma, suatu tumor pada sel chromaffin dari kelenjar adrenal. Hati-hati penggunaan metoclopramide pada penderita Parkinson karena metoclopramide bertindak sebagai antagonis dopamin yang justru akan memberburuk kondisi Parkinsonnya. Pada penderita depresi, penggunaan metoclopramide dalam jangka panjang dapat menyebabkan penurunan kondisi mentalnya. Hindari penggunaan obat ini pada penderita obstruksi usus, pasien epilepsi, perforasi atau penyumbatan perut, dan pada bayi yang baru lahir.

Efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan metoclopramide seperti gelisah, hipertensi, depresi, sakit kepala, kelelahan, diare, gangguan pergerakan seperti tardive dyskinesia, dan lain-lain. Oleh FDA tingkat keamanan penggunaan obat ini bagi wanita hamil dimasukkan dalam kategori B.

Vosea Syrup Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Vosea Syrup?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Vosea Syrup adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


– Untuk meringankan atau mengurangi gastroparesis akut dan yang kambuh kembali
– Untuk menghilangkan rasa panassehubungan dengan refluksesofagitis
– Untuk menangguiangi mual dan muntah metabolik karena obat, radiasi atau sesudah operasi

Kontraindikasi

– Obstruksi, perdarahan dan perforasi saluran cerna, epilepsi, feokromositoma dan gangguan ekstrapiramidal
– Hipersensitif terhadap metoclopramide HCl

Efek Samping:
– Umumnya ringan diantaranya : diare, mengantuk, sembelit dan gejala ekstrapiramidal
– Gelisah dan lelah yang berlebihan
– Kadang-kadang terjadi agitasi, iritabilitas, urticaria, atau ruam makulopapular.
– Mulut kering, glossal atau periorbital oedema, methaemoglobinaemia

PERINGATAN:

– Efektivitas dan pada wanita hamil dan menyusui keamanannya belum diketahui dengan pasti
– Penderita yang hipersensitif terhadap procain dan procainamid kemungkinan hipersensitif terhadap obat ini
– Dosis harap dikurangi pada penderita dengan gangguan renal karena dapat meningkatkan gejala ekstrapiramidal
– Sebaiknya obat ini jangan diberikan bersama-sama dengan obat golongan fenotiasin dimana akan timbul gejala ekstrapiramidal
– Hati-hati bila diberikan pada penderita lanjut usia dan anak kecil
– Tidak dianjurkan untuk menjalankan mesin atau kendaraan bermotor selama menggunakan obat ini
– Penggunaan pada pasien dengan gangguan mental (depresi), jika telah dipertimbangkan rasio antara manfaat dan resikonya

ATURAN PAKAI:
– Dewasa di atas 12 tahun : 3 kali sehari, 1-2 sendok takar
– Anak – anak : Maks. 0,5 mg/kg BB sehari dibagi dalam beberapa takaran

CARA PENYIMPANAN:
– Simpan ditempat yang sejuk dan kering

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Vosea Syrup?


– Botol 30 ml. No.Reg: DKL0331108237A1

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.