VONDATUM

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Antiemetik > VONDATUM

Kandungan

Ondansetron Hydrochloride

Indikasi

Penanggulangan thd mual & muntah karena kemoterapi, radioterapi & operasi.

Farmakologi

Ondansetron suatu antagonis reseptor serotonin tipe 5-HT3, yang bekerja secara selektif dan kompetitif dalam mencegah maupun mengatasi mual dan muntah akibat pengobatan sitostatika dan radioterapi.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas

Perhatian

Kehamilan & laktasi

Efek Samping

Sakit kepala, sensasi terbakar di kepala; konstipasi, sekresi epigastrium, diare; sedasi.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).

Dosis

Pengobatan mual & muntah pasca operasi:

4 mg/IM sebagai dosis tunggal atau IV perlahan.

Kemoterapi yang sangat emetogenik:

Awal injeksi 8 mg (IV) perlahan atau infus 15 menit segera sebelum kemoterapi diikuti infus 1 mg/jam secara kontinyu s/d 24 jam atau 2 x injeksi 8 mg (IV) perlahan atau infus 15 menit dengan interval 4 jam. Semua cara kemudian diikuti dengan 8 mg peroral (maksimal 5 hari).

Kemoterapi yang kurang emetogenik:

Injeksi 8 mg/IV perlahan atau infus 15 menit segera sebelum kemoterapi atau 8 mg/oral 1-2 jam sebelum kemoterapi diikuti dengan 8 mg per oral tiap 8 jam,

Kemasan dan Sediaan

Dus, 5 ampul @ 2 ml, cairan injeksi 2 mg

Izin BPOM

DKL1340306443A1

Produsen

Bernofarm

Pendaftar

Natura Laboratoria Prima