Velcade

By | Desember 7, 2020 | Farmasi-id.com > Onkologi > Terapi Target untuk Kanker > Velcade

Produsen Velcade

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Velcade:

Johnson & Johnson

Kandungan dan Komposisi Velcade

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Velcade adalah:

Bortezomib.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Velcade

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Velcade adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Terapi mieloma multipel pada pasien yang sdh menerima min 1 kali terapi sblmnya & memperlihatkan adanya progresivitas penyakit pada terapi sblmnya.

Sekilas tentang kanker dan tumor
Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering dikenal sebagai tumor ganas. Selain itu gejala ini juga dikenal sebagai neoplasma ganas dan seringkali ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:

  • Tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)

  • Menyerang jaringan biologis di dekatnya

  • Bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis

Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia. Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebut onkologi.

Tumor atau barah (bahasa Inggris: tumor, tumour) adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya, yang mirip dengan simtoma bengkak. Tumor berasal dari kata tumere dalam bahasa latin yang berarti "bengkak". Pertumbuhannya dapat digolongkan sebagai ganas (malignan) atau jinak (benign).

Tumor ganas disebut kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih (metastasis), tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi.

Dosis dan Aturan Pakai Velcade

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Velcade:

Dosis anjuran: 1.3 mg/m2/dosis sebagai injeksi IV bolus 3-5 detik 2 x/minggu selama 2 minggu (hari ke 1,4, 8, 11) diikuti dengan 10 hari bebas terapi (hr ke 12-21). Pemberian antar dosis dilakukan dengan selang waktu sekurang-kurangnya 72 jam. Pasien yang dikonfirmasi memberikan respons komplit dapat menerima tambahan 2 siklus terapi diluar konfirmasi. Pasien yang blm memperoleh remisi komplit dapat menerima total 8 siklus terapi.

Kontraindikasi Velcade

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Velcade dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Hipersensitif terhadap bortezomib, boron, atau manitol. Hamil & laktasi.

Perhatian Penggunaan Velcade

Neuropati perifer; riwayat sinkop, pasien yang mendapat pengobatan yang berhubungan dengan hipotensi, dehidrasi; penyakit jantung. Lakukan monitor secara rutin terhadap hitung darah lengkap. Jumlah trombosit <25000/mikroL. Diketahui memiliki tumor ganas sblm terapi. Gangguan hati. Pasien dengan bersihan kreatinin <13 mL/mnt & sedang menjalani hemodialisis. Dpt mengganggu kemampuan mengemudi atau menjalankan mesin. Hamil. Anak & remaja.

Efek Samping yang Mungkin Timbul

Trombositopenia, anemia, neutropenia, limfopenia; konstipasi, diare, mual, muntah, nyeri GI & abdomen (tdk termasuk mulut & ternggorokan), dispepsia, nyeri faringolaringeal, lemas, lelah, pireksia, rasa kaku, edema pada tungkai bawah, nyeri dada, infeksi saluran nafas atas & bwh, infeksi paru, nasofaringitis, pneumonia, herpes zoster, penurunan nafsu makan, dehidrasi, nyeri pada ekstremitas, mialgia, artralgia, neuropati perifer, parestesia, disestesia, pusing (tdk termasuk vertigo), sakit kepala, disgeusia, cemas, gangguan ginjal, epistaksis, batuk, dispnea, ruam kulit, hipotensi.

Interaksi Obat Velcade

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Velcade antara lain:

Penghambat atau penginduksi sitokrom P450 3A4; antidiabetes oral; amiodaron, antiviral, INH, nitrofurantoin, atau statin.

Kategori Keamanan Penggunaan Velcade Pada Wanita Hamil

Kategori keamanan penggunaan obat untuk wanita hamil atau pregnancy category merupakan suatu kategori mengenai tingkat keamanan obat untuk digunakan selama periode kehamilan apakah memengaruhi janin atau tidak. Kategori ini tidak termasuk tingkat keamanan obat untuk digunakan oleh wanita menyusui.

FDA (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan tingkat keamanan obat untuk wanita hamil menjadi 6 (enam) kategori yaitu A, B, C, D, X, dan N. Anda bisa membaca definisi dari setiap kategori tersebut di sini. Berikut ini kategori tingkat keamanan penggunaan Velcade untuk digunakan oleh wanita hamil:

D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).

Bentuk Sediaan

Kemasan dan Sediaan Velcade

/Harga

Velcade infusion 3.5 mg

1’s (Rp10,350,000/vial)

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *