UROTRACTIN

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Kemih Kelamin > Antiseptik Saluran Kemih > UROTRACTIN

UROTRACTIN®
Kapsul 
Antiseptika saluran kemih

Tiap kapsul mengandung:
Asam pipemidat ………………………….. 400 mg

FARMAKOLOGI
Bahan berkhasiat dari UROTRACTIN® adalah Asam pipemidat (Piperazin -2 – okso-5-etil-8-dihidro-5,8 -pirido (2,3-d) – pirimidin 6 asam korboksilat).
Struktur kimianya adalah segolongan dengan asam nalidiksat. asam oksolinat dan asam piromidat. Penelitian farmakologis. mikrobiologis dan klinis menunjukkan bahwa UROTRACTIN® mempunyai spektrum antibakteri yang mencakup semua jenis mikroorganisme utama penyebab infeksi saluran kemih, serta aktif baik terhadap infeksi tunggal suatu mikroorganisme maupun infeksi campuran oleh beberapa mikro-organisme, termasuk infeksi oleh kuman Gram-positif maupun Gram-negatif.
Terutama sangat efektif terhadap Enterococci, termasuk juga grup Proteus dan Providencia. Aktivitasnya terhadap Pseudomonas terlihat pada percobaan in vitro, sedangkan efektivitas klinis untuk infeksi Pseudomonas terlihat pada penderita. Pada kadar hambatan minimal ( MIC) yang rendah, sangat aktif untuk semua mikro-organisme yang sensitif.
Daya bakterisidal dari UROTRACTIN® tidak dipengaruhi oleh adanya serum maupun perubahan pH urin. Toksisitasnya rendah dan ditoleransi dengan baik oleh sistem pencernaan. UROTRACTIN® sangat cepat diabsorpsi pada pemberian oral, absorpsi terjadi di usus halus. Kadar efektif dalam darah dikapsulai 1/2 jam setelah pemberian oral.
Asam pipemidat terutama diekskresi melalui urin dalam bentuk aktif, dimana kadar puncaknya dikapsulai setelah 2 – 3 jam (sesuai dengan kadar dalam darah) dan akan tetap aktif selama 10 – 12 jam. Ini adalah keistimewaan yang unik, sehingga memungkinkan untuk pemakaian dengan selang waktu 12 jam.
UROTRACTIN® dapat digunakan oleh pasien dengan kegagalan hati, uremia dan insufisiensi ginjal sejauh penyakitnya tidak berat sekali.

Indikasi
Infeksi traktus urinarius yang disebabkan kuman Gram-positif dan Gram-negatif yang sensitif.

KONTRA-Indikasi
Pada bayi dan pasien yang diketahui hipersensitif terhadap obat ini.

Perhatian
Tidak dianjurkan diberikan pada penderita gangguan fungsi ginjal yang berat, wanita hamil dan anak-anak.

Efek Samping
Kadang-kadang terjadi mual ataupun rasa tidak enak di perut yang biasanya tidak memerlukan penghentian terapi. Efek ini kurang dari 2% dan akan hilang bila pengobatan diberikan setelah makan. Kadang-kadang juga didapati eksantematous ataupun urtikaria. Sangat jarang terjadi perubahan neurosensori dan perubahan psikologis berupa vertigo dan pusing-pusing pada pasien lanjut usia.

Dosis
Dewasa: Dosis yang dianjurkan adalah 1 kapsul 2 kali sehari dengan selang waktu 12 jam, sebaiknya diberikan sesudah makan. Seperti pada infeksi saluran kemih lainnya maka dianjurkan untuk memperpanjang pengobatan paling sedikit 10 hari, untuk mencegah kambuh.
Untuk kasus infeksi kronis dan infeksi berulang UROTRACTIN® dapat dipergunakan dalam jangka waktu lama karena toleransi yang baik serta toksisitas yang rendah.

Anak-anak di atas 14 tahun dapat mengikuti dosis seperti dewasa. Selama pengobatan dengan UROTRACTIN® dianjurkan untuk tidak di bawah sinar matahari terus menerus, karena risiko fotosensitivitas yang memungkinkan timbulnya dermatitis bulosa.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Kemasan
Dus isi 6 strip @ 10 kapsul .
No, Reg.: DKL8522206201Al

PENYIMPANAN
Simpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya.

Dibuat atas lisensi dari:
Eurodrug laboratories S.A. (Belgium)
oleh PT SANBE FARMA
Bandung – Indonesia