Tepung Gasol Beras Coklat

By | Juni 4, 2021 |

Kandungan dan Komposisi Tepung Gasol Beras Coklat

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Tepung Gasol Beras Coklat adalah:

100% beras pecah kulit (coklat)

Keterangan :

Beras Coklat adalah beras putih yang masih mengandung lapisan kulit ari. Berbagai penelitian membuktikan kulit ari beras (aleuron dan pericarp) banyak mengandung nutrisi (protein, lemak, vitamin, mineral dan serat).

cellpadding=”3″ align=”left”>

Jenis Kemasan

 

: Dikemas dalam plastik nylon/LLD PE, lalu dimasukkan ke dalam kardus jenis ivory, selanjutnya di laminating menggunakan plastik POF shrink.

Berat dan dimensi Tepung Gasol

Berat besih

:

200 gram

Berat kotor

:

225 gram

Dimensi

:

10cm x 3,5cm x 12,5cm

Dimensi kotak besar

Isi

:

72 kotak @ 200 gr

Berat kotor

:

17 kg – 18 kg ( Tergantung jenis karton yang digunakan)

Dimensi

:

47cm x 31cm x 26cm

 

cellspacing=”5″ align=”left”>

Data : Laporan Hasil Uji Institut Pertanian Bogor untuk takaran 20gr Energi
74.05kkal Protein 1.58 gram Karbohidrat 15.89 gram Lemak 0.47 gram

Resep Bubur Tepung
Bahan:
20 gram Tepung Beras Coklat Gasol + 200 ml air

Cara membuat
Campur Tepung Beras Coklat Gasol (lebih kurang 1 sendok makan) + 200 ml air (3/4 gelas aqua), diaduk dalam kondisi suhu ruang sampai semua tepung larut supaya tidak menggumpal saat dimasak.

Masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mendidih dan matang.Tingkat kematangan sempurna dengan lama memasak 10-15 menit

Hasilnya akan kental.

Untuk menkapsulai kecukupan gizi dan meningkatkan selera, sangat disarankan untuk menambahkan / mengkombinasikan dengan

  • ASI atau susu formula
  • Jus buah-buahan
  • Kupas, cuci dan potong-potong sayuran. Rebus dengan air/kaldu secukupnya. Setelah matang haluskan dengan blender
  • Tepung gasol jenis lainnya

Cara menyajikan
Ambil bubur tepung secukupnya, taruh di mangkok makan bayi. Tambahkan ASI atau Sufor tergantung kekentalan bubur tepung yang dikehendaki disesuaikan dengan umur bayi.

Pengenceran bisa juga dengan menggunakan jus buah/sayur. Tidak dianjurkan mengencerkan dengan air saja karena akan menyebabkan kenyang tetapi tidak memberikan tambahan gizi.

Sebagian tepung yang masih ada di panci bisa digunakan untuk pengental jika Bubur Tepung terasa kurang padat.

Sebaiknya membuat bubur tepung untuk kebutuhan satu hari. Caranya, setelah dimasak segera bagi bubur tepung dalam beberapa wadah sesuai kebutuhan di hari tersebut lalu simpan di suhu ruang. Jika diperlukan selalu ambil dengan sendok bersih dan jangan diaduk/dikocek. Bubur tepung bisa tahan sampai 8 jam. Jika dirasa perlu bisa dimasukkan ke lemari es (bukan dibekukan) dan hangatkan dengan cara ditim pada saat akan disajikan.

Variasi memasak lain bisa dilihat di resep

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: MPASI Produsen, komposisi, dan klasifikasi Tepung Gasol Beras Coklat:
Tags: