Tanaman Sereh Dan Khasiatnya

By | April 15, 2021 | Farmasi-id.com > Herbal > Tanaman Sereh Dan Khasiatnya

Tanaman ini sangat familiar, terutama bagi ibu-ibu yang hobi masak, benar bukan ? karena sereh merupakan jenis tanaman rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, tapi tahukah Anda ternyata sereh juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Tanaman Sereh dan Khasiatnya – Tanaman ini sangat familiar, terutama bagi ibu-ibu yang hobi masak, benar bukan ? karena sereh merupakan jenis tanaman rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, tapi tahukah Anda ternyata sereh juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Sereh dikenal dengan bermacam-macam nama daerah seperti Sereh, Sereh seri; Sorani. Tanaman ini merupakan jenis rumput-rumputan tegak. Batang tegak atau condong, membentuk rumpun, pendek, massif, bulat ( silindris ), gundul seringkali di bawah buku-bukunya berlilin, penampulang lintang batang berwarna merah. Daun tunggal, lengkap, pelepah daun silindris, gundul, seringkali bagian permukaan dalam berwarna merah, ujung berlidah. Daun berbau aromatis.( Baca juga : Tanaman Sengketan dan Khasiatnya )

Kandungan Kimia dan Bagian yang digunakan

Daun sereh mengandung 0,4% minyak atsiri dengan komponen yang terdiri dari sitral, sitronelol ( 66-85% ), α-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, β-felandren, p-simen, limonene, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen-4-ol, α-terpineol, geraniol, farnesol, metil heptenon, ndesialdehida, dipenten, metil heptenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil asetat, sitronelil asetat, geranil asetat, β-elemen, β-kariofilen, β-bergamoten, trans-metilisoeugoenol, β-kadinen, elemon, kariofilen oksida. Bagian yang digunakan adalah daun dan batang.

Kegunaan Sereh di Masyarakat :

  • Akar : digunakan sebagai peluruh air seni ( diuretika ), peluruh keringat, perluruh dahak/obat batuk ( ekspektoran ), bahan untuk kumru, dan penghangat badan
  • Daun : digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah selera makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas ( antipiretik ) dan pereda kejang

Cara Pemakaian :

Untuk penghangat badan : 5 gram akar segar Andropogon nardus, dicuci dan direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit; kemudian diminum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas, pagi dan sore.

Nah, dengan mengetahui manfaat dan khasiat sereh, Anda dapat menggunakannya dengan mudah jika mengalami gangguan kesehatan seperti disebutkan diatas, semoga bermanfaat.


Powered by Farmasi-id.com

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Herbal Produsen, komposisi, dan klasifikasi Tanaman Sereh Dan Khasiatnya: