Tamaicap (Zeng Fei Wan)

Apa Kandungan dan Komposisi Tamaicap (Zeng Fei Wan)?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Tamaicap (Zeng Fei Wan) adalah:

  • Codonopsis Radix 122.85 mg
  • Atractylodis Macrocephalae Rhizoma 145.95 mg
  • Glycyrrhizae Radix 123.95 mg
  • Polygalae Radix 113.40 mg
  • Rehmaniae Radix 113.40 mg
  • Poria Cocos 120.75 mg
  • Dioscoreae Rhizoma 134.40 mg
  • Atractylodis Rhizoma 148.85 mg

Sekilas Tentang Dioscorea Opposita Pada Tamaicap (Zeng Fei Wan)
Dioscorea opposita adalah suatu tanaman ubi yang tumbuh secara liar di alam yang pertama kali dibawa ke Eropa pada abad ke-19. Tanaman ini di China dikenal dengan sebutan 'Huai shan' dan di Korea disebut dengan 'Seyeo'. Tanaman ubi ini memiliki akar rimpang yang berfungsi sebagai organ penyimpanan nutrisi tanaman. Tanamannya sendiri dapat tumbuh hingga 3 meter dengan rimpang berbentuk silinder. Dioscorea opposita memiliki daun menyerupai hati dengan bunga berwarna putih kecil yang memiliki aroma mirip kayu manis.

Ubinya memiliki tekstur renyah dengan kulit luar yang tipis dan mengeluarkan lendir yang licin dan dapat dimakan mentah (langsung). Rasanya mirip seperti kentang.

Manfaat ubi Dioscorea opposita bagi kesehatan antara lain:

  • Rimpangnya digunakan pada pengobatan tradisional China untuk menjaga kesehatan paru-paru, limpa, dan ginjal

  • Menambah nafsu makan

  • Membantu penyembuhan luka, pertumbuhan tulang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  • Memiliki efek anti-aging (anti penuaan dini)

  • Menjaga kesehatan mata

  • Menjaga kesehatan rongga mulut dan mencegah kanker paru

  • Mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung

  • Membantu pembentukan sel darah merah

  • Mengendalikan kadar hormon wanita yang berhubungan dengan progesteron

  • Mengatasi cacingan

Dioscorea opposita tidak aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.
Sekilas Tentang Glycyrrhiza Glabra (Akar Manis) Pada Tamaicap (Zeng Fei Wan)
Akar manis tumbuh seperti rerumputan (semak) di sebagian wilayah Eropa bagian selatan (Glycyrrhiza glabra). Spesies lainnya yang berasal dari Amerika Utara adalah G. lepidopta dan yang dari Tiongkok adalah G.uralensis, yang terakhir ini banyak dipakai sebagai bahan obat-obatan Cina. Akar manis tumbuh dengan baik di tanah yang dalam, subur, cukup air dan dalam iklim yang penuh cahaya matahari. Biasanya dipanen pada musim gugur 2 atau 3 tahun setelah penanaman. Akar manis juga dikenal dengan sebutan licorice/liquorice.

Ekstrak akar manis didapat dengan cara merebus akar tanamannya dan menguapkan airnya, dapat dijual dalam bentuk bubuk ataupun sirup (cair). Zat yang terkandung di dalamnya adalah glycyrrhizin, yang sangat manis, 50 kali lebih manis daripada gula dan memiliki khasiat pengobatan. Spesies G.uralensis adalah jenis akar manis yang paling banyak mengandung zat ini. Penggunaan : Antitusiv, akar dalam bentuk serbuk sebagai pengisi/pembalut pil, dan campuran obat batuk, menghilangkan bau-bau yang tidak sedap dalam obat-obatan.
Sekilas Tentang Atractylodes Macrocephala Pada Tamaicap (Zeng Fei Wan)
Atractylodes Macrocephala atau White Atractylodes Rhizoma yang dalam bahasa China dikenal dengan sebutan Bai Zhu adalah suatu akar yang berasal dari tanaman Atractylodes macrocephala Koidz. Tanaman ini adalah suatu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tanaman ini memiliki rimpang yang tebal dan mirip seperti kepalan tangan. Batang tanamannya tegak dan bercabang pada bagian atas. Atractylodes macrocephala memiliki bunga berbentuk mirip lonceng dengan warna ungu kemerahan yang berbunga pada bulan Juli hingga September dan mulai berbuah pada Agustus hingga Oktober. Daerah terbesar penghasil atractylodes macrocephala adalah kota Shaoxing, provinsi Zhejiang, China.

Bagian yang dijadikan sebagai obat adalah akarnya. Akar ini berwarna kuning keabu-abuan dengan tekstur keras dan sulit untuk patah. Rasa akar ini manis dan sedikit pedas namun tidak lengket saat dikunyah. Akar ini biasanya dikeringkan terlebih dahulu dibawah sinar matahari sebelum digunakan sebagai obat.

Manfaat atau khasiat dari akar tanaman atractylodes macrocephala diantaranya adalah untuk mengobati tukak lambung, melindungi kesehatan hati, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, meningkatkan fungsi hematopoietik, menginduksi diuresis, memperlambat proses penuaan, mengatur atau mengendalikan kadar gula darah, melawan pertumbuhan sel kanker, mencegah keguguran, dan sebagainya.
Sekilas Tentang Poria Pada Tamaicap (Zeng Fei Wan)
Poria (nama lain: Wolfiporia cocos, Poria cocos) adalah suatu jenis jamur yang dalam dunia pengobatan tradisional China dan Jepang digunakan untuk berbagai jenis pengobatan karena diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan. Jamur yang di China dikenal dengan sebutan Fu Ling ini, telah digunakan sekira 2000 tahun yang lalu untuk pengobatan. Jamur ini biasa tumbuh di tanaman akar pinus merah Jepang dan akar pinus masson dalam keluarga Pinaceae. Di China, daerah terbesar penghasil poria ada di daerah Yunnan, Hubei, Anhui, Henan, dan Sichuan. Kualitas terbaik berasal dari Yunnan, dikenal dengan sebutan Yun Ling.

Jamur poria memiliki ciri tudung atau topi berwarna coklat dengan daging berwarna putih yang memiliki banyak hifa di dalamnya. Warna kulit batang coklat keabu-abuan, Bagian yang berkhasiat dari jamur poria ini adalah sclerotium-nya yang mana sclerotium adalah tempat jamur menyimpan cadangan makanannya. Sclerotium ini bentuknya bisa bundar, lonjong atau bulat dengan ukuran tidak teratur. Jamur poria ini memiliki suatu aroma khusus.

Kandungan zat yang pada jamur ini khususnya pada sclerotium-nya meliputi triterpenoid, polisakarida, ergosterol, caprylic acid, undecanoic acid, lauric acid, dodecenoic acid, palmitic acid, dodecanoate, caprylate, dan lain-lain.

Manfaat tanaman ini bagi kesehatan dan pengobatan antara lain menurunkan kadar gula darah, membantu mengurangi asam lambung, memperkuat lambung, membantu mengatasi gangguan buang air kecil, mengatasi haid tidak teratur (pada wanita), meredakan ansietas, fatigue, ketegangan saraf, insomnia, batuk, menurunkan kadar kolesterol, dan efek antibakterinya mampu mengatasi infeksi akibat bakteri leptospira.

Tamaicap (Zeng Fei Wan) Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Tamaicap (Zeng Fei Wan)?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Tamaicap (Zeng Fei Wan) adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

  • Membantu memelihara kesehatan paru-paru
  • Membantu memelihara fungsi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan
  • Memelihara kesehatan tubuh

Apa saja Perhatian Penggunaan Tamaicap (Zeng Fei Wan)?

Wanita hamil dan anak-anak berusia dibawah 8 tahun dilarang mengkonsumsi obat ini.

Sekilas tentang nutrisi penambah nafsu makan
Berikut beberapa nutrisi yang mampu menambah selera makan Anda:

1. Zinc

Salah satu gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan zinc dalam tubuh yakni hilangnya nafsu makan. Maka dari itu, kandungan zinc pada sumber makanan dipercaya bisa memberikan efek peningkatan nafsu makan. Banyak orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu akan kehilangan selera makannya sehingga malas makan yang pada akhirnya kebutuhan nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik. Sebuah studi Dialysis and Transplantation menyebutkan bahwa orang-orang yang menjalani cuci darah akibat gangguan gagal ginjal dan diberi suplemen zinc selama 60 hari mengalami peningkatan nafsu makan dibanding mereka yang tidak diberi suplemen zinc setiap harinya.

Laki-laki usia 19 sampai 29 tahun membutuhkan setidaknya 13 miligram (mg) zinc per harinya, sementara perempuan usia 19 sampai 21 tahun membutuhkan sekitar 10 mg per hari untuk menghindari tubuh dari kekurangan zinc. Jika kadar zinc dalam tubuh tidak mencukupi, maka akan timbul berbagai gejala seperti kehilangan nafsu makan, sistem kekebalan tubuh memburuk, diare, lesu, dan penurunan berat badan tanpa sebab. Tenang saja, Anda bisa mendapatkan sumber zinc dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti brokoli, tiram, kentang, jagung, gandum, daging sapi, dan sebagainya.

2. Vitamin B1

Bila Anda merasa kehilangan selera makan belakangan ini, mungkin salah satu penyebabnya yaitu Anda kekurangan vitamin B1. Vitamin B1 atau yang sering disebut tiamin ini merupakan satu dari beberapa vitamin yang disinyalir mampu membangkitkan kembali nafsu makan Anda. Dilansir dari Calories Secret, kekurangan vitamin B1 dalam tubuh dapat mengakibatkan Anda kekurangan selera makan. Tak hanya itu, penurunan berat badan dan peningkatan pengeluaran energi juga merupakan dampak dari kekurangan vitamin ini.

Jika ingin memperkaya kecukupan vitamin B1 dalam tubuh, Anda bisa konsumsi makanan seperti sereal, biji-bijian, telur, susu, sayuran hijau, dan sebagainya. Namun, meski vitamin ini bermanfaat dalam menambah nafsu makan, kebanyakan konsumsi vitamin B1 juga bisa mengganggu nafsu makan Anda. Pada akhirnya mengakibatkan gejala seperti diare, kehilangan nafsu makan, serta mual dan muntah. Maka, penting untuk menjaga kadar vitamin B1 normal dalam tubuh yang bagi laki-laki usia 19 sampai 29 tahun sekitar 1,4 miligram dan 1,1 mg bagi perempuan di usia yang sama.

3. Omega-3

Sumber omega-3 yang tinggi banyak terkandung dalam suplemen minyak ikan. Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang perlu Anda dapatkan dari sumber makanan karena tubuh Anda tidak dapat memproduksinya sendiri. Omega-3 ini disebut-sebut juga bermanfaat bagi peningkatan nafsu makan seseorang. Dikutip dari Healthy Eating, pasien kanker yang mengonsumsi omega-3 secara rutin dalam bentuk suplemen minyak ikan setiap harinya menunjukkan kenaikan berat badan yang lebih cepat.

Namun, rata-rata suplemen minyak ikan mengandung sekitar 40 kalori per sendok teh. Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi minyak ikan dalam dosis yang terlalu banyak karena bisa berpotensi terhadap peningkatan asupan kalori total. Jangan sampai hal ini justru menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Tak hanya dari minyak ikan saja, sumber omega-3 lainnya juga Anda peroleh dengan mengonsumsi ikan, makanan laut seperti udang, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, tiram, serta sayuran hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan bok choy.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Tamaicap (Zeng Fei Wan)?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Tamaicap (Zeng Fei Wan):

2 kali sehari 1 – 2 kapsul

Bagaimana Cara Penyimpanan Tamaicap (Zeng Fei Wan)?

Simpan di tempat sejuk dan kering, jauh dari jangkauan anak.

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Tamaicap (Zeng Fei Wan)?

Dus @ botol @ 34 kapsul @ 350 mg

Berapa Nomor Izin BPOM Tamaicap (Zeng Fei Wan)?

Setiap produk obat, suplemen, makanan, dan minuman yang beredar di Indonesia harus mendapatkan izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yaitu suatu Badan Negara yang memiliki fungsi melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana produksi, melakukan pengambilan contoh produk, melakukan pengujian produk, dan memberikan sertifikasi terhadap produk. BPOM juga melakukan pengawasan terhadap produk sebelum dan selama beredar, serta memberikan sanksi administratif seperti dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut izin edar, disita untuk dimusnahkan, bagi pihak yang melakukan pelanggaran. Berikut adalah izin edar dari BPOM yang dikeluarkan untuk produk Tamaicap (Zeng Fei Wan):

TR072368301

Berapa Harga Tamaicap (Zeng Fei Wan)?

Rp 23.000/dus, botol @ 34 kapsul @ 350 mg

Apa Nama Perusahaan Produsen Tamaicap (Zeng Fei Wan)?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Tamaicap (Zeng Fei Wan):

PT Sinar Herba Radix