Tahukah Anda Khasiat Lidah Mertua ? Baca Disini

By | Mei 24, 2022 |

cellpadding=”0″ cellspacing=”0″>

Tahukah Anda Khasiat Lidah Mertua ? Baca Disini

Sumber gambar : kompas.com

Benarkah lidah mertua memiliki khasiat untuk mengobati penyakit ??? kok bisa ya. Setidaknya itulah pertanyaan yang berkecamuk dalam benak Anda setelah membaca judul postingan diatas. Namun yang saya maksud disini adalah tanaman herbal yang bernama “ lidah mertua “ jadi bukan seperti yang Anda pikirkan.

Tanaman lidah mertua merupakan jenis terna menahun, dengan akar rimpang yang menjalar. Daunnya tunggal, kaku, keras, permukaan licin, berkumpul sebagai  roset akar. Helaian daun berbentuk panjang menyempit dengan bagian tepi agak melengkung ke dalam menyerupai talang, ujung runcing, pangkal menyempit, kedua permukaan daun berwarna hijau dengan garis-garis bergelombang horizontal  dan tepi daun berwarna kuning emas. Bunga majemuk dalam tandan, membentuk bulir, berwarna hijau muda, harum, mekar menjelang malam, buah buni, warna merah tua. Bagian yang digunakan adalah seluruh bagian tanaman.

Apa sih Khasiat lidah mertua ?

Sebagai antibiotika, radang, flu, kencing manis, tekanan darah tinggi, digigit ular. Kandungan kimia dalam tanaman lidah mertua diantaranya pada daun mengandung abamagenin, kardenolin, saponin, dan polifenol.

Cara pemakaian :

UntukTekanan Darah Tinggi, diare, digigit ular, radang saluran nafas, radang lambung, dan radang usus :
Cuci bersih 27 gram akar lidah mertua kering, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing – masing 1/2 gelas.

Untuk influenza, batuk, kencing manis :
Cuci bersih 25 buah lidah mertua, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Demikian khasiat tanaman lidah mertua yang bisa menyembuhkan penyakit radang, flu, batuk, kencing manis, tekanan darah tinggi, gigitan ular. Semoga ada manfaatnya.


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.