Tahukah Anda Khasiat dan Manfaat Herbal Kenikir ?

FARMASI-ID.COM > Herbal > Tahukah Anda Khasiat dan Manfaat Herbal Kenikir ?

Khasiat dan Manfaat Herbal Kenikir – Bagi Anda pencinta obat-obat herbal tentu kenikir tidak asing bagi Anda, mengapa ? karena tanaman ini banyak sekali digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit baik yang akut maupun kronis. Tanaman ini juga dikenal dengan nama yang berbeda si setiap daerah, seperti di Sumatera ( Ulam Raja ) dan Jawa ( Kenikir ).

Tanaman ini merupakan jenis perdu yang ketinggiannya antara 75-100 cm dan memiliki bau yang khas. Batangnya tegak, berbentuk segi empat, beralur membujur, bercabang banyak, beruas berwarna hijau keunguan. Daunnya majemuk, bersilang saling berhadapan, berbagi menyirip, ujung runcing, tepi rata, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk bongkol, di ujung batang, merah, benang sari berbentuk tabung, kepala sari berwarna cokelat kehitaman, putik berambut, hijau kekuningan, merah. Buahnya keras, bentuk jarum, ujung berambut, masih muda berwarna hijau, sudah tua kecokelatan. Biji keras, kecil, bentuk jarum, panjang kurang lebih 1 cm, berwarna hitam. Akar tunggang dan berwarna putih. Lihat gambar di bawah ini

Tahukah Anda Khasiat dan Manfaat Herbal Kenikir ?
Gambar Kenikir

Kandungan Kimia

Daun Cosmos Caudatus mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri. Akarnya mengandung hidroksieugenol dan koniferil alcohol. Bagian yang digunakan adalah daunnya.

Apa Khasiat Penting Herbal Kenikir ?

Kenikir banyak di komsumsi sebagai sayuran. Secara tradisional daun ini juga digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang dan pengusir serangga. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi, dengan harga IC50 sekitar 70 mg/L. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik ( jalur mitokondria ). Pemacuan apoptosis merupakan salah satu cara penghambatan karsinogenesis. Senyawa radikal bebas dapat menghambatn apoptosis melalui inhibisi pelepasan sitokrom c, dimana sitokrom c berperan dalam aktivasi protein-protein regulator positif apoptosis. Sifat antioksidan yang dimiliki kenikir memungkinkan pengembangan tanaman ini sebagai agen kemopreventif.

Cara pemakaian :

Untuk menambah nafsu makan dipakai kurang lebih 100 gram daun segar kenikir, dicuci, dan dimakan sebagai lalapan.


Powered by Farmasi-id.com