Supertin

Apa Kandungan dan Komposisi Supertin?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Supertin adalah:

Ginseng 50 mg, royal jelly 5 mg, panthenol 5 mg, biotin 0.25 mg, nicotinamide 10 mg, vitamin A 25000 iu, vitamin B1 10 mg, vitamin B2 5 mg, vitamin B6 5 mg, vitamin B12 5 mcg, vitamin C 100 mg, vitamin D 400 iu, vitamin E 5 mg, Ca 100 mg, Fe 10 mg, Mg 5 mg, manganese 0.5 mg, copper 1 mg, Zn 0.5 mg, molybdenum 0.1 mg, boron 0.1 mg, phosphorus 50 mg

Sekilas Tentang Royal Jelly Pada Supertin
Royal Jelly adalah sekresi lebah madu yang digunakan sebagai nutrisi bagi larva serta ratu lebah. Royall Jelly dikeluarkan dari kelenjar hipofaring lebah pembantu dan diberikan pada larva lebah. Komposisi royall jelly terdiri dari air (67%), protein (12,5%), gula sederhana (11%), asam lemak (6%), dan 10-HDA (3,5%). Selain itu ia juga mengandung komponen antibakteri dan antibiotik, pantothenic acid (vitamin B5), pyridoxine (vitamin B6), dan vitamin C. Tidak ditemukan adanya vitamin A, D, E, atau K.
Sekilas Tentang Manganese / Mangan Pada Supertin
Manganese memiliki nama lain manganese citrate, manganese gluconate, dan manganese sulfate. Ia adalah suatu mineral esensial yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil. Mineral ini penting untuk membangun tulang, menyembuhkan luka, dan mengendalikan cara tubuh menggunakan karbohidrat dan asam amino. Manganese terkosentrasi di mitokondria sel. Kebanyakan menganese ditemukan di tulang, hati, pankreas, dan sel ginjal. Menganese juga merupakan bagian dari beberapa jenis enzim sekaligus membantu mengaktifkan enzim lainnya. Beberapa enzym penting itu seperti manganese superoxide dismutase (MnSOD) yang membantu memelihara kesehatan mitokondria dan membran sel. Selain itu juga membantu membran sel terlindung dari risiko radikal bebas.

Berikut ini manfaat dari manganese:

  • Menjaga kesehatan tulang

  • Membantu aktivasi enzim

  • Menangkal radikal bebas

  • Mengurangi gejala PMS

  • Membantu metabolisme

  • Menguragi gejala osteoarthritis

  • Membantu mengatur kadar glukosa darah

  • Membantu pencernaan makanan

  • Membantu fungsi kelenjar tiroid

  • Menjaga kesehatan sistem syaraf

Sumber: beras merah, nanas, biji labu, tempe, kedelai, oats, kale, strawberry, bawang putih, anggur, terong, cengkeh, kayu manis, dan kunyit.

Sekilas Tentang Vitamin C Pada Supertin

  • Menjaga kulit tetap sehat bersinar

  • Menjaga kesehatan kulit

  • Mencegah penyakit jantung

  • Sebagai antioksidan

  • Mengobati kanker

  • Memerangi stroke

  • Memperbaiki mood

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

  • Menyembuhkan luka

  • Menurunkan hipertensi

Sumber: cabai, paprika merah, paprika hijau, kale, brokoli, pepaya, stroberi, kembang kol, kubis brussels, nanas, kiwi, mangga, jeruk.

Sekilas Tentang Vitamin D Pada Supertin

  • Meningkatkan kekuatan tulang

  • Meningkatkan daya ingat

  • Menurunkan berat badan

  • Mengatasi depresi

  • Mencegah kanker

  • Bermanfaat bagi ibu hamil

  • Mencegah diabetes

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

  • Meningkatkan sistem imunitas

  • Meremajakan kulit

Sumber: minyak hati ikan kod, ikan salmon, tuna kaleng, ikan haring, ikan sarden, caviar, susu, ikan kod, jamur shitake, keju chedar, bayam.

Sekilas Tentang Boron Pada Supertin
Boron adalah suatu unsur nonlogam trivalen yang banyak terdapat dalam biji evaporit boraks dan uleksit. Boron tidak pernah ditemukan sebagai unsur bebas di alam. Boron memiliki nomor atom 5 dan simbol kimia B.

Beberapa alotrop boron ada; boron amorf adalah bubuk coklat, meskipun boron kristal berwarna hitam, keras (9,3 pada skala Mohs), dan konduktor lemah pada suhu kamar.

Sejarah

Senyawa boron (Buraq Arab dari Burah Persia dari Bor Turki) telah dikenal selama ribuan tahun. Di Mesir awal, mumifikasi bergantung pada bijih yang dikenal sebagai natron, yang mengandung borat serta beberapa garam umum lainnya. boraks glaze digunakan di Cina dari tahun 300 M, dan senyawa boron digunakan dalam pembuatan kaca di Roma kuno.

Unsur itu tidak diisolasi sampai tahun 1808 oleh Sir Humphry Davy, Joseph Louis Gay-Lussac, dan Louis Jacques Thénard, hingga kemurnian sekitar 50 persen, dengan reduksi asam borat dengan natrium atau magnesium. Orang-orang ini tidak mengenali substansi sebagai elemen. Itu Jöns Jakob Berzelius pada tahun 1824 yang mengidentifikasi boron sebagai elemen. Boron murni pertama diproduksi oleh ahli kimia Amerika W. Weintraub pada tahun 1909, meskipun hal ini dibantah oleh beberapa peneliti.

Diperkirakan bahwa boron memainkan beberapa peran biokimia pada hewan, termasuk manusia.

Pembentukan

Turki dan Amerika Serikat adalah produsen boron terbesar di dunia. Turki memiliki hampir 63% dari potensi boron dan cadangan boron dunia. Boron tidak muncul di alam dalam bentuk unsur tetapi ditemukan dikombinasikan dalam boraks, asam borat, colemanite, kernit, ulexite dan borat. Asam borat kadang-kadang ditemukan di mata air vulkanik. Ulexite adalah mineral borat yang secara alami memiliki sifat serat optik.

Sumber ekonomis penting adalah dari bijih rasorite (kernite) dan tincal (bijih boraks) yang keduanya ditemukan di Gurun Mojave California, dengan boraks menjadi sumber yang paling penting di sana. Deposit boraks terbesar ditemukan di Turki Tengah dan Barat termasuk provinsi Eskişehir, Kütahya dan Balıkesir.

Bahkan antibiotik alami yang mengandung boron, boromycin, diisolasi dari streptomyces, telah diketahui.

Unsur boron digunakan sebagai dopan dalam industri semikonduktor, sedangkan senyawa boron berperan penting sebagai bahan struktural ringan, insektisida dan pengawet tidak beracun, dan reagen untuk sintesis kimia.

Boron adalah nutrisi tanaman yang penting, meskipun konsentrasi tanah > 1,0 ppm dapat menyebabkan nekrosis marginal dan ujung daun serta kinerja pertumbuhan keseluruhan yang buruk. Tingkat serendah 0,8 ppm dapat menyebabkan gejala yang sama muncul pada tanaman yang sangat sensitif terhadap boron di dalam tanah. Hampir semua tanaman, bahkan yang agak toleran terhadap boron di dalam tanah, akan menunjukkan setidaknya beberapa gejala keracunan boron ketika boron di dalam tanah lebih besar dari 1,8 ppm. Ketika boron di dalam tanah melebihi 2,0 ppm, beberapa tanaman akan tumbuh dengan baik. Tanaman yang sensitif terhadap boron di tanah mungkin tidak dapat bertahan hidup. Ketika kadar boron dalam jaringan tanaman melebihi 200 ppm, gejala keracunan boron kemungkinan besar akan muncul. Sebagai elemen ultratrace, boron diperlukan untuk kesehatan hewan yang optimal, meskipun peran fisiologisnya pada hewan kurang dipahami.

Karakteristik

Boron amorf coklat adalah produk dari reaksi kimia tertentu. Ini mengandung atom boron yang terikat secara acak satu sama lain tanpa urutan jarak jauh.

Boron kristal, bahan hitam yang sangat keras dengan titik leleh tinggi, ada di banyak polimorf. Dua bentuk rombohedral, -boron dan -boron yang masing-masing mengandung 12 dan 106,7 atom dalam sel satuan rombohedral, dan boron tetragonal 50-atom adalah tiga bentuk kristal yang paling dicirikan.

Karakteristik optik dari kristal/elemen boron termasuk transmisi cahaya inframerah. Pada suhu standar, unsur boron adalah konduktor listrik yang buruk, tetapi merupakan konduktor listrik yang baik pada suhu tinggi.

Secara kimia boron kekurangan elektron, memiliki orbital p yang kosong. Ini adalah elektrofil. Senyawa boron sering berperilaku sebagai asam Lewis, mudah berikatan dengan zat kaya elektron untuk mengkompensasi kekurangan elektron boron. Reaksi boron didominasi oleh kebutuhan elektron tersebut. Juga, boron adalah non-logam yang paling elektronegatif, artinya biasanya teroksidasi (kehilangan elektron) dalam reaksi.

Boron juga mirip dengan karbon dengan kemampuannya untuk membentuk jaringan molekul ikatan kovalen yang stabil. Boron juga digunakan untuk paduan tahan panas. Boron membentuk poliatomik B(II), seperti B2F4.

Penggunaan

Dalam mobil: diusulkan bahwa dengan mereaksikan air dengan unsur boron, hidrogen dapat diproduksi untuk dibakar dalam mesin pembakaran internal atau diumpankan ke sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik.

Spektroskopi NMR 10B dan 11B
Baik 10B (18,8 persen) dan 11B (81,2 persen) memiliki spin nuklir; bahwa boron-10 memiliki nilai 3 dan boron-11, 3/2. Isotop ini, oleh karena itu, digunakan dalam spektroskopi resonansi magnetik nuklir; dan spektrometer yang secara khusus disesuaikan untuk mendeteksi inti boron-11 tersedia secara komersial. Inti boron-10 dan boron-11 juga menyebabkan pemisahan resonansi inti yang terikat.

B-10 kehabisan boron
Isotop 10B bagus dalam menangkap neutron termal dari radiasi kosmik. Kemudian mengalami fisi - menghasilkan sinar gamma, partikel alfa, dan ion lithium. Ketika ini terjadi di dalam sirkuit terpadu, produk fisi kemudian dapat membuang muatan ke struktur chip terdekat, menyebabkan hilangnya data (bit flipping, atau gangguan tunggal). Dalam desain semikonduktor kritis, boron habis—hampir seluruhnya terdiri dari 11B—digunakan untuk menghindari efek ini, sebagai salah satu tindakan pengerasan radiasi. 11B adalah produk sampingan dari industri nuklir. 11boron juga merupakan kandidat sebagai bahan bakar untuk fusi aneutronik.

Boron yang diperkaya B-10
Isotop 10B bagus dalam menangkap neutron termal, dan kualitas ini telah digunakan baik dalam perisai radiasi maupun dalam terapi penangkapan neutron boron di mana tumor diobati dengan senyawa yang mengandung 10B dilekatkan pada otot, dan pasien dirawat dengan relatif rendah. dosis neutron termal yang terus menyebabkan radiasi alpha energik dan jarak pendek dalam jaringan diperlakukan dengan isotop boron.

Dalam reaktor nuklir, 10B digunakan untuk kontrol reaktivitas dan dalam sistem shutdown darurat. Ini dapat berfungsi baik dalam bentuk batang borosilikat atau sebagai asam borat. Dalam reaktor air bertekanan, asam borat ditambahkan ke pendingin reaktor saat pembangkit dimatikan untuk pengisian bahan bakar. Kemudian perlahan-lahan disaring selama berbulan-bulan karena bahan fisil habis dan bahan bakar menjadi kurang reaktif.

Dalam pesawat ruang angkasa antarplanet berawak masa depan, 10B memiliki peran teoritis sebagai bahan struktural (sebagai serat boron atau bahan nanotube BN) yang juga akan berperan khusus dalam perisai radiasi. Salah satu kesulitan dalam menangani sinar kosmik yang sebagian besar merupakan proton energi tinggi, adalah bahwa beberapa radiasi sekunder dari interaksi sinar kosmik dan bahan struktur pesawat ruang angkasa, berupa neutron spalasi energi tinggi. Neutron tersebut dapat dimoderasi oleh bahan dengan elemen ringan yang tinggi seperti polietilen struktural, tetapi neutron yang dimoderasi terus menjadi bahaya radiasi kecuali jika diserap secara aktif dengan cara membuang energi absorpsi di pelindung, jauh dari sistem biologis. Di antara elemen ringan yang menyerap neutron termal, 6Li dan 10B muncul sebagai bahan struktural pesawat ruang angkasa potensial yang mampu melakukan tugas ganda dalam hal ini.

Tren pasar

Perkiraan konsumsi boron global naik ke rekor 1,8 juta ton B2O3 pada tahun 2005 menyusul periode pertumbuhan permintaan yang kuat dari Asia, Eropa dan Amerika Utara. Kapasitas penambangan dan pemurnian boron dianggap cukup untuk memenuhi tingkat pertumbuhan yang diharapkan selama dekade berikutnya. Bentuk konsumsi boron telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Penggunaan bijih yang diuntungkan seperti colemanite telah menurun menyusul kekhawatiran akan kandungan arsenik. Konsumen telah beralih ke penggunaan borat halus atau asam borat yang memiliki kandungan polutan lebih rendah.

Meningkatnya permintaan asam borat telah mendorong sejumlah produsen untuk berinvestasi dalam kapasitas tambahan. Eti Mine membuka pabrik asam borat berkapasitas 100.000 ton per tahun di Emet pada tahun 2003. Rio Tinto meningkatkan kapasitas pabrik Boronnya dari 260.000 ton per tahun pada tahun 2003 menjadi 310.000 ton per tahun pada Mei 2005, dengan rencana untuk meningkatkannya menjadi 366.000 ton per tahun pada tahun 2006.

Produsen boron Cina tidak dapat memenuhi permintaan borat berkualitas tinggi yang berkembang pesat. Hal ini menyebabkan impor dinatrium tetraborat tumbuh seratus kali lipat antara tahun 2000 dan 2005 dan impor asam borat meningkat 28% per tahun selama periode yang sama.

Kenaikan permintaan global telah didorong oleh tingkat pertumbuhan yang tinggi dalam produksi fiberglass dan borosilikat. Peningkatan pesat dalam pembuatan fiberglass kelas penguat di Asia dengan konsekuensi peningkatan permintaan borat telah mengimbangi pengembangan serat kaca kelas penguat bebas boron di Eropa dan Amerika Serikat. Kenaikan harga energi baru-baru ini dapat diharapkan mengarah pada penggunaan fiberglass tingkat isolasi yang lebih besar, dengan pertumbuhan konsekuen dalam penggunaan boron.

Roskill Consulting Group memperkirakan bahwa permintaan dunia akan boron akan tumbuh sebesar 3,4% per tahun hingga mencapai 21 juta ton pada tahun 2010. Pertumbuhan permintaan tertinggi diperkirakan terjadi di Asia di mana permintaan dapat meningkat rata-rata 5,7% per tahun.

Senyawa boron

Senyawa boron yang paling penting secara ekonomi

  • Sodium tetraborate pentahydrate (Na2B4O7 · 5H2O), yang digunakan dalam jumlah besar dalam pembuatan isolasi fiberglass dan pemutih natrium perborat,

  • Asam orthoboric (H3BO3) atau asam borat, digunakan dalam produksi fiberglass tekstil dan display panel datar atau tetes mata, di antara banyak kegunaan, dan

  • Sodium tetraborate decahydrate (Na2B4O7 · 10H2O) atau boraks, digunakan dalam produksi perekat, dalam sistem anti-korosi dan banyak kegunaan lainnya.

  • Boron nitrida adalah bahan di mana elektron ekstra nitrogen (berkenaan dengan karbon) dalam beberapa cara mengkompensasi kekurangan boron elektron.

  • Boron bereaksi dengan amonia pada suhu tinggi menghasilkan senyawa yang disebut borazol (B3N3H6), juga dikenal sebagai benzena anorganik.

  • Dari beberapa ratus kegunaan senyawa boron, terutama kegunaan yang menonjol
    Boron adalah mikronutrien penting tanaman.

  • Karena nyala hijaunya yang khas, boron amorf digunakan dalam kembang api.

  • Asam borat merupakan senyawa penting yang digunakan dalam produk tekstil.

  • Asam borat juga secara tradisional digunakan sebagai insektisida, terutama terhadap semut, kutu, dan kecoak.

  • Boraks terkadang ditemukan dalam deterjen cucian.

  • Filamen boron adalah bahan berkekuatan tinggi dan ringan yang terutama digunakan untuk struktur kedirgantaraan canggih sebagai komponen bahan komposit, serta barang konsumsi dan olahraga produksi terbatas seperti tongkat golf dan pancing.

  • Boron digunakan sebagai depresan titik leleh dalam paduan patri nikel-kromium.

  • Bubur boron digunakan sebagai bahan energik dengan kepadatan energi yang sangat tinggi seperti bahan bakar roket dan mesin jet.

  • Senyawa boron terbukti dalam mengobati radang sendi.


Senyawa boron paling keras

Senyawa Boron yang paling sulit dibuat secara sintetis. Rhenium diboride (ReB2) benar-benar dapat menggores berlian, memberikannya peringkat lebih tinggi dari 10 dalam skala kekerasan mineral Mohs dan menjadikannya salah satu dari tiga zat terkeras yang diketahui manusia - dua lainnya adalah fullerite ultrahard dan nanorod berlian agregat.

Boron unsur murni tidak mudah disiapkan. Metode paling awal yang digunakan melibatkan reduksi oksida borat dengan logam seperti magnesium atau aluminium. Namun produk hampir selalu terkontaminasi dengan borida logam. (Reaksinya cukup spektakuler.) Boron murni dapat dibuat dengan mereduksi boron halogenida yang mudah menguap dengan hidrogen pada suhu tinggi. Boron yang sangat murni, untuk digunakan dalam industri semikonduktor, diproduksi dengan dekomposisi diborana pada suhu tinggi dan kemudian dimurnikan lebih lanjut dengan proses Czochralski.

Boron dalam makanan

Boron terdapat pada semua makanan yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan. Sejak 1989 nilai gizinya telah diperdebatkan. Departemen pertanian AS melakukan percobaan di mana wanita pascamenopause mengonsumsi 3 mg boron sehari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa boron dapat menurunkan ekskresi kalsium sebesar 44%, serta mengaktifkan estrogen dan vitamin D.

Institut Kesehatan Nasional AS mengutip sumber ini:

Total asupan boron harian dalam diet manusia normal berkisar antara 2,1-4,3 mg boron/kg berat badan (bw)/hari. "Total boron". Zook EG dan Lehman J. J. Assoc. Mati Agric. Kimia 48: 850-5 (1965).

Kuantifikasi analitis

Untuk penentuan kandungan boron dalam makanan atau bahan digunakan metode kurkumin kolorimetri. Boron harus ditransfer ke asam borat atau borat dan pada reaksi dengan kurkumin dalam larutan asam kompleks boron-kelat berwarna merah, rososianin, terbentuk.

Isotop

Boron memiliki dua isotop yang terjadi secara alami dan stabil, 11B (80,1%) dan 10B (19,9%). Perbedaan massa menghasilkan kisaran nilai 11B yang luas di perairan alami, mulai dari -16 hingga +59. Ada 13 isotop boron yang diketahui, isotop yang berumur pendek adalah 7B yang meluruh melalui emisi proton dan peluruhan alfa. Ini memiliki waktu paruh 3,26500x10-22 s. Fraksinasi isotop boron dikendalikan oleh reaksi pertukaran spesies boron B(OH)3 dan B(OH)4. Isotop boron juga difraksinasi selama kristalisasi mineral, selama perubahan fase H2O dalam sistem hidrotermal, dan selama perubahan hidrotermal batuan. Efek terakhir spesies penghilangan preferensial ion 10B(OH)4 ke tanah liat menghasilkan larutan yang diperkaya dengan 11B(OH)3 mungkin bertanggung jawab atas pengayaan 11B yang besar dalam air laut relatif terhadap kerak samudera dan kerak benua; perbedaan ini dapat bertindak sebagai tanda isotop.

17B yang eksotis menunjukkan lingkaran cahaya Nuklir.

Tindakan pencegahan

Unsur boron tidak beracun dan senyawa boron umum seperti borat dan asam borat memiliki toksisitas rendah (kira-kira mirip dengan garam meja dengan dosis mematikan 2 hingga 3 gram per kg) dan oleh karena itu tidak memerlukan tindakan pencegahan khusus saat menangani. Beberapa senyawa hidrogen boron yang lebih eksotis, bagaimanapun, beracun serta sangat mudah terbakar dan memerlukan perawatan penanganan khusus.
Sekilas Tentang Panax Ginseng (Ginseng) Pada Supertin
Ginseng merupakan salah satu tanaman berkhasiat obat yang telah lama dimanfaatkan di berbagai negara seperti Cina, Korea, Amerika, dan Jepang.

Hampir semua bagian tanaman seperti biji, bunga, daun dan batang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Namun, bagian akar dan umbinya yang paling sering dimanfaatkan. Akar ginseng mengandung berbagai senyawa seperti saponin (panaxosida atau ginsenosida), antioksidan, peptida, polisakarida, asam lemak, glikosida (panaquilon), poliasetilena, pitosterol dan minyak esensial. Selain itu, dalam akar ginseng juga terkandung zat pahit, vitamin B1, dan B2. Zat ginsenosida (triterpenglikosida) berperan dalam memberikan efek adaptogen seperti antistres, antiletih, meningkatkan sistem imun, dan sebagai antioksidan yang kuat.
Sekilas Tentang Vitamin B12 Pada Supertin

  • Berperan dalam produksi energi

  • Menjaga kinerja sistem saraf

  • Menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut

  • Menghindarkan risiko penyakit jantung

  • Menghindarkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah terjadinya stroke dan tekanan darah tinggi

  • Menormalkan sistem metabolisme dalam tubuh

  • Berperan dalam produksi DNA dan RNA

  • Menjaga kesehatan mata

  • Menambah nafsu makan

Sumber: ikan haring, ikan tuna, kepiting, ikan sarden, caviar, kerang, ikan salmon, daging sapi, daging kambing, ikan kod, keju, telur, daging ayam.

Sekilas Tentang Vitamin A Pada Supertin
Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Vitamin A ini sering dihubungkan dengan kesehatan mata. Kekurangan vitamin A diklaim dapat menyebabkan kemampuan penglihatan menjadi berkurang atau menurun. Sebenarnya apa itu vitamin A?

Vitamin A adalah suatu kelompok vitamin tak jenuh yang larut dalam lemak. Vitamin A sebenarnya bukan merupakan suatu zat nutrisi tunggal, melainkan suatu grup atau kelompok dari nutrisi yang memiliki komposisi, ciri, dan karakteristik serupa seperti retinol, retinoic acid, retinal, beta-carotene, dan lain-lain. Zat seperti retinol bisa kita jumpai pada produk hewani seperti dari susu, hati, dan berbagai macam ikan. Vitamin A juga ditemukan pada sayuran dan buah-buahan.

Sebelum digunakan, tubuh manusia akan mengubah atau mengonversi bentuk vitamin A menjadi retinal dan retinoic acid agar dapat digunakan. Keduanya merupakan suatu bentuk vitamin A yang sudah aktif. Selanjutnya vitamin A ini, mayoritas akan disimpan di dalam hati dalam bentuk retinyl ester yang kemudian akan dipecah dan mengikat dengan protein tertentu di dalam darah yang kemudian dapat digunakan oleh tubuh. Vitamin A berperan penting dalam pertumbuhan sel, sistem imunitas tubuh, perkembangan janin, dan kesehatan indra penglihatan atau mata. Untuk mata, salah satu bentuk vitamin A, retinal, akan bekerja sama dengan protein opsin membentuk rhodopsin, suatu molekul yang diperlukan untuk kesehatan penglihatan. Ia akan menjaga mata dari rabun, menjaga kesehatan kornea, mencegah konjungtiva, dan lain-lain.

Selain itu peran vitamin A juga terlihat dalam perannya menjaga kesehatan kulit. Ia akan membuat kulit menjadi lebih segar dan cerah. Berikut adalah daftar lengkap manfaat vitamin A bagi kesehatan:
  • Menjaga kesehatan mata

  • Memperkuat sistem imun

  • Menunjang pertumbuhan janin

  • Mencegah jerawat muncul

  • Menjaga kesehatan tulang

  • Menjaga kulit tetap sehat

  • Menekan risiko komplikasi penyakit campak

  • Mengobati lesi prakanker yang terjadi di mulut

  • Menurunkan risiko kanker payudara pada wanita premenopause

  • Mengurangi gejala malaria pada anak berusia di bawah 3 tahun

Vitamin A bisa kita dapat melalui beberapa bahan makanan dan minuman seperti hati, ikan, yogurt, susu, keju, telur, mentega rendah lemak, susu rendah lemak, wortel, bayam, ubi dan paprika merah.

Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan berbagai akibat buruk seperti masalah penglihatan, mudah terkena infeksi, jerawat, bayi lahir prematur, dan lain-lain. Dosis harian vitamin A yang dapat ditoleransi oleh tubuh adalah antara 700 mcg hingga 900 mcg untuk pria dan wanita. Mengonsumsi vitamin A lebih dari 3000 mcg (10.000 IU) dapat menyebabkan toksisitas dan menyebabkan efek buruk seperti nyeri tulang dan sendi, kurang nafsu makan, rambut rontok, kulit sensitif terhadap sinar matahari, sakit kepala, dan sebagainya.

Penemuan vitamin A ini tidak terjadi begitu saja melainkan melalui serangkaian penelitian yang panjang yang diawali oleh riset yang dilakukan oleh Francois Magendie pada 1816 yang melakukan pengamatan pada luka yang terdapat pada kornea anjing yang diakibatkan kekurangan nutrisi dimana luka pada kornea tersebut semakin memburuk dan menyebabkan anjing tersebut mati. Kemudian pada 1912, ahli biokimia asal Inggris, Frederick Gowland Hopkins melakukan penelitian dengan mencoba memberi sekelompok mencit kasein, lemak hewan, sukrosa, pati, dan mineral. Selain itu ia memberikan susu pada sebagian mencit lainnya. Ia mendapati bahwa mencit yang diberi susu tumbuh secara normal dan baik. Ia menyakini ada suatu faktor yang belum diketahui yang ada pada susu itu (diluar protein, lemak, dan karbohidrat) yang menyebabkan mencit dapat tumbuh dengan baik. Atas penemuannya ini mendapatkan hadiah Nobel pada 1929. Hopkins tidak meneliti lebih jauh mengenai hal ini, kemudian penelitian ini dilanjutkan oleh Elmer McCollum, seorang ahli biokimia Amerika Serikat, yang menemukan bahwa mencit akan mulai kehilangan berat tubuhnya bila dilakukan diet dan akan pulih kembali setelah diberi lemak mentega, namun hal yang sama tidak terjadi bila diberi minyak zaitun. Pada 1913-1914, McCollum dan Marguerite Davis menemukan bahwa komponen aktif yang ada dalam lemak mentega dapat dipisahkan karena dapat larut dalam eter. Ia menyebut nutrisi ini sebagai faktor "A". Selanjutnya nutrisi ini secara resmi disebut sebagai vitamin A pada 1920.

Sekilas Tentang Vitamin E Pada Supertin

  • Mencegah rambut rontok

  • Melancarkan peredaran darah di kulit kepala

  • Menyeimbangkan produksi sebum

  • Menjaga kadar hormon

  • Mengurangi efek samping obat-obatan

  • Mengatasi diabetes

  • Memperbaiki kualitas sperma

  • Mencegah kulit terbakar

  • Menjaga kesehatan kuku

  • Mengatasi garis-garis halus dan kerutan

Sumber: kuning telur, tahu, bayam, kacang tanah, kedelai, almond, alpukat, udang, labu, brokoli, dan minyak biji bunga matahari.

Sekilas Tentang Calcium Pada Supertin

  • Membentuk dan memperkuat tulang dan gigi

  • Membantu menjaga struktur rangka dan fungsinya

  • Menjaga kerja jantung tetap sehat

  • Berperan penting dalam kontraksi dan relaksasi otot

  • Terlibat dalam proses pembekuan darah

  • Berperan dalam impuls saraf

  • Menjalankan fungsi penting dalam sel

  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

  • Menghindari kanker kolon dan rektum

  • Menurunkan risiko darah tinggi atau hipertensi

Sumber: susu, yoghurt, keju, sayuran hijau (bayam, kale, lobak, sawi hijau, okra, brokoli, dan bok choy), makanan laut (ikan sarden, tongkol, dan salmon), kacang-kacangan dan biji-bijian (kacang tanah, lentil, kedelai, almond, biji chia, dan biji wijen), makanan yang diperkaya kalsium (sereal, roti, oatmeal, hingga jus jeruk).

Sekilas Tentang Copper (Tembaga) Pada Supertin
Copper (tembaga) merupakan mineral penting bagi tubuh untuk membentuk sel darah merah dan menjaga kesehatan sel saraf, pembuluh darah, dan sistem kekebalan tubuh. Tembaga juga berperan dalam membentuk kolagen dan menyerap zat besi dalam perannya untuk memproduksi energi. Di dalam tubuh sebagian besar tembaga terdapat di dalam hati, otak, jantung, ginjal dan otot rangka. Kekurangan tembaga akan menyebabkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Berikut adalah beberapa manfaat tembaga bagi kesehatan:

  • Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

  • Menjaga kesehatan sistem saraf

  • Meningkatkan sistem keekbalan tubuh

  • Mencegah osteoporosis

  • Meningkatkan produksi kolagen tubuh

  • Mencegah arthritis

  • Sebagai antioksidan

Sumber: kerang (oysters), biji-bijian, kacang polong, kentang, ragi, sayuran hijau gelap, lada hitam, kacang mete dan almond, daging sapi, jamur shiitake.

Sekilas Tentang Zinc Pada Supertin

  • Mengatur kekebalan tubuh

  • Mengobati diare

  • Mempengaruhi proses belajar dan memori anak

  • Mengatasi pilek

  • Menyembuhkan luka

  • Membuat penglihatan menjadi lebih tajam

  • Mengoptimalkan fungsi reproduksi

  • Mencegah kepikunan

  • Membantu regenerasi sel

  • Sebagai antioksidan

Sumber: tiram, daging merah, unggas, seafood (kepiting dan lobster), sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu.

Sekilas Tentang Pyridoxine Hydrochloride (Vitamin B6) Pada Supertin

  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, hingga gagal jantung

  • Meningkatkan serta menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

  • Mengurangi risiko terjadinya insomnia atau kesulitan tidur

  • Menghilangkan kecemasan pada kondisi pra menstruasi

  • Mengurangi depresi

  • Menurunkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah gangguan pencernaan

  • Mengatur keseimbangan gula darah

  • Menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

  • Melancarkan proses metabolisme dalam tubuh

Sumber: ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, alpukat, pepaya, pisang.

Sekilas Tentang Magnesium Pada Supertin

  • Magnesium menguatkan tulang

  • Membantu penyerapan kalsium

  • Mencegah Diabetes

  • Menjaga kesehatan otot

  • Meredam gejala depresi

  • Mengurangi keparahan gejala PMS

  • Memperbaiki kualitas tidur

  • Pereda migrain

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

  • Menyembuhkan sakit kepala

Sumber: alpukat, pisang, sayuran berdaun hijau tua (bayam, brokoli, sawi), kacang-kacangan (kacang kedelai, biji gandum utuh), beberapa jenis ikan seperti salmon, susu dan produk olahan susu.

Sekilas Tentang Thiamine Hydrochloride (Vitamin B1) Pada Supertin
Thiamine hydrochloride atau vitamin B1 adalah suatu vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit seperti beri-beri, optik neuropati, sindrom Wernicke-Korsakoff, dan sebagainya. Vitamin B1 banyak dijumpai pada bahan makanan seperti biji-bijian, polong-polongan, daging, dan ikan. Pemberian vitamin B1 bisa dilakukan melalui mulut, injeksi intravena, dan injeksi intramuskular.

Berikut beberapa manfaat thiamine hydrochloride (vitamin B1):

  • Mencegah terjadinya beri-beri

  • Mencegah terjadinya kerusakan saraf di luar otak (neuritis periferal)

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

  • Meningkatkan nafsu makan

  • Mencegah perburukan komplikasi ginjal pada penderita Diabetes tipe 2

  • Mencegah katarak

Thiamine hydrochloride pertama kali ditemukan pada tahun 1897 dan pertama kali dibuat versi artifisialnya pada 1936. Thiamine hydrochloride dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan keamanan penggunaannya pada wanita hamil oleh FDA dimasukkan dalam kategori A.

Sumber: daging,telur,kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan lentil, gandum (sereal, roti, dan pasta), nasi, kembang kol, jeruk, dan kentang.

Sekilas Tentang Phosphorus (Fosfor) Pada Supertin
Phosphorus atau fosfor merupakan mineral yang dibutuhkan dalam jumlh kecil oleh tubuh akan tetapi fungsinya sangat penting. Phosphorus bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang, membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, membuang racun dari dalam tubuh, membantu menghilangkan lemas dan lelah, mencegah arthritis dan osteoporosis serta menjaga kesehatan fungsi otak. Beberapa fungsi phosphorus yang lain adalah mendukung proses metabolisme protein, memperbaiki sel yang rusak, membantu menjaga keseimbangan hormon, membantu penyerapan nutrisi dan sebagainya.

Phosphorus pertama kali ditemukan oleh ahli kimi asal Jerman, Hennig Brand pada tahun 1669 melalui proses analisa urin. Berikut adalah beberapa sumber makanan yang diketahui mengandung phosphorus:

Sumber: edamame, kentang beserta kulitnya, bekatul, dedak gandum, sereal gandum, oatmeal masak, keju, susu, yogurt, daging rusa, ayam, kalkun, salmon, hati sapi, ikan tuna.

Sekilas Tentang Biotin (Vitamin B7) Pada Supertin
Biotin adalah salah satu vitamin B, juga dikenal sebagai vitamin B7. dahulu pernah disebut sebagai koenzim R dan vitamin H. H singkatan dari Haar und Haut, yang Jerman untuk rambut dan kulit. Biotin larut dalam air, yang berarti tubuh tidak menyimpannya. Ia memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh.

Biotin diperlukan untuk fungsi beberapa enzim yang dikenal sebagai karboksilase. Enzim yang mengandung biotin ini berpartisipasi dalam jalur metabolisme penting, seperti produksi glukosa dan asam lemak. Berikut adalah beberapa manfaat dari biotin (vitamin B7):

  • Membantu proses produksi energi tubuh

  • Membantu memperkuat kuku dari kertapuhan

  • Menjaga kesehatan rambut

  • Pada kehamilan mampu mencegah bayi cacat lahir

  • Mengurangi kadar gula dalam darah pendeirta diabetes

  • Menjaga kesehatan kulit

  • Mengurangi ririko kerusakan saraf akibat penyakit multiple sclerosis

Sumber: yogurt, daging ayam, kembang kol, buah berry, alpukat, ikan sarden dan salmon, telur, produk susu, kacang kedelai, kacang-kacangan, daging sapi, jamur, tuna, pisang.
Sekilas Tentang Molybdenum Pada Supertin
Molybdenum merupakan salah satu mineral esensial yang diperlukan oleh tubuh khususnya oleh organ pencernaan agar dapat bekerja dan menjalankan fungsinya dengan baik. Molybdenum banyak dijumpai pada kacang-kacangan, biji-bijian, jeroan hewan terutama pada liver dan ginjal. Dalam tubuh, molybdenum diserap dari lambung dan usus menuju ke darah kemudian dibawa menuju liver, ginjal, dan organ lainnya. Kelebihan jumlah molybdenum dalam tubuh akan dibuang bersamaan dengan urin.

Molybdenum akan mengaktifkan empat enzim esensial yaitu:

  • Sulfit oksidase yang merubah sulfit menjadi sulfat, sekaligus mencegah penumpukan sulfit dalam tubuh

  • Aldehida oksidase yang memecah aldehida yang dapat menjadi racun bagi tubuh bila tidak terpecah. Selain itu juga membantu hati dalam memecah alkohol dan beberapa zat obat kemoterapi

  • Xanthine oksidase yang mengubah xanthine menjadi asam urat atau uric acid. Reaksi ini akan membantu memecah nukleotida, suatu bahan pembangun DNA ketika ia tidak diperlukan lagi untuk kemudian dibuang melalui urin

  • Mitokondria amidoxime yang mengurangi atau menghilangkan produk sampingan sisa metabolisme yang beracun bagi tubuh

Jarang ditemukan orang yang mengalami defisiensi molybdenum karena jumlah yang diperlukan oleh tubuh terhadap mineral ini sangat kecil yakni 76 mcg pada wanita dan 109 mcg pada pria dalam sehari. RDA (the Recommended Dietary Allowance) menyebutkan dosis yang direkomendasikan untuk molybdenum ini hanya 45 mcg per hari. Walaupun jarang terjadi kasus defisiensi, namun jika defisiensi terjadi, maka individu yang mengalaminya akan memiliki risiko lebih tinggi terserang kanker kerongkongan. Sedangkan jika terlalu banyak mengonsumsi molybdenum (lebih dari 300 mcg/hari), maka berisiko mengalami kekejangan, halusinasi, asam urat, penurunan kepadatan tulang, penurunan kesuburan, dan kerusakan otak permanen.

Berikut ini adalah dosis molybdenum yang direkomendasikan pada berbagai kelompok usia dan gender:

Anak

  • 1–3 tahun: 17 mcg per hari

  • 4–8 tahun: 22 mcg per hari

  • 9–13 tahun: 34 mcg per hari

  • 14–18 tahun: 43 mcg per hari

Dewasa

Berusia di atas 19 tahun: 45 mcg per hari.

Wanita hamil atau menyusui

50 mcg per hari.

Sumber alami: kacang hijau, telur, biji bunga matahari, tepung terigu, lentil, mentimun, biji-bijian sereal, jeroan hewan (hati, ginjal)

Sekilas Tentang Niacinamide / Nicotinamide Pada Supertin
Niacinamide, juga disebut nicotinamide, adalah bentuk vitamin B-3, dan merupakan suatu nutrisi penting. Kekurangan vitamin B-3 dapat menyebabkan gangguan pada kulit, ginjal, dan otak. Berikut adalah manfaat dari niacinamide:

  • Mengencangkan kulit

  • mempertahankan kelembaban kulit

  • Meminimalkan kemerahan dan noda hitam

  • Menjaga kulit tetap halus dan lembab

  • Mengatur produksi minyak pada kulit

  • Melindungi dari kerusakan kulit akibat sinar matahari

  • Mengobati hiperpigmentasi

  • Meminimalkan garis-garis halus dan kerutan

  • Melindungi dari stres oksidatif

  • Mengobati jerawat

Sumber: telur, sereal, sayuran hijau, kacang polong, ikan, susu.

Sekilas Tentang Riboflavin (Vitamin B2) Pada Supertin

  • Mencegah katarak

  • Menjaga kesehatan kandungan

  • Mengobati dan mencegah migrain

  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut

  • Mencegah dan mengatasi anemia

  • Mencegah penyumbatan pembuluh darah

  • Meningkatkan energi

Sumber: ikan, daging, dan unggas (ayam, bebek), hati daging dan ayam, telur, produk susu, alpukat, kismis, kacang-kacangan (termasuk almond), ubi jalar, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, gandum utuh (whole grain), kacang kedelai dan olahannya (termasuk tempe, tahu, oncom, dan susu kedelai), ikan salmon, rumput laut, jamur.

Sekilas Tentang Ascorbic Acid (Vitamin C) Pada Supertin
Ascorbic acid (asam askorbat) adalah suatu nutrisi yang terisolasi dalam komponen vitamin C, namun tidak seluruh ascorbic acid merupakan vitamin C. Kebanyakan orang menganggap ascorbic acid dengan vitamin C adalah sama dan ini sudah sesuatu yang umum dan lumrah.

Berikut adalah manfaat ascorbic acid:

  • Menjaga kulit tetap sehat bersinar

  • Menjaga kesehatan kulit

  • Mencegah penyakit jantung

  • Sebagai antioksidan

  • Mengobati kanker

  • Memerangi stroke

  • Memperbaiki mood

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

  • Menyembuhkan luka

  • Menurunkan hipertensi

Sumber: cabai, paprika merah, paprika hijau, kale, brokoli, pepaya, stroberi, kembang kol, kubis brussels, nanas, kiwi, mangga, jeruk.
Sekilas Tentang Cyanocobalamin (Vitamin B12) Pada Supertin

  • Berperan dalam produksi energi

  • Menjaga kinerja sistem saraf

  • Menjaga kesehatan kulit, kuku, rambut

  • Menghindarkan risiko penyakit jantung

  • Menghindarkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah terjadinya stroke dan tekanan darah tinggi

  • Menormalkan sistem metabolisme dalam tubuh

  • Berperan dalam produksi DNA dan RNA

  • Menjaga kesehatan mata

  • Menambah nafsu makan

Sumber: ikan haring, ikan tuna, kepiting, ikan sarden, caviar, kerang, ikan salmon, daging sapi, daging kambing, ikan kod, keju, telur, daging ayam.

Supertin Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Supertin?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Supertin adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Kurang nafsu makan, insomnia, kelelahan, neuritis. Terapi dengan antibiotika dan kemoterapi jangka lama. Meningkatkan vitalitas pada usia lanjut, menopause, kehamilan, laktasi. Dapat digunakan sebagai obat perangsang. Pembentukan tulang dan gigi

sekilas tentang vitamin dan mineral
Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus fungsi yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.

Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat). Walau memiliki peranan yang sangat penting, tubuh hanya dapat memproduksi vitamin D dan vitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Sumber berbagai vitamin ini dapat berasal dari makanan, seperti buah-buahan, sayuran, dan suplemen makanan.

Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan. Bila kadar senyawa ini tidak mencukupi, tubuh dapat mengalami suatu penyakit. Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Gangguan kesehatan ini dikenal dengan istilah avitaminosis. Contohnya adalah bila kita kekurangan vitamin A maka kita akan mengalami kerabunan. Di samping itu, asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh.

Mineral adalah unsur atau elemen seperti tembaga, besi, kalsium, kalium, dll yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah tertentu (sering dalam jumlah kecil). adalah unsur kimia yang diperlukan sebagai nutrisi penting oleh organisme untuk melakukan fungsi yang diperlukan untuk kehidupan. Namun, empat elemen struktural utama dalam tubuh manusia berdasarkan berat (oksigen, hidrogen, karbon, dan nitrogen), biasanya tidak termasuk dalam daftar mineral nutrisi utama (nitrogen dianggap sebagai "mineral" untuk tanaman, seperti yang sering dimasukkan dalam pupuk). Keempat elemen ini menyusun sekitar 96% dari berat tubuh manusia, dan mineral utama (makromineral) dan mineral minor (juga disebut elemen jejak) menyusun sisanya.

Mineral, sebagai unsur, tidak dapat disintesis secara biokimia oleh organisme hidup. Tumbuhan mendapatkan mineral dari tanah. Sebagian besar mineral dalam makanan manusia berasal dari makan tumbuhan dan hewan atau dari air minum. Sebagai sebuah kelompok, mineral adalah salah satu dari empat kelompok nutrisi penting, yang lain adalah vitamin, asam lemak esensial, dan asam amino esensial. Lima mineral utama dalam tubuh manusia adalah kalsium, fosfor, kalium, natrium, dan magnesium. Semua elemen yang tersisa dalam tubuh manusia disebut "elemen jejak". Elemen jejak yang memiliki fungsi biokimia spesifik dalam tubuh manusia adalah belerang, besi, klorin, kobalt, tembaga, seng, mangan, molibdenum, yodium dan selenium.

Sebagian besar unsur kimia yang dicerna oleh organisme adalah dalam bentuk senyawa sederhana. Tumbuhan menyerap unsur-unsur terlarut dalam tanah, yang selanjutnya dicerna oleh herbivora dan omnivora yang memakannya, dan unsur-unsur tersebut bergerak ke atas rantai makanan.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Supertin?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Supertin:

1 kapsul per hari

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Supertin?

Dus @ 6 & 100 strip @ 5 kapsul lunak Sleeve, 1 strip @ 5 kapsul lunak

Berapa Nomor Izin BPOM Supertin?

Setiap produk obat, suplemen, makanan, dan minuman yang beredar di Indonesia harus mendapatkan izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yaitu suatu Badan Negara yang memiliki fungsi melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana produksi, melakukan pengambilan contoh produk, melakukan pengujian produk, dan memberikan sertifikasi terhadap produk. BPOM juga melakukan pengawasan terhadap produk sebelum dan selama beredar, serta memberikan sanksi administratif seperti dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut izin edar, disita untuk dimusnahkan, bagi pihak yang melakukan pelanggaran. Berikut adalah izin edar dari BPOM yang dikeluarkan untuk produk Supertin:

SD031309851

Apa Nama Perusahaan Produsen Supertin?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Supertin:

Prafa