Sulfadiazin

By | Juli 9, 2021 |

nama dagang

Lantrisul; Neotrizine; Sulfaloid; Sulfonamid Duplex; Sulfose; Terfonyl;

dosis

Dosis permulaan oral pada orang dewasa 2-4 g kemudian dilanjutkan dengan 2-4 g dalam 3-6 kali pemberian, lamanya pemberian tergantung dari keadaan penyakit. Anak berumur dua bulan dberikan dosis awal setengah dosis per hari kemudian dilanjutkan dengan 60-150 mg/kg BB (maksimum 6 g/hari) dalam 4-6 ali pemberian.

indikasi

Menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi, dengan cara menghentikan produksi asam folat di dalam sel bakteri. Pada mumnya digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih (UTI).



kontraindikasi

Penderita dengan gangguan fungsi ginjal

efek sampuling

Mual, Sakit perut, Hilangnya nafsu makan, dan pusing.

Interaksi Obat Sulfadiazin

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Sulfadiazin antara lain:

Ciclosporin (mengurangi konsentrasi plasma ciclosporin); Clozapine (peningkatan risiko agranulocytosis/menghindari penggunaan sulfonamid seiring dengan clozapine); Coumarins (meningkatkan efek antikoagulan coumarins); Methotrexate sulfonamid (meningkatkan risiko keracunan metotreksat); Fenitoin sulfonamid (meningkatkan konsentrasi plasma fenitoin); Sulphonylureas (jarang meningkatkan efek sulphonylureas); Thiopental (meningkatkan thiopental); Estrogen (mengurangi efek kontrasepsi estrogen); Vaksin tifus (oral) dapat menonaktifkan vaksin tifoid oral.



mekanisme kerja

Sulfadiazin adalah antibakteri inhibitor kompetitif para-aminobenzoic acid (PABA), sebuah substrat dari enzim dihydropteroate sintetase. Reaksi yang menghambat diperlukan dalam organisme ini untuk sintesis asam folat.



bentuk sediaan

Tablet 500 mg

stabilitas penyimpanan

Simpan dalam tempat yang sejuk

I
nformasi pasien

  • Minum Antibiotik secara teratur
  • Perbanyak minum air. Hal ini disebabkan oleh hasil metabolisme dari golongan obat sulfa berbentuk kristal, sehingga dimungkinkan terjadi pengendapan di ginjal
  • Hindari penggunaan bersama obat kontrasepsi yang mengandung estrogen. Karena dapat mengganggu metabolisme dari estrogen itu sendiri

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *